wisata

Wisata Tahunan Jogja Yang Bikin Kangen Banget

Jogja memang banyak menawarkan beragam keunikan budaya dan wisata nya yang membuat para traveler jatuh cinta kepadanya, selain wisata-wisata yang ada sehari-hari jogja juga memiliki wisata tahunan yang di adakan satu tahun sekali saja dan yang juga jarang ada di paket wisata Jogja yang pastinya menyajikan kesan yang membuat para pengunjungnya merasa ketagihan dan selalu rindu untuk mengunjunginya. Berikut wisata-wisata tahunan yang ada di Jogja:

Pasar Ramadhan Yogyakarta

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nanti oleh umat muslim di Indonesia terutama oleh masyarakat jogja, bulan ini di sabut dengan beragam cara yang menarik dan meriah. Di bulan ramdhan ini di jogja semakin meriah dengan adanya kampung ramadhan yang ada  di berbagai tempat khusus di Yogyakarta. Jika kamu berkunjung ke jogja pada saat bulan Ramadhan sayang sekali jika kamu melewatakan wisata kampung Ramadhan ini. Di sini kamu dapat mengisi waktu mu sambil menunggu waktu berbuka puasa dengan nuansa Ramadhan yang khas yang pastinya bikin kamu rindu selalu akan suasananya. Di wisata kampung Ramadhan ini juga tersedia banyak sekali jajanan khas Ramadhan dan juga pastinya khas jogja juga yang siap memanjakan lidahmu di saat berbuka puasa. Berikut tempat-tempat wisata kampung Ramadhan yang ada di jogja:

pxhere.com
  1. Pasar Sore Ramadhan Kauman

Pasar Sore Ramadhan ini adalah pasar Ramadhan yang paling sepuh di jogja dan bisa di katakan bahwa pasar sore Ramadhan Kauman ini adalah pelopor berdirinya pasar Ramadhan di jogja  Ramadhan kauman ini terletak di pasar tiban tepatnya di jalan Ahmad Dahlan kampung Kauman RW 10 sampai RW 13. Lokasi pasar Ramadhan Kauman ini berdekatan dengan Masjid Agung Keraton Yogyakarta atau biasa disebut Masjid Gede Kauman jadi tidak heran jika banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk datang ke sini saat ramadhan tiba. Disini menyediakan banyak sekali makanan khas ramadhan dan juga khas jogja namun makanan yang paling populer disini adalah kicak yang merupakan makanan asli khas Kauman yang terbuat dari beras ketan dan nangka dengan komponen bahan yang di padukan lainnya yang pastinya sangat lezat di makan. Bagaimana tertarik mencoba? Silahkan berkunjung saat bulan Ramadhan tiba.

  1. Kampung Ramadhan Jogokariyan

Kampung Ramadhan Jogokariyan atau lebih popular di sebut dengan Kampoeng Ramadhan Jogokariyan. Cukup mudah  bagi kamu untuk menemukan kampung Ramadhan ini karena Kampoeng Ramadhan Jogokariyan  ini digelar di sepanjang Jalan Jogokariyan yang cukup luas. Awal mula berdiri nya Kampoeng Ramadhan sendiri adalah hasil inisiatif dari pengurus Masjid Jogokariyan yang di ketahui di mulai dari tahun 2005.

  1. Jalur Gaza Nitikan

Namanya memang terdengar sangat unik namun jangan membayangkan bahwa saat berkunjung kesini kamu akan menemukan reruntuhan bangunan ya Jalur Gaza Nitikan sendiri sebenarnya adalah sebuah singkatan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada yang berlokasi di Nitikan, maka dari itu disebut Jalur Gaza Nitikan. Sama seperti kampung Ramadhan lainnya di sini juga banyak sekali aneka takjil yang siap memanjakan lidah anda di saat berbuka puasa.

pxhere.com
  1. Kampung Ramadhan Lembah UGM

Pasar ini merupakan pasar ramdhan favorit mahasiswa. Jika anda sedang berkunjung ke jogja dan melewati daerah kampus UGM jangan lupa mampir ya. Jenis makanan dan minuman yang dijajakan, seperti es buah, es kacang hijau, siomay, batagor, gorengan, sosis bakar, es pisang ijo, es tebu, cireng, sup durian, lupis, dan lain-lain dan yang pastinya harga terjamin harga mahsiswa ya.

Pasar Kangen

Pasar kangen jogja adalah pasar yang di adakan setahun hanya satu kali di jogja yang di bawah pengawasan dinas pariwisata jogja. Di pasar ini menyajikan banyak sekali makanan dan minuman khas jogja baik versi modern maupun versi jaman dahulu, selain makanan dan minuman kamu juga akan menemui barang-barang antic yang akan membuat kamu rindu masa-masa kecil dulu  juga di sajikan di pasar ini. Tidak cukup sampai di situ saja di sini juga banyak sekali pertunjukan seni khas D.I Yogyakarta yang bisa kamu saksikan sambil menikmati lezatnya makanan dan minuman yang ada. Pasar kangen ini biasa di selenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta yang berada di Jl. Sriwedani No.1 Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Pasar ini biasanya di selenggarakan pada bulan juli.

pxhere.com

Wisata Kampung Ketandan Jogja

Kampung ketandan adalah adalah kawasan orang-orang Tionghoa yang ada di jogja. Wisata kampung ketandan di jogja ini di buka satu kali setiap tahunnya biasanya dibuka tepat dalam bulan-bulan perayaan imlek. Di kampung ketandan ini kau dapat menyaksikan pertunjukan-pertunjukan khas Tionghoa contohnya pertunjukan barongsai. Saat kamu memasuki kampung ini kamu akan di sambut dengan ornament-ornament khas imlek dan juga di sepanjang jalan tersedia banyak sekali kuliner yang dapat anda nikmati. Lokasi kampung ketandan di jogja ini tepat berdekatan dengan wisata jogja yaitu kawasan Malioboro.

 

Itulah wisata-wisata tahunan Jogja yang akan membuat anda selalu rindu untuk mengunjunginya. Jika anda berkunjung ke jogja pastikan anda mengunjungi salah satunya ya. Selamat berwisata.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *