Islam

Mengulas Kehidupan Ustadz Abdul Somad Dengan Jelas

Dakwah adalah kegiatan bersyiar agama islam dengan cara mengajak pendengarnya untuk ikut dalam ajaran agama islam yang sesuai aqidah. Untuk zaman sekarang zaman milenial yang cenderung susah dimasuki pengetahuan tentang agama yang lebih memilih bermain menikmati masa muda hingga lepas dari aqidah-aqidah islam. Di Indonesia sudah lumayan banyak para kelompok yang membuat acara kajian seperti dakwah dengan mengajak anak muda berhijrah, alhamdulillah sudah meningkat pesertanya. Apa yang membuat berubah? Pembicaranya atau ustadznya. Diperlukan pendakwah yang memiliki gaya bicara enak didengar dan diterima dikuping anak milenial seperti ustadz Abdul Somad.

Ustadz Abdul Somad sendiri sudah terkenal lama karena orang yang baik dan ramah saat berdakwah. Setiap kajian-kajian yang dibuat membuat ketertarikan sendiri, sehingga tak heran banyak yang membuat kaos dakwah Ustad Abdul Somad. Dikenal oleh halayak ramai melalui media soial karena memang pada era sekarang media sosial nomor satu jadi bisa digunakan sebagai sarana untuk berdakwah. Ketika kebanyakan ustadz dikenal sebagai ustadz selebritis, tetapi ustadz Abdul Shomad ini dikenal dengan kepandaiannya menyampaikan ilmu agama. Nah, agar lebih jelas lagi akan kami paparkan pada artikel ini.

Biografi Ustadz Abdul Somad

Mungkin anda sudah sering mendengarnya atau sudah pernah ikut kajian dari ustadz Abdul Somad sendiri. Beliau orang yang rendah hati membuat banyak pemuda-pemudi jatuh hati, penyampaiannya tentang imu agama sangat mudah diterima. Tapi untk lebih jelasnya lagi anda pelru mengetahui biografi lengkap ustadz Abdul Somad agar lebih paham.

pxhere.com
  1. Biodata ustadz Abdul Somad

Nama lengkap                         :  Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A.

Tempat dan Tanggal Lahir      :  di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977.

Orang tua                                :  Hj. Rohana.

Pekerjaann                              :  Penceramah, Ahli ilmu Hadist, Ulama, Dosen.

Pendidikan                              : S1 Al-Azhar, Kairo, Mesir, S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko

Usatdz Abdul Somad ini merupakan keturunan ulama. Nama lengkap Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A. Beliau biasanya akrab dikenal sebagai Ustadz Abdul Somad (UAS). Beliau lahir di desa Silo Lama di wilayah kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada tanggal 18 Mei 1977. Moyangnya adalah Syekh Abdurrahman yang pernah belajar ilmu Agama di Makkah Arab Saudi. Setelah pulang dari Mekkah, Syekh Abdurrahman menghadap Sultan Asahan dan diberikan sebidang tanah kemudian di atasnya dibangun rumah dengan nama RUMAH BESAR, satu arsitek dengan Istana Lima Laras di kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Di tempat itu Syekh Abdurrahman membangun rumah tangga. Syekh Abdurrahman memiliki anak perempuan bernama Siti Aminah, Siti Aminah punya anak perempuan bernama Hajjah Rohana, Hajjah Rohana punya anak itulah saya Abdul Somad.

pxhere.com
  1. Masa Kecil Ustadz Abdul Somad

Sejak dari kecil, orang tua Abdul Somad sudah memasukkan anaknya disekolah yang berkultur agama islam. SD Al-Washliyah Medan merupakan awal dari perjalanan belajar beliau dan lulus sekolah pada tahun 1990. Pada Biografi Ustadz Abdul Somad, dari situlah orang tuanya kemudian memasukkannya ke sekolah pesantren Darularafah di wilayah Deliserdang, Sumatera Utara. Disana beliau mengenyam pendidikan selama satu tahun sebelum pindah ke Riau pada tahun 1994.

  1. Masa Remaja dan Kuliah Di Al Azhar, Mesir

Ustadz Abdul Somad bersekolah di Madrasah Aliyah Nurul Falah di wilayah Indragiri Hulu dan tamat pada tahun 1996. Setelah menamatkan sekolahnya, lalu Ustad Abdul Somad kemudian melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi. Beliau kuliah di UIN SISKA Riau danhanya mengenyam pendidikannya selama dua tahun saja, hingga tahun 1998.

Ustadz Abdul Somad melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir setelah berhasil mendapat beasiswa dari pemerintah Mesir. Beliau terpilih sebagai salah satu dari 100 penerima beasiswa dengan mengalahkan 900 pelamar lainnya. Abdul Somad menyelesaikan kuliahnya dalam waktu 3 tahun 10 bulan dan berhasil mendapatkan gelar .Lc (License).

pxhere.com
  1. Perjalanan karir ustad Abdul Somad

Selesai wisuda, UAS menyempatkan untuk ibadah haji ke Mekkah, Arab Saudi. Selesai berhaji, UAS terbang dari Jeddah ke Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam menggunakan pesawat Royal Brunei. “Itulah singgah saya ke rumah guru saya Haji Armawi Abdurrahman. Beliau juara Musabaqoh Tahfiz Quran di Mekkah Al-Mukarramah tahun 1987-1988. Kemudian beliau mengajar di Pondok Tahfiz Quran. Jadi saya dapat informasi, ustad saya mau datang ke Brunei, datanglah, maksudnya mau transit kalau bisa dapat kerja di Brunei,” tutur UAS. Setelah melamar pekerjaan ke sejumlah tempat, UAS lalu pulang ke rumah orangtuanya di Riau dan menjadi dosen di sebuah universitas swasta. Ia kemudian mengikuti tes untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Beliau mendapatkan kabar diterima sebagai dosen kontrak di universitas yang ada di Brunei Darussalam.

Ulasan singkat mengenai utsadz Abdul Somad diatas semoga semakin menginspirasi anda dalam belajar agama islam. Segala seuatu apabila dibarengi dengan usaha dan doa, maka hasilnya akan baik pula. Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *