teknologi

Berbagai Stasiun TV Nasional Indonesia yang Menemani Waktu Luang Saat ini

TV dapat dijadikan sebagai sarana hiburan. Banyak orang yang lebih memilih menghabiskan waktu untuk menonton TV daripada harus berlibur. Menonton TV merupakan sarana hiburan yang praktis dan murah. Hal inilah yang membuat semakin banyaknya stasiun TV nasional di Indonesia. Setiap stasiun TV berusaha untuk menayangkan acara yang berkualitas dan menghibur. Biasanya setiap stasiun televisi memiliki ciri khas tersendiri, ada yang lebih menekankan sebagai sarana hiburan, informasi, atau berita. Berikut beberapa stasiun TV nasional di Indonesia.

TVRI

Televisi Republik Indonesia (TVRI) merupakan stasiun televisi nasional pertama di Indonesia. TVRI tayang perdana pada 24 Agustus 1962. Siaran pertama yang ditayangkan adalah upacara peringatan HUT RI Ke-17 di Istana negara. Kemudian TVRI juga menayangkan Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta. Siaran pertama yang ditayangkan masih berupa hitam putih.

Dahulu TVRI pernah menayangkan iklan dalam satu acara khusus bernama Mana Suka Iklan. Namun, pada April 1981 hingga akhir 1990-an, TVRI tidak boleh menayangkan iklan. Saat ini TVRI berstatus Lembaga Penyiaran Publik, sehingga sebagian biaya operasional ditanggung negara. Dahulu TVRI memonopoli seluruh siaran TV di Indonesia. Namun, pada tahun 1990 didirikan stasiun TV swasta pertama di Indonesia yaitu RCTI dan SCTV.

pxhere.com

RCTI

RCTI atau Rajawali Citra Televisi merupakan stasiun televisi swasta pertama di Indonesia yang mengudara pertama pada 13 November 1988 dan diresmikan pada 24 Agustus 1989. Pada awalnya, RCTI didirikan sebagai perusahaan patungan antara Bimantara Citra dan Rajawali Wirabhakti Utama. Dahulu, RCTI hanya dapat ditonton oleh pelanggan yang memiliki dekoder dan membayar iuran setiap bulan. Pada akhir 1989, pemerintah mengizinkan RCTI melakukan siaran bebas pada 1989 dan terlaksana pada tahun1990.

Saat ini RCTI dikenal sebagai stasiun TV yang maju. Pada Oktober 2003, RCTI telah dimiliki oleh Media Nusantara Citra dan Rajawali Corpora yang juga telah memiliki MNCTV dan GTV. RCTI merupakan stasiun terbesar di Indonesia yang memiliki hak siar pertandingan sepak bola baik di dalam maupun luar negeri.

SCTV

SCTV atau Surya Citra Televisi merupakan stasiun TV swasta di Indonesia yang berdiri sejak tanggal 24 Agustus 1990. SCTV mendapat ijin sebagai stasiun televisi pada 1 Januari 1993. Dahulu mayoritas saham SCTV dimiliki oleh Bimantara Citra yang saat ini berubah menjadi Surya Citra Mandiri. Pada tahun 1999, saham SCTV diakuisisi oleh Surya Citra Media, sehingga pada Mei 2013, Indosiar dan SCTV resmi bergabung. Saat ini SCTV terkenal sebagai stasiun TV yang menayangkan sinetron dengan tema remaja ataupun cinta.

Indosiar

Indosiar merupakan salah satu stasiun televisi swasta Indonesia. Indosiar pertama kali melakukan percobaan siaran pada Agustus 1994 dan secara resmi mengudara pada 11 Januari 1995. Pada awal siarannya, Indosiar lebih banyak menekankan pada kebudayaan. Bahkan ada satu program yang menayangkan pertunjukkan wayang setiap minggunya.

Indosiar merupakan stasiun TV yang mempopulerkan sinetron bertema cinta dan keluarga. Salah satu sinetron populer Indosiar adalah tersanjung. Selain itu, ada banyak acara TV populer di Indosiar seperti AFI (Akademi Fantasi Indosiar), Infotaiment KISS (Kisah Seputar Selebritis, fokus, dan patroli. Selain itu, dahulu Indosiar juga sering menayangkan banyak kartun pada hari minggu, mulai pukul 06.30 sampai 12.00 WIB.

pxhere.com

Trans TV

Trans TV merupakan stasiun TV nasional yang merupakan anak cabang dari perusahaan Trans Media. Trans TV memiliki hak siar pada 1 Agustus 1998 dan resmi disiarkan pada 10 November 2001, tetapi masih dalam percobaan. Pada 15 Desember 2001 Trans TV mulai mengudara pertama kali dan diresmikan oleh presiden Megawati Soekarno Putri.

Trans TV banyak menyiarkan program-program unggulan seperti Suami-suami takut Istri. Selain itu, Trans TV juga sukses mempopulerkan drama komedi keluarga Bajai Bajuri. Trans TV juga sukses mempopulerkan berbagai acara komedi, seperti Ekstravaganza. Pada tahun 2017, Trans TV berhasil memiliki hak siar piala dunia 2018 di Rusia.

pxhere.com

MNCTV

MNCTV dahulu bernama TPI (Televisi Pendidikan Indonesia). MNCTV merupakan stasiun TV nasional yang didirikan setelah RCTI dan SCTV. MNCTV pertama kali didirikan oleh Mbak Tutut. Pada tanggal 1 Agustus 1990, MNCTV mendapatkan ijin siaran dan pada tanggal 1 Januari 1991, MNCTV melakukan siaran percobaan selama 2 jam dari pukul 0.00 sampai 10.00 WIB. Kemudian pada 23 Januari 1991, MNCTV resmi mengudara dan diresmikan oleh presiden Soeharto.

Pada awalnya, TPI hanya menyiarkan program edukatif selama 4 jam yang berkerja sama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian pada 1 Juni 1991, TPI tayang 6,5 jam dan menjelang akhir 1991, TPI tayang 8 jam. Awalnya saham TPI dimiliki oleh PT Cipta Lamtoro Gung persada, kemudian tahun 2003, sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Media Nusantara Citra yang merupakan perusahaan pemilik RCTI dan GTV. Pada 20 Oktober 2010, TPI berubah nama menjadi MNCTV.

TV digunakan sebagai sarana hiburan yang mudah murah. Saat ini ada banyak stasiun TV nasional yang menayangkan program berkualitas dan menghibur, Agar memberikan pengalaman menonton TV yang menakjubkan, tidak ada salahnya membeli LED TV. Harga TV LED juga terjangkau, sehingga tidak menghabiskan budget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *