wisata

Tips Memilih Transportasi di Jogja

Jika Anda mencari lokasi wisata dengan unsur budaya yang kental namun masih sesuai dengan selera orang modern, maka pergilah ke Jogja. Ya betul sekali, Jogja merupakan daerah istimewa! Jadi Anda bisa menemukan banyak hal yang tidak bisa Anda temukan di daerah lainnya di Indonesia. Mulai dari candi Budha terbesar di dunia hingga gunung paling aktif di Indonesia, bisa Anda temukan di Jogja.

 

Tentu membutuhkan budget yang lumayan banyak jika Anda ingin mengelilingi seluruh kawasan di Jogja. Namun Anda bisa menghemat budget jika Anda paham apa saja transportasi yang ada di Jogja. Nah berikut ini kami akan membahas beberapa tips memilih transportasi di Jogja.

 

  • Jalan Kaki

Jika Anda seorang backpacker, maka jalan kaki dapat menjadi pilihan terbaik saat berlibur di Jogja. Jogja merupakan kawasan wisata ramah backpacker karena banyak sekali trotoar yang memang dipersiapkan untuk para pejalan kaki. Misalnya di kawasan Jalan Malioboro, dimana Anda bisa dengan nyaman jalan kaki tanpa perlu khawatir terganggu oleh kendaraan bermotor ataupun pedagang kaki lima. Ya betul sekali, jika Anda menginap disekitar Jalan Malioboro, sebaiknya jalan kaki saja jika ingin pergi dari satu tempat ke tempat lainnya.

 

Beberapa destinasi wisata di kawasan Malioboro letaknya berdekatan sehingga bisa dicapai dengan berjalan kaki. Anda bisa pindah dari Keraton Jogja ke Alun-alun Kidul dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Selain itu dengan jalan kaki, Anda bisa menghemat budget hingga berkali-kali lipat banyaknya. Jalan kaki itu gratis, Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk membeli air minum dan makan agar tetap berenergi. Selain itu bagi Anda yang sedang program diet, jalan kaki di sekitaran Jogja merupakan opsi terbaik.

unspash.com
  • Bus

Opsi moda transportasi lain yang bisa Anda pilih saat berlibur di Jogja yaitu bus. Nah Jogja memiliki dua jenis transportasi umum yaitu bus kota dan Trans Jogja. Keduanya memiliki rute dan harga tiket yang hampir sama. Keuntungan menggunakan bus yaitu Anda bisa mencapai banyak destinasi wisata yang jauh dari pusat kota. Selain itu dengan menggunakan bus, Anda bisa bercengkerama atau berkenalan dengan orang Jogja asli sehingga liburan ‘pun menjadi lebih menyenangkan. Namun penggunaan bus ini juga banyak minusnya, khususnya bagi wisatawan. Banyak wisatawan yang salah turun karena tidak mengetahui alur perjalanan bus di Jogja.

 

Selain itu jadwal operasional bus di Jogja sangatlah ketat. Anda kemungkinan besar tidak akan menemukan bus diatas jam 4 sore, sehingga Anda bingung mesti pulang pakai apa. Belum lagi dari segi fleksibilitas, Anda tidak bisa bebas menentukan lokasi transit, sehingga Anda benar-benar mesti turun di terminal.

unspash.com
  • Motor

Jika Anda malas naik bus karena sangat tidak fleksibel, maka ada opsi transportasi lain yang jauh lebih fleksibel yaitu motor. Anda tidak perlu menunggu waktu jalan seperti bus, tidak perlu takut macet, dan bisa pergi ke destinasi wisata manapun yang Anda mau! Ya, bagi seorang backpacker, motor merupakan alat transportasi yang sangat ideal. Motor bisa meliuk-liuk di kemacetan sehingga bisa terbebas dari macet dengan mudah. Selain itu dari segi bahan bakar, biaya bahan bakar untuk motor juga tidaklah terlalu mahal. Untuk mengelilingi Kota Jogja seharian penuh, Anda hanya perlu mengisi penuh tangki motor.

 

Selain itu sepeda motor juga bisa digunakan untuk perjalanan jauh, misalnya ke daerah Kaliurang atau pantai Parangtritis. Namun kekurangan sepeda motor yaitu bisa sangat tidak nyaman bagi pengguna. Misalnya ketika musim hujan, maka otomatis pengguna mesti kebasahan. Belum lagi jika jalanan sedang panas dan berdebu, rasa-rasanya pengen balik lagi aja ke penginapan.

unspash.com
  • Mobil

Jika Anda ingin terhindar dari panas dan hujan, bisa jalan kapanpun, bisa menampung lebih banyak penumpang, dan bisa kemanapun Anda mau, maka pilihlah moda transportasi mobil! Ya, mobil merupakan alternatif transportasi paling aman, nyaman, fleksibel, dan hemat. Apapun kondisi cuacanya, baik itu panas atau hujan, Anda masih bisa melanjutkan perjalanan dengan nyaman. Selain itu mobil juga bisa menampung banyak orang, jadi jangan khawatir jika Anda bawa banyak orang ke Jogja. Dimanapun destinasi wisatanya, mau itu di Jalan Malioboro ataupun Kaliurang, bisa Anda capai dengan mudah jika Anda menggunakan mobil.

 

Jika Anda tidak membawa mobil pribadi, tenang saja, Anda bisa sewa mobil Jogja. Ya, banyak sekali rental mobil di Jogja, dimana Anda bisa menyewa mobil dengan merek dan spesifikasi yang Anda butuhkan. Penggunaan sewa mobil Jogja ini juga bisa menghemat budget transportasi loch! Biaya sewa bisa ditanggung oleh beberapa orang. Misalnya Anda datang bersama empat orang teman, maka jika biayanya 250 ribu per 12 jam, maka Anda tinggal mengeluarkan uang 50 ribu saja. Jadi selain aman dan nyaman, penggunaan mobil sewaan ini juga sangat ramah di kantong.

 

Nah itulah beberapa tips memilih transportasi di Jogja. Semoga beberapa tips di atas dapat membuat traveler seperti Anda, jadi paham transportasi yang paling dibutuhkan selama travelling di Jogja. Agar liburan di Jogja semakin maksimal, pastikan Anda memilih tranportasi yang tepat ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *