Berlibur ke Malang menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan maupun libur panjangmu. Di Malang kalian akan disuguhkan berbagai macam tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Apalagi perkembangan wisata di kota ini semakin pesat dari hari ke hari sehingga mulai bermunculan lah tempat baru yang menawarkan panorama keindahan yang tidak ditemukan di tempat lain serta tempat-tempat wisata baru yang dikemas dengan penataan yang lebih modern menggunakan teknologi terbaru. Maka tak heran jika Malang selalu ramai pengunjung terutama setiap libur panjang tiba. Karena destinasi-destinasi wisata yang terdapat di Malang sangat menarik peminat pengunjung atau wisatawan dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Salah satu ikon wisata dari Malang yang bahkan sudah terkenal hingga kancah internasional adalah Gunung Bromo. Tempat wisata ini berhasil membius para wisatawan dan menjadi magnet wisata bagi Kabupaten Malang karena banyak tempat-tempat menarik serta aktivitas wisata seru yang bisa dikunjungi dan dilakukan di Gunung Bromo dan sekitarnya ini. Bahkan tak perlu bingung dan khawatir untuk menyusun rencana perjalanan ke tempat wisata yang satu ini karena ada banyak sekali paket wisata Bromo yang sering ditawarkan oleh perusahaan tour wisata. Berikut ini beberapa tempat wisata dan kegiatan seru yang bisa dilakukan selama berwisata ke Gunung Bromo:

  1. Menaiki tangga untuk melihat Kawah Bromo

Salah satu kegiatan wisata inti ketika berkunjung ke Gunung Bromo adalah melihat kawah Bromo yang masih aktif. Sehingga sangat penting sekali untuk mengecek terlebih dahulu kondisi gunung sebelum merencanakan perjalanan ke tempat wisata ini. Untuk mencapai puncak tempat melihat kawah ini para pengunjung atau wisatawan harus berjalan dari tempat parkiran jeep atau hartop dan menaiki tangga yang telah disediakan terlebih dahulu. Jika lelah para pengunjung pun bisa menaiki kuda yang biasanya disewakan oleh para penduduk hingga sampai ke tangga yang harus dinaiki untuk menyaksikan kawah Gunung Bromo dari atas. Kawah ini masih aktif dan landasan pasirnya hanya dibatasi beberapa pembatas. Sehingga harus hati-hati ketika berada di tempat ini.

www.pexels.com
  1. Melihat sunrise dari Bukit Penanjakan

Momen menikmati sunrise menjadi momen yang paling ditunggu terutama bagi para pecinta ketinggian. Salah satu cara untuk menikmati pemandangan sunrise di Gunung Bromo adalah dengan menyaksikannya melalui Bukit Penanjakan dan beberapa spot lain yang tersedia. Untuk menuju bukit ini biasanya para pengunjung diharuskan untuk berangkat dini hari bersama rombongan dengan menaiki jeep atau hartop yang disewa. Ketika sampai di tempat ini biasanya sudah ramai pengunjung dan kemudian kalian akan menyaksikan pemandangan matahari yang perlahan muncul menyingkap kabut-kabut tebal yang menutupi pemandangan di sekitar Gunung Bromo.

 

  1. Selfie di Bukit Teletubbies

Siapa yang tak mengenal bukit fenomenal yang terkenal melalui serial film anak-anak Teletubbies yang khas dengan bukit-bukitnya. Nah, di Bromo kalian dapat menyaksikan secara langsung bukit-bukit yang mirip seperti yang ada di film tersebut. Tentu tempat ini akan sangat cocok untuk tempat berfoto dan berselfie maupun wefie ria bersama teman, keluarga, atau siapapun yang diajak berlibur bersama ke Gunung Bromo ini. Bukit ini terlihat khas dengan gundukan-gundukannya yang dipenuhi dengan rumput-rumput berwarna hijau.

 

  1. Mengunjungi Pasir Berbisik

Pasir Berbisik atau disebut juga lautan pasir ini menjadi salah satu ikon yang cukup terkenal di Gunung Bromo. Rasanya tak afdol jika tidak turut serta menyertakan Pasir Berbisik sebagai destinasi dalam jadwal perjalanan ketika berwisata ke Gunung Bromo. Tempat ini disebut Pasir Berbisik lantaran ketika kita berada di hamparan pasir yang luas ini kita akan mendengar suara desisan angin yang meniup pasir-pasir tersebut.

 

  1. Bermain di Padang Rumput Savanah

Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Gunung Bromo adalah bermain di Padang Rumput Savanah. Padang ini memiliki hamparan rumput yang begitu luas yang mirip seperti padang savanah yang umumnya terdapat di Afrika. Padang rumput di sini dipenuhi dengan hijaunya rerumputan dan bunga-bunga berwarna-warni yang turut menghiasi padang ini. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dijadikan latar foto yang biasanya sering digunakan untuk syuting video klip maupun foto post wedding.

Paket wisata Bromo yang biasanya ditawarkan sudah termasuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di sekitar Gunung Bromo tersebut. Bahkan biasanya terdapat pula paket include penginapan, sewa jeep atau hartop, transportasi selama berada di sana, makan, dan mengunjungi beberapa tempat yang lokasinya cukup dekat dengan Gunung Bromo seperti Air Terjun Madakaripura, Air Terjun Coban Pelangi, Alun-alun Malang, dan masih banyak lagi.

Selain itu, mengingat medan dan suhu udara ketika berada di sekitar Gunung Bromo berbeda cukup jauh dibandingkan ketika berada di lingkungan perkotaan sebelumnya, maka jangan lupa untuk persiapkan perlengkapan yang bisa menghangatkan tubuh. Suhu ketika berada di Gunung Bromo sangatlah dingin karena lokasinya yang berada di dataran tinggi sehingga jangan lupa untuk membawa baju hangat, jaket tebal, syal, topi atau kupluk, dan sarung tangan. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan seperti minyak kayu putih untuk membantu menghangatkan suhu tubuh.

Hal lain yang perlu diperhatikan sekaligus merupakan tips ketika merencanakan perjalanan berlibur ke Gunung Bromo adalah pilihlah waktu yang tepat dan sebaiknya datang berwisata ke tempat ini di saat musim kemarau sekitar bulan Mei hingga bulan Oktober. Hal ini dikarenakan ketika musim kemarau kalian akan dapat menyaksikan matahari terbit dengan lebih besar dan lebih bulat kemerahan. Selain itu, perjalanan yang akan kalian lakukan pun lebih nyaman dan aman.

Selain berkunjung ke Bromo yang dikenal sebagai ikon wisata Malang, kabupaten ini juga memiliki pesona wisata lainnya yang tidak kalah indah dan mengagumkan. Dijamin kalian pun tidak akan menyesal jika memasukkan tempat-tempat wisata tersebut ke dalam rencana perjalanan kalian. Berikut ini beberapa tempat wisata yang wajib kalian kunjungi ketika berkunjung ke Malang:

  1. Mata Air Sumber Sirah

Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglgi, Malang. Di sini kalian akan menemukan sumber mata air tawar yang sangat jernih sehingga kalian pun bisa berenang dan snorkeling untuk melihat keindahan di bawahnya. Selain itu, sumber mata air ini juga memiliki keistimewaan lain berupa keindahan ganggang hijau di dasarnya yang menakjubkan. Sehingga jangan lupa untuk membawa kamera tahan air untuk bisa mengabadikan setiap aktivitasmu ketika berenang dan snorkeling di sini. Untuk memasuki kawasan wisata ini pun tidak dipungut biaya alias gratis dan kalian hanya cukup menyewa ban seharga Rp 3.000,00 untuk dewasa dan Rp 2.000,00 untuk anak-anak jika tidak bisa berenang.

  1. Museum Angkut

Museum Angkut menjadi salah satu ikon wisata baru di Malang. Meskipun namanya museum, tapi jangan berpersepsi bahwa museum ini sama dengan museum-museum lainnya yang biasanya hanya berisi benda-benda bersejarah saja. Museum ini memiliki konsep yang berbeda dengan menampilkan berbagai macam jenis mobil yang berkembang dari tahun ke tahun. Mobil-mobil tua yang antik dan otentik pun dapat kalian temukan di sini. Bahkan kalian dapat belajar berbagai jenis mobil yang bertipe Eropa, Asia, maupun Amerika. Kalian pun akan menemukan berbagai jenis kendaraan zaman dahulu seperti gerobak sapi, delman, andong, dan masih banyak lagi. Jika kalian penasaran dengan mobil yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno, kalian pun akan menemukannya di sini. Selain itu, berbagai spot-spot menarik untuk foto-foto yang instagrammable pun akan kalian temukan di sini seperti zona Las Vegas, zona Prancis dengan terdapatnya replika menara Eiffel di dalamnya, dan masih banyak lagi. Meskipun harga tiketnya cukup mahal yaitu Rp 100.000,00 ketika weekend dan libur panjang, dijamin kalian tidak akan bosan dan kecewa ketika berada di sini.

www.pexels.com
  1. Pemandian Kalirejo

Mandi dan ngadem di tempat pemandian yang jernih tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Kalian bisa datang ke Pemandian Kalireco. Tempat ini sangat cocok untuk refreshing karena begitu kalian menyeburkan diri ke tempat pemandian ini, rasa letih dan penat seakan hilang seketika. Warna air di pemandian ini sangat jernih dan dikelilingi oleh rerimbunan pohon. Hawanya yang begitu sejuk dengan padu padan angin yang bertiup semilir membuat suasana di sekitar tempat wisata ini begitu tenang dan damai. Lokasinya berada di Sumber Waras, Lawang, Malang. Meskipun belum diresmikan oleh Dinas Pariwisata setempat secara resmi, namun Kalireco ini selain banyak dikunjungi oleh para wisatawan air di sini juga dimanfaatkan untuk irigasi. Untuk memasuki kawasan wisata ini kalian tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun, jangan lupa untuk membawa baju ganti serta makanan dan minuman sebagai bekal.

 

  1. Wisata Tubing Wringinanom

Untuk kalian yang  menyukai wisata yang memacu adrenalin, tidak ada salahnya berkunjung ke Wisata Wringinanom ini. Lokasinya berada di kawasan lereng Gunung Semeru dan merupakan obyek wisata alam yang terbilang masih baru di Kabupaten Malang ini. Lokasinya tepat berada di Dusun Besuki, Desa Wringinanom, Poncokusumo. Kalian akan diajak tubing atau body rafting dengan menggunakan ban mengitari derasnya arus Sungai Amprong yang berbatu ini. Di hulu sungai ini kalian akan menemukan keindahan lainnya berupa air terjun Coban Pelangi yang mengalir dari lereng Gunung Semeru. Untuk memasuki kawasan wisata ini kalian cukup membayar Rp 15.000,00 saja per orang. Selain wisata tubing atau body rafting, kalian juga bisa mencoba tracking motor trail dan berkmah di sini. Tentu akan menjadi pengalaman baru yang tak terlupakan.

 

  1. Alun-alun Kota Batu

Kota Batu letaknya tidak begitu jauh dari Malang sehingga tempat-tempat wisata yang berada di Batu ini seringkali diartikan sebagai tempat wisata yang berada di Malang. Kota Batu menyuguhkan tempat wisata yang begitu menakjubkan yang salah satunya adalah alun-alun yang mana di dalamnya terdapat feris wheel atau bianglala. Kalian mungkin tidak akan menemukan alun-alun seperti ini di Indonesia. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga maupun anak-anak karena terdapat playground anak-anak, patung berbentuk apel yang merupakan ikon dari Kota Malang, dan juga ruang informasi yang berbentuk strawberry. Untuk menaiki wahana yang disediakan di sini setiap pengunjung harus membayarnya. Namun, jika hanya sekedar jalan-jalan dan melihat-lihat sembari memandangi ari mancur yang terdapat di alun-alun ini maka tidak perlu membayar tiket sepeser pun dan hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan saja.

 

  1. Banyu Anjlok

Malang memang terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan eksotis termasuk wisata alam air terjun. Jika biasanya air terjun berada di wilayah lereng pegunungan dengan dikelilingi rerimbunan pepohonan, Banyu Anjlok memiliki keunikan tersendiri. Karena air terjun ini lokasinya berada di tepi pantai. Sehingga ketika kalian berkunjung ke sini kalian akan menyaksikan 2 pemandangan sekaligus berupa pantai dan air terjun. Air terjun ini menghadap ke pantai Lenggoksono yang mana airnya pun langsung mengalir ke laut. Lokasi tempat wisata ini berada di daerah Dampit, Tirtoyudo, Malang. Untuk memasuki kawasan wisata ini pun harganya sangat terjangkau dengan dipatok hanya Rp 5.000,00 saja.

www.pexels.com
  1. Eco Green Park

Tak perlu pusing lagi mengajak anak-anak untuk ikut liburan ke Malang karena di sini terdapat wisata yang cukup edukatif yaitu Eco Green Park. Selain berlibur, di sini kita bisa sekalian mengedukasi dan mengenalkan anak tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan. Terdapat taman rekreasi edukasi yang berisi kebun binatang mini dan informasi lengkap mengenai pemeliharaan lingkungan yang baik. Beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini seperti berpetualang di hutan, mendaur ulang sampah, bertemu banyak beo cantik, dan melakukan perjalanan untuk merasakan kerusakan alam yang telah diperbuat manusia. Lokasi Eco Green Park sendiri berada di Jalan Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec.Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Tiket masuknya berkisar Rp 50.000,00 per orang ketika hari Senin hingga Kamis dan Rp 70.000,00 per orang ketika hari Jumat hingga Minggu.

 

Berburu Tiket Murah

Tempat-tempat wisata menarik tersebut berhasil membius banyak pengunjung dan wisatawan untuk terus berdatangan ke Malang. Apalagi akses transportasi yang saat ini sangat mudah untuk menuju Kota Malang. Jika kalian berasal dari luar kota kalian pun bebas memilih mau menggunakan transportasi apa saja baik berupa kendaraan pribadi atau mobil, bus, kereta api, maupun pesawat. Jika naik bus kalian bisa turun di Terminal Arjosari. Jika naik kereta api kalian bisa turun di Stasiun Malang maupun Stasiun Malang Kotalama. Dan transportasi yang paling cepat adalah dengan menggunakan pesawat terbang yang mana kalian bisa turun di Bandar Udara Abdul Rachman Saleh.

Jika kalian berniat datang ke Bromo dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta api ataupun pesawat terbang, tentu kalian harus berburu tiketnya terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memesan tiket agar budget yang kalian sediakan tidak over dan bisa digunakan seefektif dan seefisien mungkin. Salah satunya adalah dengan berburu tiket murah. Tiket yang harus dipesan adalah tiket perjalanan dari asal kalian menuju Malang. Karena meskipun ikut paket wisata Bromo yang biasa ditawarkan oleh pihak tour dan travel, mereka pun memiliki meeting point yang biasanya dimulai dari titik tertentu yang lokasinya berada di Malang. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket murah ke Bromo atau Malang:

  1. Rencanakan perjalanan dan pesan tiket jauh-jauh hari

Perencanaan yang matang terkait kapan akan berlibur ke Malang khususnya di Bromo tentu sangat perlu dilakukan. Sebisa mungkin lakukan perencanaan beberapa bulan sebelumnya agar masih bisa berburu tiket murah menuju Malang baik dengan menggunakan pesawat maupun kereta api. Karena jika melakukan pemesanan secara mendadak biasanya akan full seat dan kalian pun harus membayar tiket dengan kelas eksekutif yang biasanya dipatok dengan harga yang sangat mahal. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut jangan lupa buat rencana jauh-jauh hari dan langsung pesan tiket ketika sudah fix tanggal dan waktu akan berangkat menuju Malang.

www.pexels.com
  1. Berburu tiket promo

Meskipun pada umumnya tiket pesawat terbang lebih mahal dibandingkan tiket transportasi umum lainnya seperti kereta api maupun bus, namun tak jarang tiket pesawat justru bisa jauh lebih murah dibandingkan tiket transportasi lainnya. Tidak salah lagi, tiket pesawat bisa kita dapatkan dengan harga yang sangat murah ketika kita berburu tiket promo. Karena biasanya beberapa maskapai penerbangan tertentu akan mengumumkan tiket-tiket promo dengan harga yang sangat murah bahkan gratis. Sehingga rajin-rajin pantengin situs pemesanan tiket online untuk mengecek apakah ada tiket promo yang sedang atau akan berlangsung. Karena siapa tahu jika beruntung kalian lah yang akan mendapatkan tiket murah tersebut.

 

  1. Hindari berlibur ketika libur nasional dan long weekend

Menghindari libur nasional maupun long weekend adalah dengan tujuan menghindari tiket yang dijual dengan harga mahal. Karena biasanya ketika hari libur justru tiket-tiket dibanderol dengan harga yang lebih mahal beberapa kali lipat dibandingkan dengan harga tiket ketika hari biasa. Sehingga usahakan untuk merencanakan liburanmu ketika hari biasa untuk menghindari full seat dan tiket mahal baik tiket pesawat terbang maupun tiket kereta api. Karena yang perlu diingat adalah pada umumnya orang-orang akan merencanakan liburan ketika akhir pekan agar bisa refreshing setelah penat bekerja.

 

  1. Follow akun sosial media perusahaan penyedia tiket dan daftarkan e-mail newsletter

Daftarkan e-mail kamu sebagai e-mail newsletter untuk mendapatkan berita-berita terbaru dan paling update dari maskapai penerbangan maupun situs penyedia jasa pemesanan tiket tertentu. Karena biasanya mereka akan memberikan informasi secara detail terkait dengan tiket murah maupun tiket promo yang biasanya ditawarkan melalui e-mail. Dengan mendaftarkan e-mail kalian sebagai e-mail newsletter maka setiap saat ada informasi terkait tiket murah kalian pun akan dengan sangat mudah mengakses informasi tersebut melalui e-mail. Selain itu, jangan lupa untuk mengikuti atau follow akun-akun sosial media perusahaan penyedia jasa pemesanan tiket maupun maskapai penerbangan tertentu untuk update berita-berita terbaru yang mana tak jarang mereka pun akan memposting tiket-tiket promo yang sedang atau akan berlangsung.

www.pexels.com
  1. Rajin-rajin datang ke travel fair

Tips berikutnya untuk mendapatkan tiket murah adalah dengan mendatangi travel fair yang biasanya diikuti oleh maskapai penerbangan, pihak PT Kereta Api Indonesia, maupun situs-situs website yang menyediakan jasa pemesanan tiket secara online. Melalui travel fair ini, biasanya mereka akan berbagi informasi terkait perusahaan maupun promo-promo yang sedang mereka tawarkan. Tak jarang tiket-tiket murah bahkan gratis pun sering menjadi bahan promosi yang mereka tawarkan di booth maupun stand mereka. Dengan mendatangi travel fair ini maka akan menjadi kesempatan untuk kalian bisa mendapatkan tiket promo maupun tiket murah yang sedang ditawarkan.