Teralis jendela adalah salah satu hal penting yang harus anda miliki, teralis untuk jendela ini sering kita jumpai Dalam bentuk vertical. Dengan memiliki teralis maka rumah akan lebih terlindungi. Apalagi bagi anda yang memiliki rumah dengan kaca berblock lebar yang cukup rawan dibuka dari luar. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan teralis. Manfaat yang akan anda dapatkan antara lain meningkatkan keamanan rumah, selain untuk keamanan teralis juga memiliki fungsi sebagai penambah keindahan atau nilai estetika pada rumah. Anda bisa memilih teralis dengan beragam model dan bentuk, anda bisa memilih desain yang cocok untuk rumah anda, dengan memilih desain yang bagus dan sesuai dengan rumah maka akan menciptakan rumah yang indah. Fungsi lainnya adalah sebagai tempat pertukaran udara sehingga ruangan akan mendapatkan udara yang cukup. Taukah anda bahwa salah satu ciri rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki tempat pertukaran udara yang baik dan lancar, dengan adanya teralis anda bisa membuka jendela anda dengan aman tanpa takut ada pencuri yang masuk kerumah anda.

pexels.com

Bentuk-bentuk Teralis Jendela

Bagi anda yang ingin membeli teralis untuk rumah anda, berikut ini adalah bentuk-bentuk teralis jendela yang bisa anda pilih :

  • Teralis berbentuk horizontal

Untuk jenis teralis horizontal adalah teralis sederhana yang sering anda temui. Teralis jenis ini merupakan teralis yang terdiri dari besi-besi yang tersusun dengan rapi pada jarak tertentu. Besi ini diletakkan secara horizontal dan sering anda temui di rumah minimalis. Pastikan pemasangan teralis ini dilakukan dengan benar.

  • Teralis jendela dalam bentuk vertical

Teralis jenis ini dipasang dalam bentuk vertical, pemasangan dalam bentuk vertical lebih kuat dibanding dengan pemasangan dalam bentuk horizontal. Tetapi ada juga teralis vertical yang dikombinasikan dengan teralis dalam bentuk ukiran dengan beragam motif. Umumnya teralis jenis ini menggunakan warna hitam, tetapi anda juga bisa memadukan warna lain sehingga akan tampak lebih indah.

  • Teralis jendela dalam bentuk ukiran

Bentuk teralis yang ketiga adalah teralis ukiran yang memiliki beragam bentuk ukiran. Ada ukiran yang dikombinasikan dalam bentuk vertical dan ada juga yang dikombinasikan dengan bentuk horizontal. Anda bisa memilih salah satu bentuk teralis yang paling sesuai dengan keinginan, budget dan bentuk jendela.

pexels.com

Tips Sebelum Memasang Teralis

Teralis adalah salah satu benda yang harus anda miliki di rumah, teralis dipasang dijendela agar rumah anda lebih aman dari pencuri dan lainnya yang tidak diharapkan. Untuk anda yang sering pergi keluar kota maka sangat disarankan untuk memasang rumah anda dengan taralis, sehingga rumah akan lebih aman dan nyaman. Sebelum pemasangan teralis, ada banyak hal yang harus anda perhatikan, di antaranya adalah :

  • Perhatikan ukuran teralis dan jendela

Sebelum memasang pastikan anda memastikan terlebih dahulu seberapa besar ukuran jendela yang ada di rumah anda, bila anda tidak bisa mengukur maka bisa meminta bantuan kepada tukang jendela yang professional. Umumnya teralis menggunakan ukuran besi yang berdiameter 1 sentimeter dan plat 1 inchi. Namun untuk ukuran anda bisa membuatnya lebih besar lagi sesuai dengan selera anda.

  • Memilih bahan teralis untuk jendela

Untuk mendapatkan teralis yang bagus anda bisa memilih jenis bahan yang bagus juga. Ada banyak bahan teralis yang bisa anda pilih, di antaranya adalah plat, besi tempa, dan behel. Untuk pemilihan bahan ini anda bisa menggunakan bahan yang disesuaikan dengan jenis dan juga desain rumah anda. Untuk rumah minimalis sering sekali menggunakan bahan besi behel yang kotak. Untuk teralis besi behel ini memiliki berat yang ringan. Untuk rumah yang menggunakan desain klasik bisa menggunnakan besi tempa dan plat yang lebih kuat.

  • Desain dan motif teralis

Penting untuk diketahui bahwa ada banyak sekali desain teralis jendela yang bisa anda pilih, ada desain teralis kotak-kotak, desain teralis berbentuk bunga, desain teralis dengan bentuk horizontal biasa dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa memilih desain dengan beragam motif yang diinginkan. Dengan menggunakan motif yang tepat maka rumah anda akan lebih terlihat indah.

  • Warna telaris yang beragam

Selanjutnya anda juga bisa memilih warna teralis yang beragam, ada banyak warna yang bisa anda pilih. Sebaiknya pilih warna yang sesuai dengan interior dan cat dinding. Sehingga rumah akan tampak lebih indah. Dengan memilih warna yang tepat maka akan menambah keindahan rumah anda.

pexels.com
  • Selain jendela juga ada teralis untuk pintu

Untuk anda yang menginginkan keamanan yang lebih bagi rumah, maka anda juga bisa memasang teralis untuk pintu. Dengan pemasangan teralis di pintu dan jendela maka rumah dua kali lipat lebih aman. Tidak ada syarat tertentu untuk pemasangan teralis pintu, hanya saja untuk ukuran lebih panjang dibanding dengan teralis jendela.

Untuk anda yang ingin memasang teralis, perlu mengetahui harga teralis yang ada di pasaran. Untuk teralis jendela besi nako yang minimalis degan ketebalan 10 mm dijual dengan harga Rp 280.000/ meter. Harga teralis besi nako dengan ukuran 12 mm harga Rp 435.000/ meter, harga teralis besi Nako dengan ketebalan 16 mm harga Rp 515.000/ meter. Harga jendela stainless minimalis Rp 380.000/ meter hingga Rp 425.000/meter. Harga teralis jendela klasik Rp 400.000/ meter hingga Rp 550.000/ meter, dan harga teralis pengaman atau kerangkeng Rp 200.000/ meter sampai Rp 300.000/ meter. Anda bisa memilih teralis sesuaikan dengan apa yang anda butuhkan dan juga budget yang sudah anda siapkan. Dengan menggunakan teralis maka keamanan rumah anda akan lebih terjaga.

Selain mempersiapkan teralis, anda juga harus mempersiapkan gorden, dengan begitu maka rumah akan tampak lebih indah. Untuk anda yang tinggal di Malang, bisa membeli gorden Malang ditempat yang dapat dipercaya. Anda bisa mendapatkan gorden dengan kualitas bagus di toko online maupun di toko offline. Ada beberapa tips yang harus anda ketahui untuk mendapatkan gorden dengan kualitas yang bagus. Pertama anda harus mencari tempat yang terbaik menjual gorden, info tempat terpercaya bisa anda dapatkan dari info saudara, teman atau internet. Setelah anda mendapatkan info tersebut maka anda harus survey terlebih dahulu. Pilihlah gorden yang menggunakan kain yang mampu menyerap panas, sehingga panas sinar dari matahari tidak akan menembus ke dalam rumah. Lihat juga jahitan yang ada pada gorden,  selanjutnya pilih gorden yang bagus dipadukan dengan warna interior disekelilingnya, sehingga rumah akan tampak lebih indah dan membuat penghuninya betah. Dan yang paling penting adalah rawat gorden dengan baik, salah satu cara untuk merawat gorden adalah dengan mencuci secara berkala. Dan jangan gunakan detergen untuk mencuci gorden.