Sebagai orang Islam tentu kita mempunyai kitab yang semestinya selalu kita baca setiap hari. Tak lain dan tak bukan kitab tersebut adalah Al-quran. Al-quran sendiri merupakan kitab yang diwahyukan kepada Rasul kita yakni Muhammad SAW. Al-quran bukan hanya sekedar kitab yang diwahyukan kepada Nabi kita tanpa adanya makna dan tujuan. Al-quran menjadi pedoman hidup oran islam.

Di dalamnya berisi peringatan-peringatan untuk menjadi tuntunan bagi seluruh umat islam di dunia ini. Al-quran yang kita lihat saat ini sudah melalui proses penyatuan. Hal ini karena jaman dahulu isi dari al-quran tersebar dan tidak tertulis secara rapi dalam media kertas. Bahkan kini al-quran juga telah terurut seperti yang kita lihat saat ini yang mana dimulai dari surat Al-fatihah dan kemudian surat-surat lainnya yang ada di dalamnya. Ada banyak sekali nama surat yang ada di Al-quran. Ada yang merupakan surat panjang dan juga yang dinamakan surat-surat pendek.

pexels.com

Beberapa Nama dan Makna Surat-Surat Pendek

Di dunia ini tidak jarang kita menemukan banyak orang yang menjadi tahfidzul quran yang artinya mereka menjadi seorang yang hafal alquran. Tidak hanya suratnya akan tetapi juga maknanya. Bagi sebagian besar menghafal al-quran bukalah yang hal mudah. anda perlu benar-benar paham maknanya dahulu kemudian mulai menghafalnya dengan berlatih secara rutin untuk membacanya berulang-ulang. Nah biasanya seseorang akan lebih mudah menghafak al-quran dari surat-surat pendek dulu yang ada pada juz ke 30. Beberapa nama surat pendek beserta maknanya adalah seperti berikut :

  1. Al-kautsar. Surat al-kaustar sendiri hanya terdiri dari 3 kalimat atau ayat saja dengan bacaan atau kalimat ayat yang pendek pula sehingga sangat mudah dihafal. Tak heran jika bahkan anak kecil saja mampu menghafal surat ini dengan baik dan benar. Untuk maknanya, surat al-kautsar ini memiliki makna nikmat yang banyak. Sesuai dengan nama dan makna nama suratnya, di dalam surat ini terdapat peringatan untuk kita semua sebagai manusia hendaknya selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang begitu banyak dan tak terhingga kepada kita semua. Bentuk mendekatkan diri tersebut adalah dengan senantiasa melaksanakan ibadah, berkurban, dan bentuk pendekatan diri lainnya yang hanya ditujukan untuk Allah SWT semata.
  2. Al-Asr. Sama halnya dengan surat al-kaustar, surat al-asr ini juga merupakan salah satu surat dalam al-quran yang memiliki jumlah kalimat yang pendek yakni hanya 3 kalimat atau ayat saja. Surat al-asr sendiri memiliki makna demi waktu/ demi masa. Di dalam surat ini terdapat makna peringatan yang sangat dalam maknanya. Dalam bacaan ini dikatakan bahwa sesungguhnya seluruh manusia di muka bumi ini adalah orang-orang yang sangat rugi. Namun ada pengecualian. Yakni bagi mereka yang beriman, senantiasa melakukan amal kebaikan karena Allah, saling menasihati untuk sesuatu yang benar dan juga saling menasihati untuk senantiasa berbuat sabar.
  3. An-Nas. Surat annas ini memiliki makna manusia. Surat ini memiliki jumlah kalimat sebanyak 6 kalimat atau biasa disebut ayat. Meskipun jumlah kalimatnya lebih banyak dari dua surat di atas yang telah disebutkan namun surat ini menjadi salah satu nama surat pendek yang mudah dihafal sekalipun untuk anda kecil. Isi dari surat ini adalah sebuah peringatan bagi manusia untuk senantiasa meminta perlingdungan kepada Allah SWT dari segala bentuk kejahatan yang dilakukan oleh setan baik itu setan dari golongan jenis jin maupun setan dari golongan jenis manusia. Dari sini bisa mengerti bahwa manusia yang memiliki sifat buruk dan suka melakukan kejahatan terhadap manusia lainnya bisa dinamakan sebagai setan.
pexels.com

Keuntungan Menghafal Surat Pendek

Jika anda ingin menjadi seorang penghafal al-quran maka ada baiknya anda mencoba untuk mulai menghafal al-quran yang dimulai dari surat-surat pendek terlebih dahulu. Hal ini karena ada banyak keuntungan mengapa anda disarankan untuk menghafal surat dengan kalimat yang pendek saja dulu dibanding menghafal surat dengan ayat yang panjang-panjang dan banyak. Nah di bawah ini merupakan beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda menghafal surat pendek terlebih dulu :

  1. Surat pendek biasanya berisikan kalimat pendek-pendek sehingga akan lebih mudah dihafalkan.
  2. Akan lebih mudah diingat dibandingkan kalimat yang panjang. Selain mudah diingat bacaannya, makna dari kalimatnya juga bisa lebih mudah dipahami sehingga akan lebih mudah mengingat dari maknanya.
  3. Akan lebih awet teringat dalam otak. Orang yang sering membaca dan menghafal surat pendek ini biasanya akan hafal di luar kepala sehingga meskipun sampai tua pun akan tetap ingat insyaAllah.
  4. Anda bisa melatih hafalan anda dengan menerapkannya saat anda melakukan ibadah sholat untuk dibaca usai membaca surat al-fatihah. Dengan begitu hafalan anda akan surat-surat pendek tersebut akan lebih melekat dalam otak anda.
pexels.com

Cara Mudah Menghafal Surat Al-Quran

Banyak orang yang secara umum merasa kesulitan saat akan menghafalkan al-quran. Apalagi seseorang yang belajar al-quran saat sudah berusia. Tentu hal tersebut akan lebih berat dan lebih sulit dirasa. Hal tersebut bisa saja terjadi jika seseorang tidak mengetahui bagaimana trik agar mudah menghafalkan surat-surat dalam alquran tersebut secara mudah dan benar. Nah jika anda termasuk orang yang seperti tersebut maka berikut ini bisa anda simak beberapa trik yang mungkin bisa membantu memudahkan anda saat anda akan menghafal surat-surat dalam al-quran :

  1. Mulailah memilih surat-surat pendek yang mana memililiki bacaan yang pendek dan memiliki jumlah yang pendek dalam al-quran. Hal ini akan lebih memudahkan anda dalam mengejar target jumlah hafalan yang bisa anda lakukan dalam sehari.
  2. Saat menghafal baca dan pahami pula maksa perkata dari kalimat-kalimat yang ada pada surat tersebut. Hal ini selain akan membantu anda lebih mudah menghafal juga akan menambah kosa kata bahasa arab anda.
  3. Bacalah satu kalimat secara berulang-ulang. Setelah itu anda baru bisa lanjut pada kalimat berikutnya dengan cara yang sama yakni dengan diulang-ulang setelah hafal kalimat kedua maka coba hafalkan dari kalimat satu hingga kalimat dua yang telah anda hafal tersebut. Untuk kalimat berikutnya dan seterusnya bisa anda lakukan dengan cara yang sama.
  4. Terapkan hafalan anda pada saat anda sholat. Dengan menerapkan hafalan akan membuat anda semakin hafal dan ingat dengan hafalan surat yang sudah anda lakukan.

Mengahafalkan al-quran memang bukanlah hal yang mudah dan instan yang bisa dilakukan. Perlu adanya proses untuk melakukannya. Jika anda membutuhkan trik lainnya yang juga berkenaan dengan al-quran dan islam ini maka anda bisa membuka salah satu website dengan nama hidupsimpel.com yang mana di dalamnya anda bisa mencari banyak referensi trik menarik seputar islam dan seputar kehidupan sehari-hari.