Wanita merupakan sosok menarik yang sellu memiliki daya tarik tersendiri karena wanita adalah makhluk Allah yang paling unik. Selain itu wanita diciptakan dengan keistimewaan maupun kelebihan bahkan di dalam Al-Quran para wanita sangat dimuliakan. Dengan demikian wanita harus diperlakukan dengan sebaik mungkin. Dalam diri seorang wanita terdapat sifat yang khas sehingga membedakan wanita tersebut dengan pria. Sifat yang paling terlihat dri wanita pada umumnya yaitu lemah lembut dan penuh kasih sayang. Aura keibuannya pun juga tak kalah terpancar ketika seorang wanita mulai memasuki usia dewasa. Seorang muslimah sudah sepantasnya mampu mencerminkan sifat wanita yang sesuai dengan syariat Islam. Hal tersebut bertujuan agar wanita bisa menjaga dirinya serta terhindar dari hal-hal yang bertentangan dengan syariat Islam.

Sifat yang Biasanya Melekat Pada Wanita

Pada dasarnya setiap wanita memiliki sifat yang khas dan berbeda namun secara umum ada beberapa sifat pada wanita yang memang biasanya melekat erat pada diri seorang wanita. Berikut akan dijelaskan sifat yang biasanya melekat pada wanita yang bisa menambah wawasan anda.

www.pexels.com
  1. Malu
    Fitrah seorang wanita yaitu mempunyai rasa malu yang memang tak bisa dilepaskan dari seorang wanita. Wanita yang imannya kuat akan menggunakan sifat malu tersebut sesuai pada tempatnya. Bahkan sifat malu pada wanita juga termasuk dalam sifat mulia agar seorang wanita terhindar dari perilaku buruk.
  2. Keibuan
    Setiap wanita mempunyai sifat keibuan yang tidak dimiliki oleh pria. Dengan sifat keibuan tersebut maka seorang wanita bisa mendidik, mengasuh serta mengayomi anak-anaknya. Wanita yang mempunyai sifat keibuan akan memberikan kenyamana serta ketenangan bagi orang-orang sekitarnya.
  3. Sabar
    Setipa wanita wajib memiliki sifat sabar untuk menjalani kehidupannya. Bila seorang mempunyai sifat sabar maka ia memiliki sifat yang mulia. Dimana dengan sifat tersebut maka seorang wanita tidak akan mudah terpancing emosi dan menjadikan wanita lebih tangguh.
  4. Penyayang
    Wanita mempunyai sifat mendasar penyayang yang juga menjadi modal pribadi maupun sosial yang begitu berharga. Sifat penyayang tersebut bisa diwujudkan dalam keluarga maupun masyarakat seperti menolong dan membantu.
  5. Mandiri
    Islam memberikan peluang agar setiap wanita memiliki sifat mandiri sehingga membuat mereka lebih tangguh dan kuat. Dengan begitu wanita dapat mendidik anak-anaknya supaya menjadi manusi yang tangguh.
  6. Manja
    Sifat manja pada seorang wanita sebetulnya sudah melekat ketika ia masih di dalam kandungan. Namun sifat manja tersebut tidaklah berlebihan agar tidak membuat orang lain menjadi jengkel. Bila seorang istri mempunyai sifat manja maka akan menjadikan rumah tangganya bahagia.
www.pexels.com

Sifat Terbaik yang Harus Dimiliki Wanita Muslim

Seorang wanita muslim harus menjalankan kehidupan sesuai dengan ajaran Islam dan mencerminkan seorang muslimah. Seorang muslimah harus berakhlak mulia, menurut aurat dengan hijab serta menjaga tutur kata. Agar seorang wanita muslim menjadi muslimah seutuhnya maka terdapat sifat-sifat terbaik yang harus dimiliki diantaranya sebagai berikut.

  1. Menaati Perintah Allah
    Seorang muslimah selain menjalankan shalat 5 waktu dan berpuasa juga berkewajiban melaksanakan sunah serta menjauhi laranganyang bertentangan dengan ajaran Islam. Selain itu seorang muslimah harus berpegang teguh pada Al-Quran dan dalam menjalankan kehidupannya.
  2. Menutup Aurat
    Seorang muslimah wajib menutup aurat dengan menggunakan pakaian yang sesuai ajaran Islam serta memakai hijab. Memakai pakaian muslim akan menghindarkan wanita dari hal-hal negatif yang membahayakan dirinya. Menutup aurat sebaiknya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti memakai model baju gamis yang sesuai syariat Islam.
  3. Sabar dan Bertawakal
    Dalam menghadapi cobaan maka seorang muslimah harus sabar dan tawakal. Dalam hal ini sabar merupakan cerminan muslim yang taat karena sabar adalah bagian dari ujian. Dengan menerapkan sabar dan tawakal maka keimanan seorang wanita akan semakin meningkat.
  4. Menghormati Orangtua
    Seorang muslimah wajib untuk taat kepada keduaorangtua dan menghormati mereka terutama pada ibu. Nabi menganjurkan agar umat Islam berbakti pada ibu dan bapak terleih surga berada di bawah telapak kaki ibu.
  5. Menjaga Kesucian Diri
    Seorang muslimah wajib menjaga kesucian dirinya dengan tidak melakukan zina degan pria yang bukan suaminya namun juga selalu menjaga wudhu. Berwudhu merupakan bagian dari menjaga kebersihan sekaligus menjaga diri dari perbuatan maksiat. Allah senantiasa menyukai orang-orang yang menjaga kebersihan diri salah satunya melalui wudhu.
  6. Menjaga Lisan
    Wanita muslim wajib menjaga tutur kata dalam kehidupan sehari-hari. Sebab bisa saja perkataan yang keluar dari lisan akan menyakiti hati orang lain bisa tidak dijaga dengan baik. Selain itu wanita muslim dapat menjaga lisanny dengan sering membaca Al-Quran. Rasulullah SAW juga menganjurkan agar setiap muslima bisa bertutur kata lembut.
  7. Taat Pada Suami
    Taat pada suami merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan seorang muslimah sesuai dengan ajaran Islam. Muslimah yang baik akan senantiasa patuh dan melayani suami selama apa yang dikatakan suami tidak melanggar syariat Islam.
  8. Berhias untuk Suami
    Seorang muslimah hendaknya berhias dan mempercantik diri hanya untuk suami. Dengan begitu maka suami akan selalu merasa senang sekaligus menjadi bentuk ibadah yang mendatangkan pahala.
  9. Mendidik Anak
    Seorang wanita muslim yang sudah menikah maka harus mampu membimbing serta mendidik anak-anaknya agar taat kepada perintah Allah SWT. Dengan menanamkan taat kepada Allah SWT maupun Rasul-Nya sejak kecil maka anak akan terhindar dari maksiat dan akan tumbuh menjadi anak yang shaleh dan shalihah.
www.pexels.com

Sifat-Sifat Pada Wanita yang Membuatnya Tak Boleh Dinikahi

Bagi pria muslim yang akan menikah maka sebaiknya memilih calon pasangan secara tidak asal-asalan. Sebab wanita dengan agama yang baik bisa dipastikan akan memiliki akhlak yang baik serta mampu menjaga suami maupun anakk-anaknya. Namun bila seorang wanita muslim mempunyai sifat-sifat yang bertentangan dengan syariat Islam maka wanita tersebut tidak boleh dinikahi menurut Islam. Berikut akan dijelaskan sifat-sifat pada wanita yang membuatnya tak boleh dinikahi menurut Islam yang perlu anda ketahui.

  1. Suka Mengeluh
    Bila seorang wanita suka mengeluh maka akan membuat suasana rumah menjadi sumpek dan memicu konflik dalam rumah tangga. Wanita yang suka mengeluh berarti kurang bersyukur atas apa yang sudah diberikan Allah SWT.
  2. Suka Mengadu
    Seorang istri tidak diperkenankan menjelekkan suaminya serta tidak mudah mengadu pada orangtua. Karen hal tersebut bisa memicu hancurnya rumah tangga.
  3. Suka Mengungkit Kebaikan
    Janganlah menikahi wanita yang suka mengungkit kebaikannya serta selalu merasa benar. Karena sifat tersebut adalah sifat tercela dan menjadi bagian dari sifat riya’.
  4. Keras Kepala
    Janganlah menikahi wanita yang keras kepala karena wanita tersebut akan sulit menerima masukan dan jika diberi nasihat akan melalaikan.
  5. Suka Mengumpat
    Wanita yang suka mengumpat maka akan mudah dibenci oleh manusia lain maupun Allah SWT sebab mengumpat adalah perbuatan tercela.

Itulah penjelasan mengenai sifat wanita yang sebaiknya perlu diketahui oleh wanita maupun pria muslim. Sebab dengan begitu wanita muslim bisa memperbaiki sifat-sifatnya yang mungkin selama ini masih belum sesuai ajaran Islam. Bagi laki-laki sifat yang ada pada wanita bisa menjadi salah satu upaya untuk lebih memahami wanita dan memuliakannya.