Tips dan Ide Ciptakan Ruang Keluarga Impian

Memiliki rumah sendiri adalah impian dari hampir setiap orang di dunia. Terutama bagi orang-orang yang telah berkeluarga. Kebanyakan memang lebih memilih untuk hidup di rumah sendiri dengan keluarga barunya. Meskipun, ada juga yang ikut mengajak orang tua untuk tinggal bersama mereka di rumah yang baru. Bisa berkumpul dengan keluarga dalam satu rumah tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Tidak semua orang beruntung masih bisa berkumpul dengan keluarga, apalagi di dalam satu rumah. Selain menjaga hubungan yang baik, bisa menikmati waktu bersama keluarga akan menjadi hiburan tersendiri bagi setiap orang.

Setelah menjalani pekerjaan dan aktivitas lain di luar rumah yang membuat penat, kita bisa langsung menghilangkan penat dengan bergurau bersama dengan keluarga di rumah. Sebagian orang merasa lebih bahagia bisa berkumpul bersama keluarga meskipun hanya di rumah yang sederhana. Daripada memiliki rumah yang mewah namun tidak diisi dengan kebahagiaan bersama keluarga. Meski begitu, suasana akan semakin menyenangkan apabila bisa berkumpul bersama keluarga di rumah yang bagus pula. Jika memang belum mampu memiliki rumah yang mewah, setidaknya kita bisa menciptakan ruang keluarga yang menyenangkan.

www.pexels.com

Ide Desain Ruang Keluarga yang Nyaman

Bisa menghabiskan waktu dengan bersantai bersama keluarga akan memberikan rasa bahagia tersendiri. Berkumpul bersama anggota keluarga akan menjadi momen yang sangat dinantikan, terutama bagi keluarga baru. Belum lagi jika sedang dalam momen tertentu seperti Lebaran di mana semua anggota keluarga besar bisa berkumpul dan menikmati waktu bersama. Untuk menjaga momen bahagia tersebut, kita bisa menciptakan ruang keluarga yang nyaman. Tetapi, kita juga perlu mengetahui keperluan dari setiap anggota keluarga agar semuanya sama-sama merasakan nyaman.

Ruangan keluarga akan terlihat lebih menyenangkan apabila bisa sesuai dengan keadaan rumah. Maksudnya, kita harus menyesuaikan luas dan desain ruangan dengan konsep rumah tersebut. Selain itu, kita juga harus menentukan interior apa saja yang akan dipasang di ruang tersebut. Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan desain ruangan keluarga yang menarik, kami akan memberikan beberapa ide desain yang bisa diterapkan di rumah Anda. Berikut di antaranya :

  1. Interior Modern

Memiliki ruangan keluarga dengan desain modern akan membuat rumah tampak lebih mewah. Meski begitu, bukan berarti kita harus mengeluarkan banyak biaya untuk mewujudkannya. Ruangan keluarga yang bergaya modern menggunakan warna putih atau abu-abu pada bagian dinding. Sedangkan untuk lantainya, bisa menggunakan lapisan kayu dan karpet. Dengan begitu, ruangan akan terasa lebih hangat dan nyaman untuk bersantai. Ditambah dengan penggunaan TV LED sehingga tidak memakan tempat terlalu banyak. Agar ruangan tidak tampak membosankan, kita bisa menaruh tanaman hias di salah satu sudut ruangan. Selain itu, bisa juga dengan menempelkan lukisan atau foto keluarga pada bagian dinding. Desain modern ini sangat cocok untuk diterapkan pada rumah yang tidak terlalu luas.

  1. Interior Bergaya Eklektik

Ciri khas dari gaya eklektik ini sebenarnya menggunakan banyak dekorasi. Bagi Anda yang memiliki rumah cukup luas, hal ini tentu tidak menjadi masalah. Namun, bagi Anda yang memiliki ruangan terbatas, hal ini bisa diakali dengan menggunakan sofa yang memiliki motif beragam dan warna yang nyeleneh sebagai pengganti dari dekorasi. Bisa juga dengan memasang karpet dengan bentuk yang unik. Sebagai tambahan, Anda bisa meletakkan pot tanaman hias untuk mempercantik ruangan.

  1. Interior Bergaya Bohemian Modern

Bagi Anda yang menyukai desain ceria, gaya bohemian modern ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Gaya bohemian modern menawarkan suasana ruangan yang ceria dan penuh semangat. Pasalnya, gaya ini cenderung memilih warna-warna cerah yang membuat ruangan tampak lebih hidup. Selain itu, ciri khas dari gaya bohemian modern ini adalah dengan memasang karpet dengan rumbai pada bagian ujungnya. Juga ditambahkan dengan throw blanket dari bulu sintesis, bantal warna-warni, dan sebagainya.

  1. Interior Bergaya Vintage

Interior dengan gaya vintage ini sangat cocok bagi keluarga yang menyukai suasana jadul. Pada bagian dinding, Anda bisa memilih warna hijau toska dan putih untuk menghidupkan suasana bergaya vintage. Selain itu, Anda juga bisa memilih sofa dengan warna yang serupa agar tampak lebih serasi. Ditambah dengan beberapa furniture yang terbuat dari kayu akan menambah ruang keluarga Anda menjadi lebih sempurna.

  1. Interior dengan Aksen Kayu

Menggunakan aksen kayu pada desain rumah memang mampu menghadirkan suasana nyaman tersendiri. Hal ini bisa Anda terapkan pada ruangan keluarga yang akan Anda bangun. Melapisi dinding dengan cat warna putih dengan menambahkan aksen kayu pada sisi tertentu akan menciptakan suasana ruangan yang serasi. Ruangan ini juga bisa dijadikan menyatu dengan ruang lainnya seperti ruang makan tanpa adanya penyekat.

  1. Interior Khas Indonesia

Ruangan dengan gaya khas Indonesia didominasi dengan warna cokelat dan lampu gantung berwarna kuning. Perpaduan ini akan menciptakan ruangan yang teduh dan adem. Apalagi jika menggunakan pintu dan jendela berupa kaca transparan. Selain itu, tambahkan pula tempat duduk, televisi, dan tempat makan di belakangnya. Anda juga bisa menggunakan AC Daikin Inverter agar para tamu yang datang merasa lebih nyaman. Apalagi, AC ini lebih hemat listrik daripada konvensional.

  1. Interior Bergaya Jepang

Interior bergaya Jepang ini bisa Anda manfaatkan untuk ruangan yang mungil. Dinding dibuat bervariasi dengan tambahan tirai jendela dan frame foto membuat sentuhan Jepang sangat terasa di sini. Selain itu, pada sisi jendela juga bisa disulap menjadi tempat duduk.

www.pexels.com

Tips Menggabungkan Ruangan Keluarga dengan Ruang Tamu

Memiliki rumah yang mungil tidak menjadi halangan untuk menciptakan ruangan yang membosankan. Agar ruangan tidak terasa sumpek, Anda bisa mengakalinya dengan menggabungkan dua ruangan sekaligus. Misalnya menggabungkan ruang keluarga dengan ruang tamu. Berikut adalah tips sebelum membangun ruangan gabungan tersebut :

  1. Perhatikan Kebutuhan

Jika Anda termasuk orang yang sering kedatangan tamu, Anda bisa menggabungkannya dengan ruangan keluarga. Oleh karena itu, ruangan harus di desain senyaman mungkin dan tidak terlalu banyak furniture. Namun, jika Anda termasuk jarang kedatangan tamu, sebaiknya Anda tidak perlu membangun ruang tamu. Jika ada tamu, bisa Anda arahkan langsung ke ruangan keluarga.

  1. Gunakan Single Chair

Bagi Anda yang jarang kedatangan tamu, sebaiknya gunakan sofa yang muat sesuai anggota keluarga saja. Jika ada tamu yang datang dengan jumlah yang cukup banyak, Anda bisa menggunakan single chair sebagai tempat duduk bagi tamu tersebut. Saat tidak ada tamu, single chair bisa Anda simpan ke agar tidak membuat ruang keluarga menjadi sumpek.

  1. Furniture Multifungsi

Melihat ruangan yang tersedia tidak terlalu luas, Anda sebaiknya jangan menggunakan sofa yang terlalu panjang. Anda bisa menggunakan bench yang sekaligus sebagai tempat penyimpanan. Juga dengan menambahkan rak-rak ambalan sebagai tempat untuk televisi sekaligus tempat meletakkan koran, buku, atau majalah.

www.pexels.com

Post Author: Julia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *