teknologi

Idola Baru Pengguna Smartphone, Xiaomi Redmi 2

Xiaomi merupakan brand smartphone yang cukup naik daun belakangan ini. Pasalnya, ponsel dengan berbagai spesifikasi lengkap ini dibandrol dengan harga yang murah. Produk smartphone asal China ini juga menjadi salah satu saingan berat bagi brand lain yang juga berkecimpung di bidang smartphone. Bahkan sebelum setenar sekarang, Xiaomi merupakan salah satu produk yang dijual tanpa distributor resmi. Namun, karena keunggulan yang dimilikinya, sekarang semakin banyak peminat brand smartphone asal China ini. Xiaomi sendiri telah memproduksi berbagai varian atau tipe ponsel hingga sekarang. Salah satu tipe yang sempat populer ketika ponsel ini mulai memasuki pasar Indonesia adalah Xiaomi Redmi 2.

Sebelum adanya Xiaomi Redmi 3, 4, 5 hingga Mi 8 yang merupakan produk terbaru, Redmi telah cukup diminati dengan Xiaomi Redmi 2. Apalagi Redmi varian ini juga dibagi menjadi beberapa tipe lagi seperti Redmi 2 , Redmi 2 Pro, dan Redmi 2 Prime. Lalu apakah perbedaan dari ketiga varian Redmi ini? simak penjelasannya di bawah ini.

www.pexels.com

Spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Pro

 Salah satu perbedaan antara ketiga varian dari Xiaomi Redmi 2 ini terletak pada spesifikasinya. Meskipun untuk tampilannya, ketiga jenis ini cukup mirip, namun untuk spesifikasi dalamnya, ada beberapa perbedaan yang  dimiliki.

  1. Body

Dengan body yang cukup slim, Xiaomi Redmi 2 pro telah menggunakan teknologi IPS LCD Capacitive touchscreen untuk layarnya. Untuk ponsel sejenisnya, Redmi 2 Pro ini bisa kamu miliki dengan harga yang lebih murah. Ukuran layarnya juga cukup besar yaitu 4.7 inci dan pastinya dengan resolusi yang tinggi yaitu 720×1280 pixels. ponsel yang dirlis pada tahun 2015 ini juga telah dilengkapi dengan dual SIM, sehingga kamu bisa menggunakan lebih satu nomor dalam satu ponsel.

  1. RAM

Produk Xiaomi memang cukup dikenal untuk bagian kapasitas penyimpanannya terutama RAMnya. Bahkan dibandingkan dengan ponsel sejenisnya, Xiaomi telah didukung dengan RAM sebesar 2GB yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bahkan, untuk kamu yang hobi main game di ponsel tidak perlu khawatir gamenya ngelag karena kurangnya kapasitas. Merk lainnya mungkin baru bisa menyediakan varian ponsel dengan kapasitas RAM 1 atau 1.5 GB saja, namun Xiaomi telah selangkah lebih unggul dari produk lain. Tak hanya itu ruang penyimpanan Xiaomi Redmi 2 Pro ini juga memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu 16 GB dan dapat diisi dengan microSD hingga 32 GB. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi pusing jika ingin menyimpan berbagai data kamu di ponsel.

  1. Kamera

Ingin mengabadikan setiap moment penting hanya dengan ponsel? Maka kamu bisa pilih Xiaomi Redmi 2 Pro yang telah dibekali dengan kamera utama berukuran 8MP, serta kamera depan 2MP. Kameranya juga telah dilengkapi dengan fitur LED flash dan HDR. Begitu juga dengan kualitas video yang dihasilkannya yang tersedia hingga ukuran 1080p.

  1. Fitur Tambahan

Untuk fitur tambahannya, Xiaomi Redmi 2 Pro ini telah dilengkapi dengan sensor berupa accelerometer, gyro, proximity, dan juga kompas. Selain itu, ponsel ini juga memiliki teknologi fast charging. Jadi, bisa mengurangi aktivitas main hp sambil di charger dimana sangat tidak disarankan. Hanya butuh waktu kurang lebih 1.5 jam untuk mengisi baterai yang kosong sama sekali dengan kapasitas baterai berkekuatan 2200mAh.

Xiaomi Redmi  tipe ini juga telah menggunakan android KitKat dan teknologi jaringan GSM, HSPA, dan LTE. Ditambah lagi pilihan warnya yang sangat beragam. Mulai dari warna dasar hitam, merah, putih, dan kuning. Selain Redmi 2 Pro, ada juga Redmi 2 Prime yang spesifikasinya tak kalah keren dengan Redmi Pro.

www.pexels.com

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi Prime

            Meski keduanya sama-sama varian Redmi 2, namun Redmi Prime memiliki sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan Redmi 2 Pro. Lalu apa sajakah fitur yang membedakan kedua varian Xiaomi Redmi tersebut? mari simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Body

Untuk bodynya, kedua varian ini tidak memiliki perbedaan. Ukuran layar yang sama-sama 4.7 inci dengan kualitas 720×1280 pixels menunjukkan bahwa keduanya merupakan sama-sama varian Xiaomi Redmi 2. Ukurannya juga sama saja.

  1. RAM

Untuk kapaistas RAM dan memory penyimpanan juga sama, yaitu 2GB dan 16 GB dimana dapat kamu tambahkan microSD berukuran hingga 32GB. Didukung dengan Snapdragon 410 serta Quad Core 1.2 GHz. Untuk sistem operasinya keduanya sama-sama menggunakan sistem android OS 4.4.4 atau KitKat.

  1. Kamera

Untuk kamera utamanya, Prime memiliki kualitas hasil yang lebih besar yaitu dengan 3264x 2448 pixels meskipun ukuran kameranya sama-sama 8MP. Sedangkan untuk kamera selfinya sama saja yaitu 2MP. Ditambah dengan fitur kamera pendukung seperti LED flash, BSI sensor, touch focus, OmniVision sensor, auto focus, dan masih banyak lagi.

  1. Fitur Tambahan

Untuk fitur tambahannya, ponsel varian Redmi kedua ini memiliki kapasitas baterai berkekuatan 2200 mAh.

Jika kita lihat sekilas tanpa melihat semua spesifikasinya, mungkin akan sedikit sulit membedakan Xiaomi Redmi 2 dengan Redmi 2 Prime. Ponsel yang memiliki bobot 133 gram ini cukup ringan dan lebih nyaman untuk dibawa kemana saja. Selain itu dengan lebar dan panjang yang pas, juga membuat ponsel yang ini lebih pas digenggam. Untuk pilihan warnanya, Redmi Prime ini memiliki pilihan warna yang lebih banyak dengan adanya tambahan warna hijau dan pink. Redmi 2 ini termasuk produk ponsel menengah ke bawah yang dibekali dengan dengan berbagai teknologi berkualitas tinggi. Salah satu contohnya adalah prosesor snapdragon yang jarang digunakan untuk ponsel menengah ke bawah. Bahkan tampilannya pun berbeda jika kita bandingkan dengan ponsel sejenisnya dari brand lain yang sudah dikenal publik terlebih dahulu.

Untuk masalah Memory, RAM Redmi 2 prime ini telah mengalami peningkatan dari yang tadinya hanya 1 GB untuk Redmi 2. Tentu akan semakin banyak manfaat yang bisa kamu dapat. Kamu bisa download dan install berbagai aplikasi bahkan kamu juga tidak perlu khawatir jika ingin main game di ponsel. Salah satu syarat kalau kamu ingin main game dengan nyaman di ponsel adalah kapasitas ponsel kamu yang cukup. Dan dengan kapasitas RAM 2GB kamu bisa memainkan game bahkan yang berukuran 1GB sekalipun. Untuk fitur tambahan lainnya, Redmi 2 juga telah dilengkapi dengan berbagai pilihan konektivitas seperti bluetooth, Wi-Fi, micro USB, serta jaringan 4G LTE yang bisa memudahkan kegiatan berselancar di dunia maya.

www.pexels.com

Jika di atas telah dijelaskan beberapa kelebihan dari varian HP Xiaomi Redmi 2, maka yang berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimilikinya. Yang disayangkan dari varian HP Xiaomi yang satu ini adalah sistemnya yang masih menggunakan  versi KitKAt dimana untuk zaman sekarang sistem ini sudah jarang diminati. Namun tentu saja pada saat pertama kali dikeluarkan, HP ini mendapatkan respon yang cukup bagus untuk ukuran merk yang belum terlalu familiar di Indonesia. Untuk varian HP Xiaomi yang lebih bagus lagi teknologinya, kamu bisa lihat spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3. Tak hanya mesinnya saja yang lebih unggul, varian terbaru Redmi ini bahkan dilengkapi dengan layar yang lebih besar yaitu 5.5 inci. Berikut beberapa spesifikasi dari Redmi Note 3:

  1. Layar

Tak hanya lebih besar ukurannya, jenis layar Xiaomi Redmi 3 Note juga telah menggunakan IPS LCD.

  1. Kamera

Untuk kameranya, Xiaomi Note 3 memiliki kamera depan 13 MP untuk kamera utama, dan 5 MP untuk kamera depan. Tentu saja cukup jauh perbedaannya dengan kamera di Xiaomi Redmi 2 yang hanya 2 MP saja untuk kamera depannya.

  1. Sistem Android

Tak hanya itu, Xiaomi Redmi Note 3 juga telah menggunakan sistem android Lollipop merupakan bentuk yang lebih unggul daripada KitKat. Didukung dengan CPU menggunakan Octa-core dan GPU yang menggunakan PowerVR G6200 berkekutan 550MHz.

  1. Penyimpanan

Penyimpanan untuk Xiaomi Redmi Note 3 telah didukung RAM berukuran 2 GB dan 3GB dan internal storage 16GB dan 32GB. Bahkan kapasitas baterainya juga jauh lebih besar yaitu 4000mAh yang merupakan kelipatan dua jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 2. Namun, untuk beratnya varian yang ini justru lebih ebrat jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi pendahulunya yaitu Redmi 2.

Itu dia beberapa spesifikasi dari Xiaomi Redmi 3 dan 2 jika dibandingkan. Karena Redmi 3 merupakan versi upgradenya, dapat kita lihat bahwa banyak keunggulan yang dimilikinya jika dibandingkan versi sebelumnya. Dari tampilannnya saja sudah terlihat perbedaannya. Sedangkan untuk harganya, Xiaomi Redmi Note 3 ini bisa kamu dapatkan dengan harga 2.3 jutaan. Jika kamu menginginkan HP Xiaomi dengan spesifikasi yang lebih unggul, kamu bisa lihat spesifikasi dari varian terbaru dari Xiaomi. Kapan lagi kamu bisa memiliki HP dengan desain yang menawan sekaligus spesifikasi yang unggul dengan harga yang terjangkau. Xiaomi pada awalnya mulai dikenal di Indonesia dan belum ada toko resmi yang menjualnya, namun karena kualitasnya yang suepr dengan harga yang murah meriah, kini Xiaomi semakin menjadi idola.

www.pexels.com

Kini xiaomi bisa dibeli langsung di berbagai kontributor resminya. Tak hanya HP, Xiaomi juga merilis berbagai produk kamera yang berkualitas tinggi. Tak heran jika Xiaomi kini tengah naik daun dan banyak diminati oleh para pengguna ponsel menengah ke bawah. Selain harganya yang murah, Xiaomi ini juga memanjakan konsumennya denagn desain yang menawan. Contohnya desain dari produk HP terbaru seperti Mi 8Lite yang memiliki warna yang unik. Desainnya pun lebih elegan dan tidak kalah jika dibandingkan dengan HP merk lain yang harganya jauh lebih mahal. Untuk kamu yang tertarik memiliki HP Xiaomi, kamu bisa langsung datang ke toko HP terdekat. Atau kamu bisa membelinya lewat online. Tapi lebih disarankan untuk membelinya langsung, karena bagaimanapun HP merupakan barang yang harganya tidak murah. Xiaomi ini selain banyak digemari oleh para pecinta game online, juga digandrungi oleh mereka yang suka dengan dunia fotografi dengan kualitas kamera yang dimilikinya. Hasil gambar jepretan kamera Xiaomi tak kalah dengan hasil kamera SLR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *