Kesehatan

Kandungan Protein pada Sidat dan Manfaatnya

Ikan adalah salah satu sumber protein yang lebih baik daripada protein hewan lainnya yang dibuktikan oleh gizidat. Hal ini dikarenakan ikan memiliki kandungan kolestrol yang rendah. Ikan sidat merupakan salah satu jenis ikan yang potensial untuk dikembangkan. Ikan ini hidup di air tawar, tetapi dapat juga hidup di dua alam yaitu air tawar dan air laut. Hal tersebut membuat ikan sidat semakin istimewa. Ikan sidat memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi karena dapat hidup di dua tempat yang berbeda. Ikan salmon yang saat ini dinilai memiliki kandungan gizi yang paling baik, dapat sebanding dengan kandungan gizi yang ada pada ikan sidat.

Ikan sidat memilki bentuk menyerupai ikan belut, tidak heran jika banyak orang yang merasa jijik saat melihatnya. Namun ada sedikit perbedaan untuk membedakan ikan belut dengan ikan sidat. Ikan sidat memiliki sirip didekat kepalanya menyerupai telinga, sedangkan pada ikan belut tidak memilki sirip didekat kepala. Jika mengetahui kandungan protein pada sidat, tentu akan lupa dengan rasa jijik pada ikan sidat. Ikan sidat memiliki banyak keunggulan terutama pada dagingnya yang lembut dan dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit terutama pada penyakit kulit.

pxhere.com

Apa Saja Kandungan pada Sidat ?

Menurut penelitian kedokteran, ikan sidat memiliki kandungan vitamin dan mikronutrein yang sangat tinggi. Kandungan protein pada sidat diantaranya: vitamin B1 sejumlah 25 kali lipat susu sapi, vitamin B2 sejumlah 5 kali lipat susu sapi, vitamin A sejumlah 45 kali lipat susu sapi. Selain itu, ikan sidat mengandung lemak jenuh yang tinggi dan tidak ada pada hewan lainnya. Sidat memiliki kandungan nutrisi, protein, karbohidrat, dan omega 3 yang tinggi. Ikan sidat memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi, yaitu sekitar 10,9 gram per 100 gram. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa sum – sum tulang ikan sidat mengandung ratusan jenis zat yang bergizi. Gizi dan nilai farmakologi yang istimewa dari ikan sidat, membuat ikan ini mendapatkan perhatian yang luas dari para pakar.

Manfaat Kandungan Sidat untuk Kesehatan

Kandungan protein pada sidat sangat bermanfaat bagi tubuh, antara lain:

pxhere.com
  1. Terdapat DHA dan EPA yang terkandung di dalam ikan sidat, hal ini dapat membantu perkembangan otak. Ikan sidat dapat meningkatkan kecerdasan otak terutama pada anak – anak. Selain bermanfaat bagi anak – anak, ikan sidat juga sangat bermanfaat bagi orang dewasa untuk meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan.
  2. Ikan sidat memiliki kandungan omega 3 yang dapat mengatur imunitas tubuh manusia. Kandungan omega 3 tersebut dapat melawan beberapa penyakit seperti lupus, kolitis ulserativa, dan penyakit lainnya yang menyerang sel – sel yang memproduksi insulin lain. Omega 3 banyak terdapat di dalam lemak ikan sidat dan terbukti dapat mengobati depresi atau gejala penyakit kejiwaan.
  3. Bagi yang sedang diet, tidak perlu takut untuk mengkonsumsi ikan sidat. Hal tersebut dikarenakan ikan sidat memiliki kandungan lemak baik yang dapat mendorong lemak jahat yang bersarang di dalam tubuh.
  4. Ikan sidat memiliki kandungan zink sebanyak 9 kali lipat dari susu sapi. Oleh karena itu, anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan sidat. Zink yang terkandung dalam sidat dapat berperan dalam respon imun, fungsi otak, dan kemampuan reproduksi sel dalam tubuh.
  5. Ikan sidat dapat mencegah terjadinya penyakit jantung atau mengatasi permasalahan sistem kerja kardiovaskuler. Penyakit yang terjadi akibat masalah pada sistem kardiovaskuler umunya adalah serangan jantung, nyeri dada hingga stroke.
  6. Kandungan zink yang terdapat dalam sidat dipercaya dapat menjaga tekanan darah. Zink dalam ikan sidat dapat berfungsi mengatur angiotensin dan endotelin yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Sehingga, jika ingin memenuhi mineral dalam tubuh perlu lebih sering dalam mengkonsumsi ikan sidat. Dengan sering mengkonsumsi ikan sidat diharapkan tekanan darah akan tetap normal dan stabil.
  7. Ikan sidat mengandung beberapa vitamin yang sangat berguna bagi tubuh, yaitu vitamin B1, B2, dan A. Sehingga ikan sidat dapat memenuhi kekurangan vitamin yang sedang dialami karena vitamin tersebut banyak ditemukan di dalam sidat.
  8. Kandungan vitamin A yang terdapat pada sidat yang sangat melimpah dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin A akan membantu menjaga pembuluh darah mata ke otak supaya tidak menyempit. Selanjutnya vitamin A juga dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa. Dengan begitu, vitamin A dapat mencegah katarak dan degenerasi macula pada retina.
  9. Ikan sidat sangat kaya akan beta karoten. Beta karoten adalah senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Sehingga dengan sering mengkonsumsi ikan sidat yang kaya dengan beta karoten, dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menjauhkan dari radikal bebas.
pxhere.com

Banyak sekali kandungan protein pada sidat yang bermanfaat bagi tubuh manusia, sehingga tidak heran jika ikan ini banyak dicari di berbagai negara. Selain itu, di Jepang ikan sidat merupakan ikan termahal dan hanya disajikan kepada tamu istimewa dan terhormat saja. Spesies ikan sidat banyak ditemukan di Indonesia, sehingga untuk mendapatkan ikan sidat tidak perlu bersusah payah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *