teknologi

Cara Merawat Printer Infus Yang Mudah dan Aman Untuk Printer

Keperluan pekerjaan dan sekolah ataupun kuliah, membuat banyak orang membutuhkan printer untuk menyelesaikan tugas. Beragam jenis printer tersedia sekarang ini, dimulai dari yang kuno hingga yang tercanggih sekalipun. Cara pengisian tinta printernya pun beragam, dimulai dari pengisian manual hingga pengisian dengan infus. Namun karena mudahnya, pengisian tinta printer dengan infus menjadi pilihan banyak orang.

 

Pengisian secara infus dipilih karena setiap orang dapat melakukannya. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk pengisian tinta pun sangat singkat. Tidak heran, banyak orang yang berlomba menggunakan tinta infus untuk printernya. Namun, saat tinta printer dipasang, banyak orang yang tidak peduli dengan perawatannya. Akibatnya, printer mengalami kerusakan dan tidak dapat digunakan dalam waktu lama. Tidak ingin printer mengalami kerusakan? Lakukan perawatan secara berkala.

 

www.pexels.com

10 Cara Perawatan Printer Tinta Infus Termudah

Bagaimanakah cara merawat printer yang dipasangkan tinta infus? Anda akan mengetahui informasinya dengan membaca informasi dibawah ini

  1. Perhatikan Posisi Botol Infus

Sama dengan perawatan botol infus di rumah sakit, anda harus memperhatikan botol infus printer saat digunakan. Pastikan posisi botol infus berada di tinggi yang sama dengan printer. Hal ini akan membantu agar tinta dapat keluar masuk dengan tepat. Selain itu, hal ini akan mencegah terjadinya sumbat pada printer, yang diakibatkan tinta mengeras dan lainnya.

  1. Buka Tutup Botol Infus

Berikutnya, masih dalam hal botol infus. Anda harus memperhatikan apakah botol infus terbuka ataupun tertutup saat printer dalam keadaan menyala. Saat dalam keadaan menyala, bukalah tutup botol infus tersebut. Hal ini akan membantu penyaluran tinta masuk dalam printer. Jika printer mati, maka tutup kembali tutup botol agar tinta tidak tertumpah.

  1. Perhatikan Saat Memindahkan Printer

Untuk anda yang senang berpindah-pindah ruangan saat mengerjakan sesuatu, maka penting memperhatikan hal ini. Di mana, pastikan bahwa semua ruang yang memiliki tutup pada printer sudah tertutup. Ini akan mencegah terjadinya tumpahnya tinta pada printer. Pada saat semua ruang tertutup, juga akan membantu proses pengangkatan dan yang lainnya.

  1. Melakukan Head Cleaning

Merasa bahwa tinta yang dikeluarkan kurang maksimal? Maka jawaban untuk hal ini adalah melakukan head cleaning. Head cleaning dapat dilakukan setelah aplikasi printer diinstall pada laptop atau perangkat komputer. Biasanya setelah melakukan head cleaning, hasil cetakan menjadi lebih bagus dan siap digunakan untuk mencetak gambar berwarna sekalipun.

  1. Pengisian Tinta

Satu hal yang harus diperhatikan dengan seksama adalah memperhatikan pengisian tinta. Penting untuk mengisi tinta saat sudah tersisi ¼ didalam botol. Hal ini akan mempengaruhi kinerja printer, sehingga printer dapat memberikan hasil maksimal pada hasil cetakan. Jika pengisian tinta dilakukan saat tinta sudah habis maka hasil lain yang terjadi.

www.pexels.com
  1. Pengisian Tinta Saat Tinta Habis

Berbeda dengan pengisian tinta saat belum habis, pengisian tinta saat telah habis dapat berakibat buruk pada catridge. Untuk penggantian sebuah catridge dibutuhkan dana yang cukup besar. Untuk mengetahui seberapa besar harga yang harus dibayarkan anda dapat mengecek harga di Canon Printer Drivers. Sedangkan jika tidak ingin rusak, lakukanlah langkah ke lima.

  1. Perhatikan Proses Pembawaan Printer

Untuk anda yang ingin membawa printer pergi, perhatikanlah posisi infus printer. Usahakan posisi infus tidak dalam keadaan terbalik ataupun miring. Karena hal ini dapat mengakibatkan tinta tumpah dan tercecer. Jadi, ketika akan memindahkan printer, usahakan posisinya dalam posisi yang tepat dan siap dibawa tanpa menimbulkan ketumpahan tinta.

  1. Periksa Tinta Pembuangan

Anda harus melakukan pemeriksaan berikutnya setelah meggunakan printer dalam waktu lama. Pemeriksaan yang dimaksud adalah melakukan pemeriksaan pada tinta pembuangan. Hal ini hanya tersedia pada printer yang menggunakan infus. Di mana, harus dilakukan pembuangan tinta saat tabung mulai terisi ½ atau ¼. Jika tidak tinta akan luber dan menganggu proses cetak.

  1. Penggunaan Berkala

Berikutnya anda harus memperhatikan tentang penggunaan printer secara berkala. Penggunaan printer harus dilakukan setiap hari, artinya jangan sampai terjadi masalah saat printer akan digunakan. Jika tidak ada bahan untuk dicetak, cobalah untuk melakukan head cleaning. Hal ini bertujuan untuk membuat tinta tidak beku dan tetap bekerja maksimal.

  1. Hilangkan Udara Pada Selang

Selang yang menyambungkan botol dan catridge sering dimasukki udara karena beberapa hal. Jika hal ini terjadi, sebaiknya jangan panik. Karena anda dapat meredakannya dengan menjalankan head cleaning. Lakukan hal ini secara berkala, hingga udara dalam selang benar-benar hilang. Jika udara telah hilang, maka proses pencetakan dapat dilakukan kembali.

Itulah beberapa cara perawatan yang harus dilakukan jika menggunakan printer tinta infus. Bila terdapat kendala pada printer, sebaiknya hubungi Canon Printer Drivers. Karena segala masalah printer dapat terselesaikan dengan cepat dan biaya yang dikenankan sangat murah.

www.pexels.com

Keuntungan Menggunakan Printer Tinta Infus

Saat menentukan printer infus sebagai pilihan, anda harus mengetahui beberapa keuntungan penggunaannya. Adapun beberapa keuntungannya, dapat anda ketahui setelah membaca informasi ini

  1. Isi Ulang Lebih Mudah

Hal yang membedakan infus tinta dengan pengisian tinta manual adalah kemudahan pengisian tinta. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah karena tinta hanya perlu dituangkan pada botol-botol infus yang tersedia. Sedangkan pengisian lainnya dilakukan dengan melakukan penyuntikkan pada catridge, yang jika salah dapat menyebabkan kerusakan.

  1. Tinta Lebih Hemat

Jika dihitung-hitung, harga tinta saat ini tergolong sangat mahal. Terlebih lagi, tinta yang memiliki kualitas terbaik tentu akan lebih mahal. Namun anda tidak perlu khawatir dengan tinta infus, karena penggunaan tinta akan lebih hemat. Karena resiko terjadinya tumpah saat pengisian ulang sangat minim terjadi.

  1. Mencetak Lebih Banyak

Berbeda dengan tinta manual, penggunaan printer infus dapat lebih nyaman digunakan. Bahkan dapat digunakan dengan lebih banyak, karena setiap pengisian tinta infus dapat digunakan untuk beratus lembar kertas sekaligus. Namun saat melakukan pencetakan, harus berhati-hati dan memperhatikan jeda. Tujuannya, agar printer dapat bertahan dalam waktu lama.

  1. Tidak Harus Membongkar Catridge

Jika menggunakan printer tinta manual, pengisian tinta harus dilakukan dengan rumit. Di mana, anda harus melakukan pembukaan pada catridge dan melakukan penyuntikkan. Namun dengan infus tinta, tidak perlu melakukan pembongkaran pada catridge. Karena semua proses pengisian tinta dapat dilakukan diluar printer.

  1. Meminimalisir Kerusakan Cartridge

Saat melakukan penyuntikkan pada cartridge anda harus membuka dan kembali menutupnya. Namun saat menggunakan infus suntik, hal ini tidak perlu dilakukan. Karena semua proses dilakukan diluar printer. Hal inilah yang membantu agar cartridge tidak cepat rusak dan awet saat digunakan.

Itulah beberapa cara perawatan printer tinta infus dan keuntungan saat menggunakannya. Tertarik menggunakan tinta infus? Segera datangi toko printer terdekat dan minta bantuan untuk memasangkan layanan pada printer.

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *