Umum

Pohon Sirsak

 

Pohon Sirsak merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia, sirsak banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia karena rasanya yang cocok di lidah masyarakat Indonesia. Selain disebut sirsak biasanya dikenal juga dengan nama nangka Belanda atau durian Belanda. Tanaman ini sendiri awalnya berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah yang kemudian menyebar luas ke daratan Indonesia sampai saat ini.

Pohon sirsak baik ditanam diarea tanah yang memiliki kadar air yang cukup. Tinggi pohon sirsak sendiri bisa mencapai sembilan meter atau bahkan lebih. Di dataran Indonesia pohon sirsak dapat tumbuh secara baik pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Buah sirsak biasa di bandingkan atau disamakan dengan buah nangka atau buah durian, itu karena kulit buah sirsak memiliki duri yang cukup lembut seperti duri buah nangka namun tidak serapat duri di buah nangka dan tidak setajam duri di buah durian. Dengan warna kulit buah yang hijau dan ujung duri yang biasanya berwarna kehitaman, namun biasanya saat sudah matang warna hijau pada kulit buah sirsak berwarna sedikit kekuningan dengan tekstur buah yang sedikit empuk menandakan bahwa buah tersebut telah matang.

Biji dari buah sirsak berwarna hitam dengan ukuran kecil, dengan daging buah sirsak yang berwarna putih dengan rasa manis asam, sehingga buah sirsak banyak diolah menjadi jus dan minuman penyegar lainnya. Keberadaan pohon sirsak di Indonesia tidak bisa terlepas dari adanya penjajah yang membawa masuk bibit pohon sirsak tersebut ke Indonesia. pohon yang akhirnya banyak tumbuh di Indonesia ini menjadi bahan olahan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, hal ini dapat dilihat dari banyaknya beredar olahan dari buah sirsak di pasaran Indonesia, dari mulai jus sirsak yang sudah menjadi minuman biasa di Indonesia, kemudian ada yang diolah menjadi minuman kemasan rasa sirsak, dan olahan yang belum banyak orang mengenailnya ialah dodol sirsak, karena biasanya dodol dibuat dari buah labu atau durian, namun kali ini sirsak juga tak ingin kalah bersaing. Selain rasa dari dodol sirsak ini bisa bersaing dengan dodol lainya, bahan baku yang mudah didapat membuat harga dodol sirsak relatif lebih murah daripada dodol durian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *