Umum

Pohon Pinang

 

 

Kita tentu sudah pernah mendengar istilah bagai pinang dibelah dua. Namun, apakah kita tahu apa sebenarnya pohon pinang itu? Pinang yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Betel palm ini ialah salah satu jenis tumbuhan palem-paleman. Pinang masuk famili Arecaceae dan ordo Arecales. Pohon ini memiliki nilai ekonomi tinggi serta potensi tinggi pula.

 

Batangnya lurus serta ramping dengan banyak manfaat, terutama sebagai tanaman obat. Pinang biasa digunakan untuk diekspor ke negara-negara Asia Selatan. Sementara di beberapa daerah di Kalimantan serta Sumatera, pinang sering dimanfaatkan pada acara seremonial seperti upacara adat dengan cara mengolahnya menjadi ramuan sirih pinang.

 

Kemajuan dalam bidang ilmu teknologi membuat pinang dimanfaatkan juga untuk keperluan industri serta farmasi. Salah satu contohnya adalh pinang yang diolah menjadi permen di India serta China. Pertumbuhan tanaman ini sendiri ditemukan di daerah Pasifik, Asia serta Afrika timur. Buah pinang seringkali diperdagangkan sebagai salah satu komoditas.

 

Pohon pinang bisa mencapai ketinggian 25 meter dan diamter 15 cm, bahkan ada juga yang ukurannya lebih besar lagi. Tajuknya tidak rimbun dan pelepah daunnya berbentuk tabung sepanjang 80 cm. Tangkai daunnya pendek dengan helaian sepanjang 80 cm serta ujung daun bergerigi. Tongkol bunganya panjang serta mudah rontok dan muncul di bawah daun.

 

Bunga jantan memiliki panjang 4 mm  dan berwarna putih kuning dengan 6 buah benang sari. Sementara bunga betinanya memiliki panjang 1.5 cm dengan warna hijau serta bakal buah beruang 1. Buahnya berbentuk telur terbalik memanjang, berwarna merah oranye dan memiliki panjang antara 3.5 hingga 7 cm. Di Jawa, pohon pinang biasa tumbuh di ketinggian 1400 mdpl.

 

Karena nilainya yang tinggi serta telah semakin sering dimanfaatkan sebagai obat-obatan, banyak orang yang kemudian menanam pohon pinang ini. Terutama sekali mereka yang tinggal di daerah pedesaan dan masih memiliki banyak ruang terbuka untuk bercocok tanam. Nyaris seluruh bagian dari pohon ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan serta kecantikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *