Umum

Pohon Kolang kaling Dan Manfaatnya bagi Lingkungan

 

Salah satu kegemaran masyrakat Indonesia adalah kuliner. Kuliner banyak sekali jenisnya. Mulai dari minuman, makanan hingga snack – snack yang dapat dinikmati oleh banyak orang. Hal tersebut tentu tidak lepas dari sumber – sumber bahan makanan tesebut. Salah satu bahan makanan  yang cukup terkenal adalah kolang kaling. Makanan ini terkenal karena selalu di jadikan sebagai campuran dalam es buah maupun es – es lainnya. Buah kolang kaling termasuk buah yang sangat banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Penjualan buah kolang kaling akan sangat meningkat pada waktu bulan – bulan suci romadhon tiba. Banyak orang yang sengaja membeli buah tersebut sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa.

Budidaya Kolang – Kaling

Banyak para pengusaha yang mulai membudi dayakan tanaman satu ini. Kolang kaling bisa menjadi salah salah satu komoditi besar jika ditangani dengan baik. Kolang kaling memiliki mangsa pasar yang sangat besar di banyak lapisan masyarakat Indonesia. Hal tersebut tentu juga akan berdampak pada omset penjualan dari buah tersebut. Membudi dayakan tanaman ini tentu akan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi pemiliknya. Kolang kaling tidak hanya bisa dipetik sekali saja akan tetapi dapat terus di panen sampai pohon yang kolang – kaling tersebut mati dan tidak dapat berbuah lagi. Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan karena laba yang dihasilkan akan terus berkembang.

Selain itu budidaya kolang kaling juga memiliki efek yang bagus untuk lingkungan .  hamper semua hal yang terdapat pada pohon aren dapat dimanfaatkan. Sama seperti kelapa kolang kaling adalah buah yang dihasilkan dari pohon aren. Pohon aren dapat diambil buah dan juga niranya. Hasil kayu pohon aren juga sudah tidak perlu lagi diragukan kualitasntya. Daun – daun yang terdapat pada pohon aren juga berguna. Terlebih buah yang dihasilkan tebtu akan membawa keuntungan yang berkepanjangan padapemilikinya. Memiliki pohon aren yang menghasilkan kolang kaling sma dengan berinvestasi terhadap suatu keragaman hayati tertentu yang dapat dikelola hingga mwnghasilkan untung maksimal dengan dana yang minimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *