Islam

Peranan Orang Tua di Dalam Pendidikan Anak

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa orang tua memiliki peranan yang sangat besar di dalam tumbuh kembang anak-anaknya. Orang tua yang bertanggung jawab akan memberikan pendidikan terbaik bagi putera dan puterinya demi masa depan anak yang cerah. Dengan pendidikan yang baik, anak-anak nantinya akan menjadi yang matang dan dewasa. Ketika anak telah dewasa, mereka dapat memutuskan hal-hal yang dianggap benar dan menguntungkan. Karena peranan orang tua yang sangat penting bagi pendidikan anak, para orang tua memiliki pertimbangannya sendiri di dalam memberikan dan memilih pendidikan yang tepat bagi anak-anaknya.

Sebagai orang tua, Anda harus memberikan perhatian ekstra mengenai pendidikan yang akan diberikan kepada buah hati. Sebagai penyokong pendidikan bagi anak, Anda harus harus terlibat secara langsung di dalam memberikan pendidikan dan arahan kepada buah hati. Anda tidak boleh mengabaikan dan hanya menyerahkan pendidikan kepada seorang guru di sekolah. Guna memiliki peran langsung di dalam memberikan pendidikan kepada anak, Anda dapat memberikan pengasuhan di rumah mengenai pendidikan yang tidak diperoleh anak ketika berada di sekolah. Menilik pendidikan di masa lalu, Ki Hajar Dewantara menekankan konsep pendidikan dengan basis keluarga untuk semua tingkat pendidikan. Dari konsep yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara, Anda dapat menarik kesimpulan bahwa keluarga merupakan pusat pendidikan bagi seorang anak. Pendidikan buah hati merupakan tanggung jawab orang tua dan tidak akan tergantikan dengan lembaga pendidikan lainnya.

pexels.com

Menentukan Pilihan Pendidikan Anak Usia Dini

Sebagai pusat pendidikan bagi anak di dalam keluarga, sebagai orang tua Anda memiliki andil yang besar untuk menentukan jenis pendidikan yang layak untuk diikuti oleh buah hati. Salah satu peranan Anda sebagai orang tua yang bertanggung jawab atas pendidikan anak adalah dengan memilih lembaga pendidik anak usia dini. Ketika memilih lembaga pendidikan bagi anak usia dini, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang penting. Dengan hal-hal tersebut, Anda nantinya akan memberikan pendidikan yang tepat guna masa depan buah hati yang cemerlang. Berikut ini merupakan beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan ketika memilih lembaga pendidikan untuk anak usia dini:

  1. Keterlibatan tenaga pendidik yang piawai dan cakap di dalam memberikan pendidikan

Baik tidaknya suatu lembaga pendidikan dapat dilihat dari tenaga pendidik yang ada di dalamnya. Tenaga pendidik merupakan ujung tombak yang dapat menentukan keberhasilan seorang anak di dalam masa belajarnya. Tidak hanya memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai, seorang tenaga pendidik yang baik harus piawai dalam memberikan rasa nyaman bagi anak ketika belajar di dalam ruangan. Seorang guru yang baik juga harus cakap dalam menilai anak sehingga ia dapat mengetahui kebutuhan seperti apa yang harus dipenuhi oleh seorang anak demi melahirkan anak yang berhasil. Sebagai orang tua, Anda dapat berkomunikasi dengan guru untuk berbagi informasi akan kendala yang harus dilalui anak.

  1. Lingkungan sekolah

Lingkungan sekolah yang baik seharusnya memiliki sarana yang memadai. Dengan sarana yang ada di sekolah, anak-anak akan berkembang dengan baik akibat adanya sarana dan prasarana yang mendukung.

  1. Filosofi sekolah

Setiap sekolah pada dasarnya memiliki filosofi yang membangun. Meskipun tidak kasat mata, filosofi sekolah menjadi elemen yang harus Anda perhatikan dengan baik. Dari filosofi tersebut, Anda akan mengetahui bagaimana budaya sekolah di dalam memberikan pendidikan bagi buah hati Anda.

  1. Penggunaan kurikulum

Pendidikan anak usia dini harus didasari dengan kurikulum yang tepat. Dengan kurikulum yang sesuai, proses belajar Anda dapat berlangsung dengan baik.

pexels.com

Mendidik Anak Secara Islami

Islam merupakan agama yang memberikan arahan bagi manusia di segala bidang. Salah satu bidang yang diajarkan oleh agama adalah pendidikan anak. Islam memberikan pegangan bagi pemeluknya untuk memberikan pendidikan bagi anak dengan tepat. Sebagai orang tua, Anda tentunya tidak akan mengabaikan ajaran agama Islam untuk pendidikan buah hati Anda bukan. Tidak hanya memberikan pegangan akan pendidikan untuk anak, Islam telah menuntun pemeluknya untuk memberikan hal-hal terbaik ketika anak tersebut dilahirkan. Mulai dari keberadaan doa kelahiran anak, cara mengajarkan anak untuk hidup dengan baik hingga arahan di dalam memberikan pendidikan. Mendidik anak secara islami harus sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh Allah SWT. Anjuran Allh SWT untuk memberikan pendidikan bagi buah hati tertulis jelas di dalam Al Quran. Tidak hanya berisikan anjuran akan kewajiban seorang anak kepada orang tuanya, Al Quran juga menjelaskan kewajiban para orang tua kepada buah hatinya. Di dalam Al Quran sendiri, anak-anak memiliki kedudukan yang berarti. Untuk mengetahui dengan lebih jelas akan kedudukan anak secara islami, berikut pandangan Islam mengenai anak yang harus Anda ketahui:

  1. Anak merupakan amanah bagi para orang tua

Anak-anak sejatinya bukanlah milik para orang tuanya melainkan titipan yang diberikan oleh Allah SWT. Menjadi titipan Allah SWT, sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk memberikan hal-hal yang baik dan mendidik buah hati menurut ajaran yang telah diperintahkan-Nya. Menjadi kesalahan bagi Anda jika Anda mendidik anak tanpa adanya ajaran Islam di dalamnya.

  1. Anak merupakan generasi penerus

Menurut agama Islam, anak merupakan generasi penerus dan masa depan para orang tua. Di masa depan, anak-anak akan menjadi pengaman masa depan dan sudah menjadi kewajiban Anda untuk memberikan pendidikan yang tepat agar anak-anak dapat menjadi generasi yang tangguh.

pexels.com
  1. Anak merupakan tabungan amal orang tua di akhirat

Selain amal di dunia, ilmu yang bermanfaat dan amal jariah, tabungan tua di akhirat adalah doa anak saleh. Untuk memiliki anak yang saleh, Anda tentunya harus mendidik anak dengan baik dna sesuai dengan ajaran agama Islam.

  1. Anak merupakan perhiasan dan penghiburan orang tua

Dilihat dari kedudukan anak menurut Al Quran di atas, sebagai orang tua Anda memiliki kewajiban di dalam memberikan pendidikan anak. Ada tiga jenis kewajiban yang harus And lakukan untuk memberikan pendidikan untuk anak menurut Islam, diantaranya:

  1. Mengenalkan dasar hubungan yang harmonis dengan Allah SWT

Anda harus mengenalkan siapa Allah SWT kepada anak-anak dan memberikan arahan untuk wajib mengikuti segala perintah-Nya. Dengan ketaatan kepada Allah, hidup akan menjadi bahagia. Dengan arahan ini, Anda tidak hanya memberikan arahan untuk taat kepada Allah tetapi memberikan pola asuh akan pendidikan yang tepat.

  1. Mengarahkan hubungan yang harmonis dengan orang sekitar

Pola tingkah laku anak akan terbentuk sesuai dengan keadaan lingkungannya. Agar anak memiliki tingkah laku yang baik, Anda harus mengarahkan hubungan yang harmonis dengan orang-orang sekitar. Anak-anak akan lebih memahami bagaimana cara untuk berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana cara untuk menghormati orang-orang yang ada di sekitarnya.

  1. Memberikan dasar kuat untuk menghadapi masa depan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *