wisata

Pemandangan Alam Pantai Terindah di Indonesia

Berlibur ke pantai bisa jadi pilihan tepat dalam menghabiskan akhir pekan bersama keluarga ataupun teman-teman. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena ternyata Indonesia menyimpan aneka pemandangan alam pantai yang luar biasa indah. Beberapa di antaranya bahkan sudah terkenal hingga ke telinga wisatawan luar negeri. Berikut penjelasannya.

 

  1. Pantai Pink, Pulau Komodo

Selama ini pasti kita lebih familiar dengan pasir pantai berwarna putih. Namun di Pantai Pink, persis seperti namanya, pasir pantainya berwarna pink alias merah muda. Warna pink ini berasal dari serpihan karang merah muda yang tercampur pasir pantai putih. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sini, mulai dari berenang, snorkelling hingga diving.

 

Daya tarik utama Pulau Komodo tentu adalah bertemu langsung dengan kadal raksasa yang nyaris punah yaitu komodo. Untuk bisa menjelajah pulau dan menyaksikan komodo dari jarak dekat, kita harus ditemani seorang ranger. Ini akan jadi pengalaman tak terlupakan yang tidak bisa ditemukan di pantai lain.

unsplash.com
  1. Tomini Bay, Sulawesi

Tomini Bay ada di Sulawesi Utara dan tidak jauh dari garis ekuator sehingga aktivitas utama yang dapat dilakukan di sini adalah berjemur. Di pagi hari, kita akan dapat menikmati keindahan matahari terbit serta menyapa nelayan yang baru pulang berlayar. Kegiatan lain di pantai Tomini ialah diving melihat langsung keragaman biota laut serta wisata kuliner di sekitar pantai.

 

  1. Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai satu ini telah masuk dalam urutan CNN World’s 100 Best Beaches in the World. Pasirnya putih dan air lautnya super jernih. Wisatawan akan dimanjakan pula dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik. Di sini kita juga dapat menemukan Nihiwatu Resort sebagai tempat istirahat.

 

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Nihiwatu. Di antaranya adalah berenang, selancar, diving atau sekedar berjalan-jalan di tepi pantai menikmati pemandangan matahari terbenam. Kita juga bisa bergabung dengan penduduk lokal guna menangkap kepiting serta gurita. Pantai dapat dicapai menggunakan pesawat terbang kira-kira 1 jam lamanya dari Bali.

 

  1. Pantai Pandawa, Bali

Bali memang menyimpan sejuta pesona pantai yang foto-fotonya mudah ditemukan di situs free HD images. Salah satunya adalah Pantai Pandawa. Pantai ini sendiri sering mendapat julukan The Secret Beach karena lokasinya yang cukup tersembunyi. Letaknya ada di Desa Kutuh dan berada di balik tebing tinggi serta semak-semak.

 

Jalan menuju pantai cukup sulit diakses. Pasirnya tampak seputih salju dan air lautnya sangat jernih. Kegiatan yang paling populer di sini adalah olahraga air seperti paralayang serta kano. Kita juga bisa berenang di air lautnya yang sangat jernih. Apabila kita datang berkunjung di bulan Maret, kita akan dapat menikmati parade budaya dari para penganut Hindu dan Buddha.

unsplash.com
  1. Pantai Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan telah dilengkapi fasilitas akomodasi baik sehingga pantainya menjadi salah satu favorit wisatawan. Di sini, kita akan dapat berenang bersama gerombolan penyu pada perairan yang menyegarkan serta jernih. Selain penyu, biota laut lain yang dapat dengan mudah ditemukan di sini adalahikan pari atau manta.

 

  1. Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air di Lombok

Pemandangan alam pantai terindah selanjutnya di Indonesia bisa kita nikmati di tiga gili terpopuler di Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Meno serta Gili Air. Ciri khas dari ketiganya adalah pantai dengan pasir putih, koral karang tropis yang sangat indah serta air biru jernih. Gili Trawangan menawarkan spot diving spektakuler yang banyak disukai turis lokal maupun asing.

 

  1. Pantai Ora, Maluku Tengah

Pantai Ora dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi yang berada di Maluku Tengah. Keindahannya bahkan seringkali disandingkan dengan Pantai Bora-bora di Samudera Pasifik atau Pantai Boracay di Filipina. Di sini kita bisa temukan Ora Beach Resort dengan 6 cottage. Pesona pantainya terletak pada air laut yang jernih.

pxhere.com
  1. Pantai Sawarna, Banten

Pantai Sawarna memiliki keindahan pemandangan deretan pohon kelapa serta air laut jernih di Samudera Hindia. Pantai ini sendiri terletak di Desa Wisata Sawarna. Ombaknya cocok digunakan sebagai lokasi surfing. Bahkan, banyak peselancar luar negeri yang telah mencicipi ombak Pantai Sawarna.

 

  1. Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Keindahan Pulau Belitung mungkin telah kita lihat di film Laskar Pelangi. Walau sebenarnya pulau ini terkenal akan produksi lada putih serta pertambangan mineral jenis C, namun keindahan pantainya memang tak perlu diragukan lagi. Pantai di sini memiliki ciri khas batu granit besar serta pasir lembut dan air biru jernih.

 

  1. Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

Pantai selanjutnya yang sering kita temukan di situs free HD images karena keindahannya adalah Tanjung Bira di Sulawesi Selatan. Pantai ini terkenal akan pasirnya yang seputih tepung. Kita bisa mencapainya dengan berperjalanan dari Makassar selama 5 jam melewati Tanahberu serta dermaga Phinisi.

 

Itulah 10 pantai dengan pemandangan terindah yang bisa kita temukan di negara sendiri, Indonesia. Keindahan pantai-pantai tersebut bahkan telah sampai ke telinga wisatawan asing sehingga turis-turis yang datang mengunjunginya tak sekedar warga lokal. Kita bisa turut meramaikan lokasi wisata tersebut dengan mendatanginya pada akhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *