wisata

Aktivitas Seru yang bisa Dilakukan di Pantai di Pulau Sikuai

Wilayah Kota Padang memiliki 19 pulau salah satunya adalah Pulau Sikuai. Pulau ini terkenal dengan hamparan pasir putihnya dan pepohonan kelapa yang berderet  di pinggi pantai. Daya tarik lainnya adalah udara sejuk, indahnya ikan dan terumbu karang, serta lezatnya kuliner khas Padang. Semua ini bisa dinikmati di pulau yang dengan luas kurang lebih 40 hektar ini. Pulau yang terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung ini menjadi salah satu objek wisata laut unggulan Kota Padang.

Sejak dibuka pada tahun 1994, Pulai Sikuai selalu dikembangkan oleh pemerintah sehingga kian hari tempat ini semakin nyaman dengan fasilitas penunjang yang semakin lengkap.Tak heran jika Luarkota.com sangat merekomendasikan tempat ini bagi terutama bagi penggemar wisata bahari. Berikut adalah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan tatkala mengunjungi pantai di Pulai Sikuai.

Menikmati Pesona Alam Bawah Laut

Pulau Sikuai tersohor akan keindahan alam bawah lautnya. Ratusan jenis ikan dan terumbu karang hidup di dalamnya. Wisatawan bisa menikmati itu semua dengan cara snorkeling dan diving. Di sekitar pantai banyak terdapat penyewaan peralatan snorkeling dan penyelam dengan harga murah. Tak bisa berenang? Jangan khawatir karena ada pemandu yang siap memberikan tips dan mengawasi Anda ketika melakukan kegiatan snorkeling. Namun untuk diving, tak semua orang bisa melakukannya. Diving membutuhkan skill khusus. Jika tidak bisa berenang, sebaiknya Anda mecoba snorkeling saja.

pxhere.com

Anda akan dibawa ke tengah lautan menggunakan speedboat. Ada beberapa spot yang digunakan sebagai aktivitas snorkeling. Anda akan dibuat takjub dengan indahnya alam bawah laut pulau Sikuai. Segala macam biota laut hidup di sana. Semua itu terlihat dengan jelas karena ombak di laut Sikuai memang tidak besar sehingga tidak menyebabkan airnya keruh. Kelestarian alam bawah laut ini senantiasa terjaga sehingga keindahannya pun bisa jelas terlihat. Mungkin ini juga merupakan efek dari masih jarangnya wisatawan yang datang ke pulau ini.

Menikmati Sunset dari Puncak Bukit

Daya tarik lain dari pulau Sikuai adalah sunsetnya yang menawan. Ada beberapa tempat untuk hunting sunset termasuk dari pinggir pantai. Tetapi sunset yang paling bagus terlihat di atas puncak bukit yang berada dekat dengan pantai. Untuk mencapai lokasi spot sunset ini, hanya dibutuhkan waktu tak lebih dari 30 menit saja. Walaupun bukit tersebut cukup tinggi dan curam, Anda bisa menaikinya dengan mudah karena sudah dibangung ratusan anak tangga untuk mencapai puncak bukit. Puncak bukit ini cukup luas sehingga Anda tidak perlu khawatir akan berebut tempat dengan wisatawan lain.

Sebaiknya Anda mulai naik sekitar pukul 4 sore sehingga Anda bisa menikmati proses tenggelamnya matahari dari awal hingga akhir. Jangan lupa untuk membawa kamera dengan kualitas bagus sehingga momen sunset ini bisa terabadikan. Saat turun dari bukit, Anda tak perlu terburu-buru karena takut gelap. Di sekitar anak tangga sudah terpasang beberapa lampu yang menerangi perjalanan turun bukit. Pemerintah memang selalu berusaha memperbaiki dan menambah fasilitas wisata di Pulau Sikuai. Tujuannya agar semakin banyak wisatawan yang datang untuk berwisata dan menghabiskan wakt di pulai ini.

pxhere.com

Bermalam di Resort Mewah

Wisatawan yang mempunyai budget lebih dapat mencoba menginap di New Sikuai Island Resort yang merupakan satu-satunya resort di kawasan Pulau Sikuai. Resort ini mempunyai fasilitas hotel bintang 5. Harganya memang tidak murah tetapi pengalaman dan kenyamanan yang didapat setara dengan harga yang harus dibayar. Resort ini memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga. Jika Anda datang dari luar pulau dan membawa anak-anak, bermalam di resort ini sangat disarankan. Anda bisa melepas lelah akibat dari perjalanan yang panjang dengan berbagai fasilitas yang tersedia.

Selain resort tersebut, masih ada hotel, losmen, atau penginapan dengan harga yang lebih murah. Penginapan-penginapan tersebut tersebal di pulai seluas lebih dari 40 hektar ini. Anda tinggal memilih tempat yang Anda suka dan menyewanya. Sebaiknya Anda memilih hotel yang terletak di pinggir pantai sehingga bisa langsung menikmati keindahan pantai dari jarak dekat.

pxhere.com

Mencicipi Kuliner Lezat

Sebagai objek wisata bahari unggulan, Pulau Sikuai dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Salah satunya adalah restoran dan warung makan. Kebanyakan menu yang disajikan adalah seafood yang langsung ditangkap dari laut Sikuai. Karena itu, Anda tidak perlu meragukan kesegaran seafood yang Anda makan. Berbagai macam olahan seafood seperti ikan bakar, udang goreng tepung,cumi-cumi  saus tiram, lobster, kepiting rebus, dan macam masakan sedap lainnya dapat dinikmati setiap hari.

Selain sajian seafood, banyak juga tempat makan yang menjual makanan khas Padang seperti ikan balado, dendeng batokok, soto Padang dan tak ketinggalan kerupuk sanjai yang terkenal itu. Apapun makanannya, sepertinya tak lengkap jika Anda tidak memesan es kelapa muda. Pulau Sikuai adalah rumah bagi ratusan pohon kelapa. Tentunya sangat mudah untuk mencari penjual yang menjual es kelapa muda. Anda bisa memesannya dan menikmatinya di pinggir pantai. Menikmati pantai sambil menyeruput segarnya es kelapa muda akan memberikan kebahagiaan tersendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *