wisata

Oleh – Oleh Khas Jogja Incaran Wisatawan

Berwisata ke beberapa wilayah yang ada di Indonesia memang mampu membuat hati menjadi lebih gembira. Salah satu cara menghilangkan stres dan capek adalah dengan menikmati berbagai hal yang menyenangkan. Salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh orang adalah berwisata di beberapa tempat yang belum pernah dikunjungi. Mungkin sebelumnya anda telah menjadi salah satu orang yang menyukai kegiatan berwisata, kegiatan ini bisa anda lakukan ketika anda mempunyai waktu luang. Hal yang menyenangkan dari wisata yang sering dilakukan oleh orang adalah berburu oleh – oleh.

Buah tangan ini memang menjadi salah satu barang yang pasti dicari oleh wisatawan untuk dibawa pulang ke tempat asalnya. Indonesia sendiri mempunyai tempat – tempat menarik untuk dikunjungi dan bahkan setiap tempat mempunyai ciri khasnya masing – masing dalam bentuk buah tangannya.

Salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia maupun di seluruh negara yang ada di dunia tertarik untuk datang ke Jogja. Jogja menjadi salah satu wilayah yang ada di DIY yang mana menyimpan sejuta keindahan wisata yang bisa dikunjungi. Bagi anda yang sedang ingin berkunjung ke Jogja anda bisa menikmati beberapa tempat wisata seperti yang akan dipaparkan di bawah ini.

pexels.com

Wisata Jogja

Jogja semakin banyak dikenal oleh beberapa wisatawan karena ada banyak tempat kreasi yang asik untuk dikunjungi. Selain mempunyai banyak tempat wisata yang menarik, beberapa makanan yang ditawarkan oleh Jogja juga terbilang bervariasi. Ada banyak menu makanan yang bisa anda dapatkan di Jogja dengan rasa yang sangat enak. Sebelum membahas mengenai menu makanan tersebut inilah beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Jogja.

  1. Candi Prambanan

Tempat yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, hampir semua orang dari berbagai belahan dunia ingin mengunjungi tempat ini. Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi peninggalan bersejarah yang masih utuh hingga saat ini. Bagi anda yang sedang ada di Jogja anda wajib untuk berkunjung di tempat ini, anda bisa melihat bangunan candi yang sangat cantik dengan sejarahnya yang masih kental.

  1. Pantai Parangtritis

Indonesia memang dikenal dengan negara kepulauan maka tidaklah heran jika ada banyak pantai – pantai di Indonesia yang asik untuk dikunjungi. Jika ada sedang di Jogja maka pantai yang bisa anda kunjungi ialah pantai Parangtritis. Pantai ini memang sangat terkenal, ada banyak cerita mistis yang dihadirkan oleh pantai ini sehingga menjadikan pantai ini terkenal di kalangan wisatawan. Selain menyimpan misteri pantai ini juga menawarkan keindahan seperti terbenamnya matahari, anda bisa menikmati keindahan pemandangan sunset. Harga tiket masuk di pantai Parangtritis ini terbilang terjangkau dan anda bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan di tempat tersebut.

  1. Jalan Malioboro

Jalan Jogja yang satu ini memang menyimpan keindahan yang sangat luar biasa. Pasalnya disepanjang jalan ini anda bisa menemukan banyak penjual – penjual berbagi oleh – oleh khas Jogja. Tidak hanya menyediakan berbagai pernak – pernaik, disepanjang jalan ini anda bisa menemukan berbagai menu makanan yang sayang untuk dilewatkan. Sepanjang jalan Malioboro inilah biasanya menjadi pusat kumpulnya para wisatawan dari barbagai wilayah yang ada di dunia. Ketika anda berwisata di tempat ini anda bisa menemukan orang – orang dari seluruh dunia, sehingga bagaikan kota luar negeri yang ada di Indonesia.

  1. Keraton Yogyakarta

Salah satu bangunan atau tempat yang memang menjadi incaran wisatawan diseluruh dunia adalah Keraton Yogyakarta. Kraton ini memang dikenal sangat kental dengan budaya Jawa yang mana bangunannya masih terlihat seperti masa lampau ketika melihat bangunan ini maka anda bisa merasakan kentalnya suasana Jogja. Ketika anda mampir di tempat ini anda bisa mengabadikan foto anda di tempat tersebut.

pexels.com

Makanan Khas Jogja

Setelah membahas berbagai tempat yang bisa anda kunjungi di Jogja, sekarang anda bisa mendapatkan informasi mengenai makanan yang khas di Jogja. Setiap tempat memang menyediakan makanan khasnya masing – masing yang mana tidak bisa anda temukan di tempat yang lain. Inilah beberapa makanan khas yang dimiliki oleh Jogja yang sayang untuk anda lewatkan.

  1. Gudeg

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Jogja yang satu ini, Gudeg memang menjadi salah satu makanan yang banyak dicari oleh para wisatawan. Makanan yang satu ini pada dasarnya merupakan makanan dari nangka. Makanan ini terkenal dengan rasanya yang manis, yang dibedakan menjadi dua yakni gudeg basah dan kering. Kedua gudeg ini sama halnya mempunyai rasa yang manis dan enak namun perbedaannya hanya terletak pada bagian kentalnya santan. Menyantap makanan ini akan lebih nikmat ketika ditambahkan dengan nasi atau dengan lauk yang lainnya, ketik anda di Jogja anda bisa mencoba sendiri merasakan kenikmatan dari makanan ini.

  1. Bakmi Jawa Goreng

Mungkin anda bisa menemukan makanan ini di berbagai wilayah yang ada di Indonesia, pasalnya mie memang bukanlah makanan yang terbilang spesial. Namun bagi anda yang sedang ada di Jogja anda jangan sampai kelewatan mencicipi bakmi goreng jawa ini. Bakmi ini mempunyai komposisi sayuran yang membuat bakmi menjadi lebih nikmat untuk disantap. Sesuai dengan namanya bakmi jawa ini hanya bisa anda tumkan di Jawa, selain itu rasa yang ditawarkan memang mempunyai rasa khasnya sendiri.

  1. Sego Kucing

Pernah makan sego kucing? Sego kucing merupakan makanan yang dibungkus dengan ukuran yang terbilang kecil. Namun dengan porsinya yang kecil tersebut mampu membuat para pembemblinya membeli lebih dari satu bungkus. Sego kucing ini bisa anda temukan di beberapa tempat yang ada di Jogja, rasanya yang enak dan ada banyak pilihan menu makanan tersebut yang membuat banyak orang mampir di tempat ini. Biasanya sego kucing ini bisa anda temukan di angkringan. Angkringan ini tidak hanya menyediakan sego kucing saja melainkan anda bisa menemukan berbagai menu makanan dan minuman.

  1. Jadah Tempe

Makanan yang sederhana satu ini memang sangat terkenal dikalangan para wisatawan. Anda bisa menemukan rasa yang sangat luar biasa ketika mencoba makanan ini. Tidak semua wilayah yang ada di Indonesia menyediakan makanan ini, anda bisa mencobanya ketika anda di Jogja. Jadah dan tempe ini mempunyai rasa yang gurih dan mempunyai rasa yang manis, itulah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Itulah berbagai makanan yang ada di Jogja yang terbilang sangat khas. Selain makanan yang telah dipaparkan di atas masih ada banyak makanan khas lainnya yang ada di Jogja yang sangat sayang untuk anda lewatkan ketika anda berada di Jogja. Selain menikmati keindahan tempat wisata yang ada di Jogja dan makanan khasnya, anda masih bisa mencoba beberapa oleh – oleh yang ada di Jogja.

Buah tangan memang menjadi barang yang banyak diburu oleh para wisatawan. Buah tangan ini biasanya dibawa pulang oleh para wisatawan untu orang – orang yang belum sempat bisa datang ke Jogja. Jogja mempunyai banyak buah tangan yang bisa anda beli, simaklah beberapa informasi terkait dengan buah tangan yang bisa anda dapatkan di Jogja.

pexels.com

Oleh – Oleh Asli Jogja

Ada banyak sekali buah tangan dari Jogja yang bisa anda bawa pulang. Inilah beberapa macam buah tangan yang bisa anda beli.

  1. Kain Batik

Batik merupakan salah satu khas asli Jogja yang mana merupakan gambaran berbagai motif pada kain. Batik sebenarnya tidak hanya berasal dari Jogja saja melainkan hampir ada di beberapa wilayah di Indonesia mempunyai batik khasnya masing – masing. Jogja menjadi salah satu wilayah yang menghasilkan kain batik dengan tampilan yang sangat menarik, ada banyak motif dengan maknanya sendiri – sendiri. Ketika anda membeli kain batik ini anda akan dijelaskan mengenai motif yang ada di setiap gambaran motif tersebut.

Bagi anda yang ingin membeli kain batik ini anda bisa menemukannya dengan berbagai bentuk seperti berbentuk baju dan selembaran kain. Ada banyak pilihan mulai dari ukuran, warna, motif, dan bentuknya. Tentu saja kain batik ini memang menjadi incaran beberapa orang yang ada di manca dunia. Harga dari baju batik ini terbilang sangat terjangkau, walaupun memang mempunyai harga yang mahal, namun jika dilihat dari hasilnya sendiri memang cukup menarik sehingga tetap banyak dicari oleh wisatawan.

  1. Bakpia

Tidak hanya berupa barang saja anda juga bisa membeli untuk buah tangan, anda juga bisa membeli buah tangan seperti makanan bakpia. Bakpia ini mempunyai rasa yang sangat enak, makanan ini memang menjadi salah satu makanan yang banyak anda temukan di Jogja. Harga yang dimiliki oleh makanan ini juga terjangkau, anda bisa membeli makanan ini dengan jumlah yang cukup banyak dengan harganya yang murah. Bakpia ini juga mempunyai rasa yang berbeda – beda, anda bisa membeli bakpia dengan rasa yang anda sukai. Bakpia ini mempunyai tampilan yang menarik dengan bentuknya yang buat, jika anda ingin membeli bakpia ini anda bisa mendapatkannya dengan kemasan yang rapi.

  1. Yangko

Siapa tidak kenal dengan makanan Yangko ini ? Yangko adalah salah satu makanan yang bisa anda bawa pulang. Yangko merupakan makanan dari ketan dengan tampilan yang menarik. Anda bisa menemukan warna makanan yang menarik, rasanya pun bisa dibilang mampu membuat orang ketagihan untuk memakannya lagi. Ketika anda memakan makanan ini maka anda akan merasakan rasanya yang manis dan kental.

  1. Dagadu

Dagadu merupakan salah satu merek yang ada di Jogja yang banyak dibeli para wisatawan. Dagadu ini mempunyai berbagai bentuk seperti kaos, gantungan kunci, gelas, tas, dan berbagai bentuk pernak – pernik yang unik. Dagadu ini hanya bisa anda temukan di Jogja dengan berbagai bentuk pilihan yang beragam, harga dari buah tangan ini memang terjangkau sehingga dijadikan oleh – oleh yang banyak dibeli.

  1. Gerabah Kasongan

Salah satu barang yang bisa anda jadikan buah tangan dan anda berikan kepada orang – orang yang anda sayang adalah gerabah ini. Gerabah ini mempunyai bentuk yang beragam selain itu mempunyai harga yang terjangkau. Ketika anda ingin membeli gerabah ini anda bisa menemukannya dengan sangat mudah di beberapa tempat yang ada di Yogyakarta.

pexels.com
  1. Kerajinan Perak

Bagi anda yang ingin membeli buah tangan dengan jumlah yang sangat banyak adalah kerajinan perak ini. Kerajinan perak ini ada banyak varasinya, anda bisa menemukannya dalam bentuk cincin, anting, dan kalung.  Anda bisa menemukan berbagai tampilan yang sangat menarik dengan bentuk barang yang unik. Harga dari buah tangan ini juga sangat terjangkau dan mampu dibeli oleh semua kalangan.

  1. Belalang Goreng

Makanan yang satu ini mungkin terbilang sangat unik, pasalnya tidak semua orang pernah mencoba memakan – makanan yang satu ini. Makanan belalang ini mempunyai rasa yang gurih itulah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Jika anda ingin mendapatkan makanan belalang ini anda bisa mendapatkannya di Gunung Kidul. Ada banyak makanan belalang ini yang bisa anda bawa pulang dengan harga yang terjangkau.

  1. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh menjadi salah satu minuman yang terkenal di Jogja. Minuman ini dikenal dengan wedang uwuh karena bentuknya yang seperti tumpukan sampah. Walaupun bentuknya yang seperti sampah namun minuman ini mempunyai tampilan rasa dan khasiat yang sangat bagus. Anda bisa merasakan sensai yang sangat luar biasa ketika meminum minuman wedang uwuh ini.

  1. Belangkon

Belangkon merupakan salah satu buah tangan yang bisa anda bawa pulang. Belangkon merupakan salah satu topi yang tradisional yang banyak dikenakan oleh orang – orang jawa. Itulah yang membuat banyak orang yang membeli buah tangan ini sebagai kenangan yang dibawa pulang. Belangkon ini mempunyai berbagai bentuk yang menarik, selain itu belangkon ini mempunyai makna yang sangat dalam dalam adat Jawa. Harga dari belangkon ini terbilang bervariasi, anda bisa menemukan harga mulai dari yang murah hingga yang mahal. Bagi anda yang ingin membeli belangkon ini anda bisa mendapatkannya di beberapa wilayah yang ada di Jogja, salah satunya di jalan Malioboro, ada banyak tampilan belangkon yang bisa anda dapatkan.

  1. Geblek

Geblek adalah makanan dari Jogja yang banyak dicari oleh wisatawan. Geblek ini sangat nikmat ketika dimakan saat panas, selain itu anda bisa makan geblek dengan tempe. Tempe memang menjadi makanan pendamping geblek yang sangat cocok, bagi anda yang ingin membeli geblek ini anda bisa mendapatkannya di Kulon Progo dan beberapa tempat sekitar Jogja. Geblek ini dikemas dengan mesin kemasan otomatis sehingga mempunyai tampilan yang sangat menarik, selain itu anda bisa membawa pulang geblek ini dengan lebih mudah.

Itulah beberapa buah tangan yang bisa anda bawa pulang ke asal anda. Makanan ini bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau sehingga anda bisa membelinya dengan jumlah yang banyak. Berwisata di Jogja menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, ketika anda berada di Jogja maka anda bisa menyempatkan untuk mampir di beberapa tempat wisata dan membeli beberapa oleh – oleh yang ada. Itulah sekilas informasi mengenai berbagai hal yang bisa anda dapatkan ketika anda berwisata di Jogja, semoga dengan ulasan ini anda lebih mudah menentukan berbagai hal yang bisa anda lakukan di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *