Telkomsel tercatat sebagai operator seluler paling besar di Tanah Air dengan memiliki setidaknya 170 juta lebih nomor pelanggan aktif dengan penggunaan data yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sebagian dari jumlah pengguna tersebut merupakan pengguna smartphone dan juga akan mengalami kenaikan jumlahnya seiring waktu. Telkomsel juga memberikan kemudahan akses bagi pemilik smartphone dengan menyediakan aplikasi layanan mandiri MyTelkomsel.

Tak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan masyarakat akan koneksi internet semakin bertambah seiring perkembangan zaman. Harga smartphone yang semakin terjangkau, paket internet yang ditawarkan dengan harga bersaing, cakupan jaringan internet kecepatan tinggi yang semakin luas dan berbagai macam kemudahan lain menuntut setiap orang mengaktualisasi diri. Telkomsel layanan yang terkenal akan kualitasnya banyak dipilih masyarakat yang menginginkan keandalan.

Dengan jaringan yang sanggup menjangkau dari daerah perkotaan hingga ke kawasan pelosok, banyak pengguna Telkomsel yang tak segan membayar sedikit lebih demi kualitas layanan yang mereka rasakan. Jaringan yang baik memang menjadi faktor penting yang mempengaruhi stabilitas dan kecepatan koneksi internet, daya tahan baterai dan umur smartphone yang digunakan.

Tak hanya kualitas sinyal yang diberikan, Telkomsel juga terus berusaha mengikuti persaingan antar vendor dlam menghadirkan berbagai macam paket dan promo yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna telekomunikasi di Indonesia. Dengan harga yang tetap kompetitif, Kamu masih bisa merasakan sinyal berkualitas. Kualitas tersebut bisa dirasakan dari kualitas suara panggilan, kecepatan internet, stabilitas sambungan tanpa putus-putus dan smartphone Kamu yang cenderung lebih adem tanpa khawatir baterai terkuras lantaran terus-menerus mencari sinyal.

Belum selesai dengan kualitas jaringan dan harga yang kompetitif, Telkomsel melengkapi layanan mereka dengan aplikasi layanan mandiri yang bisa dimanfaatkan para pengguna untuk mencari dan mendapatkan layanan Telkomsel mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi yang dimaksud adalah MyTelkomsel yang bisa didapat dengan mudah dan gratis dari penyedia aplikasi masing-masing platform smartphone, baik Android, iOS maupun Blackberry. Aplikasi ini dapat dipergunakan oleh seluruh pelanggan Telkomsel, entah itu pengguna nomor pra-bayar ataukah pasca-bayar.

Aplikasi resmi dari Telkomsel ini juga terus diperbarui seiring waktu untuk memberikan layanan yang aman dan nyaman bagi para penggunanya. Pembaruan yang terbaru misalnya, tetap menawarkan fitur lengkap dari Telkomsel dengan menerapkan desain baru yang menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih baik dibanding versi terdahulu. Pada rilisan sebelumnya, beberapa pengguna mengeluhkan tampilan yang membingungkan. Sepertinya Telkomsel memahami hal tersebut.

www.pexels.com

Cara Instal MyTelkomsel di Smartphone

Pada dasarnya, cara menginstal aplikasi MyTelkomsel ini tidak jauh berbeda untuk setiap platform OS smartphone populer saat ini. meski demikian, sedikit perbedaan pada tampilan tidak akan membedakan kinerja aplikasi pada masing-masing OS. Untuk mendownload aplikasi, masih sama dengan cara mendownload aplikasi lain di masing-masing toko aplikasi, yaitu dengan mengklik tombol “instal” atau “unduh” kemudian mengikuti proses penginstalan seperti biasa.

Untuk pengguna Android misalnya, setelah masuk ke Play Store lakukan pencarian dengan mengetik keyword “MyTelkomsel”. Selanjutnya Anda bisa memilih aplikasi yang ditawarkan oleh Telkomsel dengan ukuran sekitar 13Mb lalu klik “instal”. Awalnya, aplikasi ini memiliki ukuran yang tak terlalu besar 2,3Mb saja. Namun seiring pembaruannya, aplikasi yang tidak dioptimalkan untuk tablet ini menjadi semakin besar ukurannya. Perlu diketahui pula bahwa agar aplikasi ini dapat berjalan optimal, setidaknya versi Android Kamu harus versi 5.0 (lolipop) atau yang lebih baru.

Saat proses instal aplikasi tersebut selesai dengan notifikasi di sistem smartphone, Kamu bisa langsung menjalankannya. Bergantung pada spesifikasi smartphone, kecepatan memuat tampilan mungkin berbeda dari yang dirasakan oleh pengguna lain. Sebelum aplikasi tersebut mulai bekerja, Kamu akan diminta untuk mengetahui dan menyetujui ketentuan penggunaan. Bacaan panjang yang biasanya diskip ini sejatinya berisi hal-hal yang bertujuan untuk melindungi Anda dan Telkomsel dalam penyediaan layanan.

Berikutnya, Kamu bisa langsung membuat akun Telkomsel atau login dengan menggunakan nomor Telkomsel-mu, akun Facebook, akun Twitter ataupun akun email. Untuk pengguna baru, Kamu diwajibkan registrasi akun baru dengan melakukan otentifikasi nomor Telkomsel yang Kamu gunakan. Jika nomor Telkomsel yang ingin Kamu daftarkan terpasang di slot SIM card smartphone yang terpasang MyTelkomsel, maka cukup klik “Login” dan nomor teleponmu tersebut akan ditampilkan di layar. Berikutnya Kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang terkirim lewat SMS.

Ketika SMS verifikasi sudah masuk ke inbox, maka secara otomatis Kamu sudah login ke dalam aplikasi. Dengan kata lain, Kamu sudah membuat sebauh akun Telkomsel. Lain kali kamu masuk ke aplikasi, maka berbagai macam menu layanan Telkomsel dapat Kamu akses dan informasi terkait akun berikut pulsa, masa aktif kartu dan kuota internet juga ditamplkan langsung di halaman awal.

Penggunaan Aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi dari Telkomsel ini tidak terlalu banyak memakan resource smartphone Kamu sehingga untuk membuka tidak membutuhkan waktu loading yang terlalu lama. Tampilan awal akan langsung terbuka beberapa detik saja setelah inisiasi pertama selesai. Setelah tersimpan dalam cache, aplikasi akan terbuka lebih cepat lagi. Jadi meskipun smartphone Kamu kelas low-end sekalipun tak perlu terlalu mencemaskan penyimpanan dan RAM yang terkuras habis.

Tampilan awal langsung memajang berbagai informasi terkait nomor Telkomsel Kamu yang terdaftar di aplikasi tersebut. Informasi seputar akun ditampilkan dengan kategori yang lebih mudah agar pengguna baru tidak merasa kebingungan. Di bagian paling atas, Kamu bisa melihat jumlah POIN Telkomsel serta saldo Tcash. Sisa pulsa ditampilkan masih tampilan yang sama di menu Credits. Sementara di bagian bawahnya, ditampilkan detail paket layanan yang sedang digunakan. Di bawah informasi pulsa menampilkan sisa kuota, paket telepon dan SMS serta dan bonus pulsa yang Kamu miliki.

Kemungkinan besar, Kamu akan sering-sering membuka aplikasi ini untuk mengetahui berapa sisa kuota internetmu yang tersisa atau untuk mencari promo penawaran paket murah yang menarik untuk kebutuhanmu. Menggunakan MyTelkomsel, Kamu bisa dengan mudah untuk mengecek sisa kuota dengan swipe tanda panah yang ada di halaman awal. Selanjutnya, menu tentang informasi sisa kuota internet yang masih Kamu miliki lengkap dengan tanggal kadaluwarsa paket aktif akan ditampilkan. Dari tampilan menu tersebut, Kamu juga bisa mengetahui paket VideoMax, kuota Midnight maupun pembagian kuota lainnya yang sedang Kamu miliki.

Jadi dari tampilan awal ini, Kamu sudah bisa mengetahui berbagai detail terkait nomor Telkomselmu  dan tak perlu lagi repot-repot menekan kode dial seperti *888#, *887#, *889# yang bisa saja menjengkelkan karena reply berbeda-beda dan harus mengikuti angka yang harus ditekan selanjutnya untuk mendapatkan informasi tertentu. Cukup dengan sekali klik atau swipe di aplikasi saja, semua informasi yang Kamu butuhkan akan ditampilkan dengan cepat. cocok sekali buat Kamu yang suka serba praktis, efektif dan efisien.

www.pexels.com

Membeli Paket Menarik di MyTelkomsel

Penggunaan aplikasi di smartphone ini memang mensyaratkan bahwa ponsel Kamu memiliki sambungan internet yang aktif. Entah itu menggunakan sinyal dari jaringan seluler ataupun sambungan WiFi, MyTelkomsel tetap dapat Kamu gunakan kapan saja dimana saja. Nah, apabila paket internet Kamu ternyata sudah habis, dan tak ada waktu untuk browsing promo paket Telkomsel paling murah, maka aplikasi ini akan sangat memudahkan Kamu.

Memang Kamu bisa mencari tahu paketan murah di internet, namun yang pasti, paket istimewa bisa didapat secara resmi langsung dari providernya. Dan pastinya Kamu tidak sekedar mendapatkan kemudahan menghitung detail paket yang akan dibeli, tapi juga mendapatkan penawaran harga spesial. Maksud dari kata spesial disini adalah, Kamu tidak akan mendapatkan harga atau penawaran serupa di tempat lain entah di promo lokal ataupun dari konter-konter penjual paket data di sekitar rumahmu.

Seperti yang diketahui bahwa Telkomsel menawarkan berbagai macam pilihan paket agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Sayangnya, dengan semakin banyaknya pilihan yang ada justru membuat konsumen kebingungan memilih mana paketan yang paling cocok untuk kebutuhan dan budget mereka. Belum lagi dengan cara pembelian yang terkadang juga membuat jengkel karena berbagai kode USSD yang harus diinput di menu dial atau melalui SMS. Itupun jika penawaran paket promo tersebut masih ada.

Pengguna Telkomsel yang menggunakan Mytelkomsel dapat memanfaatkan menu Paket untuk melihat-lihat manakah paket internet SMS maupun telepon yang paling cocok dengan kebutuhan dan anggaran. Di sinilah, Kamu bisa menemukan penawaran spesial yang hanya ada di dalam aplikasi. Setelah membaca keterangan terkait paket yang akan dipilih, Kamu bisa menghitung dan memutuskan mana paket yang layak dibeli. Kamu tinggal mengklik tombol “beli” dan memastikan pembelian dengan mengerjakan captcha untuk menghindari salah pencet dan lain sebagainya.

Selain membeli paket data, Kamu juga bisa melakukan pengisian ulang pulsa dengan berbagai nominal plus mendapatkan tambahan Telkomsel POIN. Untuk pembelian pulsa sebesar Rp50.000, Kamu berhak mendapat 10 POIN dengan masa aktif yang diperpanjang selama 45 hari sementara pilihan nominal tertinggi adalah Rp1.000.000 dengan tambahan 200 POIN sementara masa aktif kartumu akan diperpanjang hingga 330 hari.

Nah, apabila Kamu sudah menentukan paket mana atau berapa nominal pulsa yang ingin dibeli, selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Metode bayar yang digunakan dalam aplikasi ini ada 3 opsi antara lain menggunakan TCASH, kartu kredit serta kartu debit. Dengan ketiga plihan ini, pastinya akan memudahkan Kamu saat sewaktu-waktu mendadak kehabisan pulsa atau kuota.

TCASH merupakan layanan uang elektronik yang disediakan secara resmi oleh pihak Telkomsel. Tentu saja, uang ini berbeda penggunaannya dengan pulsa Telkomsel. Menggunakan TCASH, Kamu bisa menyimpan uang lalu menggunakannya untuk bertransaksi. Perlu diketahui pula bahwa Telkomsel sudah mendapatkan izin dari pihak Bank Indonesia untuk menyediakan layanan uang elektronik. Sehingga Kamu tidak perlu was-was terkait keabsahan pembayaran dan berbagai transaksi keuangan lainnya. Uang TCASH juga bisa dinikmati oleh seluruh pengguna nomor Telkomsel, baik itu kartu pascabayar ataupun kartu prabayar.

Sementara metode pembayaran melalui kartu kredit akan dibebankan pada tagihanmu. Layanan yang didukung antaa lain kartu kredit VISA serta MasterCard melalui 3-D Secure Authentication demi meningkatkan keamanan berbagai macam transaksi online yang Kamu lakukan menggunakan akun Telkomselmu. Sementara bank yang bekerjasama dengan pihak Telkomsel untuk pembayaran ini antara lain BCA, Bank Mandiri, Bank Mega, BNI, BRI, CIMB Niaga, Bank Danamon, HSBC, Citibank, Bank Bukopin, Bank Panin, Bank ANZ, Standard Chartered, Bank Permata, BTN dan BII. Kamu yang memiliki rekening di bank-bank tersebut dan menggunakan kartu kredit bisa langsung memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan.

Meskipun belum terlalu maksimal, pembayaran menggunakan kartu debit tetap ditawarkan menggunakan sistem otentikasi 3-D Secure Auth. Sayangnya kartu yang mendukung untuk saat ini adalah kartu debit dari bank Mandiri (VISA Verified) yang harus diaktivasi dengan layanan SMS banking. selain itu, pilihan lain ada kartu debit milik CIMB Niaga lalu mendaftarkan layanan Octopay kartu kredit virtual.

Bagaimanapun, layanan yang ditawarkan melalui aplikasi self-service ini tetap lebih memudahkan pengguna untuk tetap merasakan manfaat dari kartu Telkomsel yang mereka miliki. Kini pengguna bisa mengisi pulsa dan paket internet lengkap yang semakin dimudahkan. Pengguna juga bebas memilih item berdasar kategori yang disajkan dengan lebih sederhana, berbagai macam paket internet dan paket SMS, telepon hingga roaming. Jadi selain macam-macam paket internet, masih ada paket-paket unggulan seperti Talkmania, Gigamax HOOQ dan GigaMax VIU,.

www.pexels.com

Bisa Tukar POIN

Seperti yang Kamu tahu, semakin lama kartu Telkomsel digunakan maka semakin banyak peluang hadiah yang bisa didapat. Untuk menjaga kartu selalu dalam kondisi aktif, maka Kamu harus mengisi pulsa. Semakin sering dan semakin banyak pulsa diisi, maka Kamu berhak mendapatkan POIN. Nah, POIN ini bisa ditukar dengan berbagai rewards yang menarik di aplikasi MyTelkomsel. Ada berbagai pilihan yang ditawarkan agar bisa dipilih berdasar jumlah POIN yang dimiliki, misalnya item hiburan, telko dan digital ataupun jalan-jalan.

Proses penukaran POIN juga mudah. Kamu cukup mengatur lokasi yang diinginkan serta berapa jumlah POIN yang ingin Kamu tukar misalnya 0 s/d 50, 50 s/d 100 atau 100 lebih. Berikutnya input kata kunci lalu kirimkan. Setelah itu berbagai macam rewards yang setara dengan jumlah POINmu akan ditampilkan.

Bisa Untuk Kirim Hadiah, Isi Ulang ke Nomor Telkomsel Lain

Jadi aplikasi ini tidak hanya bisa Anda nikmati sendiri sebab orang terdekat Kamu yang juga menggunakan nomor Telkomsel juga bisa ikut merasakan kemudahan dari sang provider. Menggunakan aplikasi ini, Kamu bisa berkirim gift yang bisa berupa pulsa isi ulang atau membayarkan tagihan nomor Telkomsel milik anggota keluarga, pasangan dan lain sebagainya dengan mudah. Mudah, Kamu cukup menginput nomor Telkomsel milik penerima hadiahmu tersebut.

Bisa Cek Riwayat Pembelian

Kamu juga bisa memantau berbagai macam aktifitas pembelianmu menggunakan  aplikasi ini. Untuk mengetahui riwayat belanja pulsa yang telah kamu lakukan dalam periode waktu tertentu, Kamu bisa mengeceknya di menu “Voucher History” yang bisa diakses dari menu “Add Credit”. Menu ini sendiri berada di opsi yang dilambangkan dengan ikon hamburger (berupa 3 garis bertumpuk di kiri atas tampilan). Nah, pada menu ini Kamu dapat mengetahui riwayat pembelian pulsa yang telah kamu lakukan yang diurutkan dari yang terbaru. Opsi ini memudahkan Kamu untuk memantau berapa banyak anggaran yang sudah dikeluarkan tiap bulan.

Mengatur SIM Telkomsel Lainnya

Mungkin ada beberapa pengguna yang memiliki lebih dari 1 nomor Telkomsel aktif. Berbagai alasan memang terkadang mendorong seorang pengguna untuk memiliki lebih dari 1 nomor. Biasanya, ketika sebuah nomor digunakan untuk telepon SMS dan verifikasi penting lain maka nomor yang lain digunakan hanya untuk mendapatkan kuota internet yang lebih murah dan tidak didapatkan pada nomor satunya. Atau kasus lain salah satu nomor sudah digunakan sejak sebelum zaman internet dan tidak memiliki promo paket murah sehingga memaksa pengguna mengaktifkan nomor lain yang memiliki paket lebih murah.

Nah, apabila Kamu memiliki 2 nomor Telkomsel, maka aplikasi ini memiliki fasilitas yang bernama multi SIM Control untuk memantau status 2 nomor Telkomsel sekaligus dari 1 aplikasi saja. Menu ini dapat Kamu temukan di kelompok Menu Fitur. Kamu pun tidak perlu lagi khawatir kalau nomor untuk telepon SMS bakal masuk masa tenggang tanpa sadar. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh orang tua yang ingin mengawasi penggunaan pulsa Telkomsel yang dipakai anak mereka. Atau bisa juga sebaliknya.

www.pexels.com

Layanan Pelanggan yang Lebih Mudah

Aplikasi layanan mandiri ini juga menawarkan layanan costumer service seandainya ada masalah atau pertanyaan yang ingin Kamu ketahui. Layanan pelanggan di MyTelkomsel cukup komprehensif dengan dukungan kanal media sosial Facebook, Telegram dan lain sebagainya. Jadi Kamu bisa mengirimkan pertanyaan, aduan atau bahkan keluhan dari kolom yang sudah disediakan. Jadi Kamu tidak perlu lagi repot-repot datang dan mengatre di Grapari Telkomsel untuk sekedar bertanya-tanya.

Untuk mengirim aduan, Kamu cukup membuka menu pengaduan pada menu Layanan Pelanggan lalu pilih kategori serta sub kategori yang sesuai dengan kondisi. Berikutnya, tuliskan apa saja masalah yang Kamu alami dengan produk Telkomsel yang digunakan. Untuk respon yang diberikan mungkin berbeda durasinya, namun Kamu juga harus sabar seandainya admin belum membalas.

Banyak orang yang memanfaatkan layanan ini untuk menonaktifkan layanan konten yang secara tidak sengaja aktif atau mungkin sudah tidak kita butuhkan lagi. Contoh Kamu ingin berhenti menggunakan NSP pada Music Box kita, berhenti berlangganan layanan SMS Premium dan lain sebagainya. Namun ada kalanya suatu masalah tidak dapat diselesaikan hanya dari aplikasi. Suatu ketika Anda diharuskan datang dan bertemu dengan petugas di Grapari.

Nah, layanan pelanggan di MyTelkomsel memiliki kemampuan berbasis lokasi dan menyatu dengan layanan Google Map sehingga memudahkanmu untuk menemukan lokasi Grapari terdekat dari lokasimu saat ini. Kamu bisa mengakses menu bantuan lalu menemukan lokasi Grapari terdekat yang ditampilkan melalui tampilan map milik Google yang pastinya sudah tidak asing lagi buatmu. Untuk bisa menggunakan kemampuan ini, fitur GPS di smartphonemu pun harus dalam kondisi aktif.

Sebagai kesimpulan, MyTelkomsel menjadi aplikasi yang khusus dibuat oleh Telkomsel sebagai provider bagi siapapun yang berada dalam jangkauannya untuk memudahkan penyediaan layanan. Aplikasi ini memang sudah seharusnya disediakan secara gratis bagi semua pengguna kartu HALO, simPATI dan kartu AS di era serba mobile saat ini.

Keuntungan yang didapat pengguna pun juga cukup signifikan meskipun masih ada alternatif lain untuk tetap menikmati layanan Telkomsel. Namun tetap dapat dipungkiri, keberadaan aplikasi ini akan sangat memudahkan Kamu untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri dengan lebih praktis dan efisien. Smartphone masa kini dengan spesifikasi minimal pastinya sudah sanggup menjalankan aplikasi ini dengan mudah tanpa harus mengorbankan banyak penyimpanan dan RAM.

Jadi bagaimana, masih lebih memilih berpusing-pusing ria dengan kode USSD dan berburu paketan murah di internet, atau langsung menggunakan 1 aplikasi kecil ringan dan resmi? Kowawa sendiri merekomendasikan untuk memasang aplikasi ini di ponselmu. Pilihan ada di tangan Kamu.