3 Hal Yang Perlu disiapkan Sebelum mulai menulis

Menulis aktivitas untuk menciptakan karya yang membutuhkan persiapan dan menguras energi. Maka, penting kiranya mempersiapkan segala sesuatunya sehingga dapat menghasilkan karya tulis yang optimal. Banyak orang yang mengeluh dan galau karena kesulitan mencari cara menulis kata pertama atau hal apa yang ada pada bagian awal dalam sebuah tulisan. Bahkan ada juga yang tidak jadi menulis yang disebabkan gagal menemukan kalimat pembuka. Sebenarnya ini terjadi dan bahkan Anda juga pernah mengalami, termasuk saya tentunya adalah karena tidak memiliki persiapan dalam menulis. Atau pramenulis sehingga ada 3 Hal Yang Perlu disiapkan Sebelum mulai menulis.

Mencari kata pertama bukanlah kesulitan yang luar biasa dalam memulai menulis. Yang terpenting adalah persiapan yang benar-benar baik. Beberapa penulis bisa menyelesaikan satu artikel pajang dalam beberapa jam bahkan kurang karena persiapan yang sudah baik. Maka, menulis apapun butuh persiapan yang matang lagi baik. Ditambah lagi kalau ingin menulis novel, tentu membutuhkan persiapan yang lebih lama dan lebih matang. Pesiapan menulis ini penting dalam rangka memperkaya tulisan. Sehingga usahakan persipan menulis ini tidak mendadak apalagi sebentar. Misalnya, novel supernova karya dari penulis dee yang konon katanya dia membutuhkan waktu sepuluh tahun baru siap untuk dan selesai. Hal ini dikarenakan persiapan dan proses yang panjang akan berbanding lurus dengan hasil yang maksimal.  Setidaknya ada 3 Hal Yang Perlu disiapkan Sebelum mulai menulis.

www.pexels.com

5 Hal Yang Perlu disiapkan Sebelum mulai menulis

Sebagaimana yang telah kita kemukakan diawal bahwa menulis untuk hasil yang baik dibutuhkan persiapan dalam menulis. Persiapan yang dimaksud disini bukanlah tentang menyiapkan tempat yang nyaman, misalnya di suatu vila yang mewah atau dengan perlengkapan yang serba canggih. Tapi, ada yang lebih urgen dan vital selain hal itu. Yaitu 3 Hal Yang Perlu disiapkan Sebelum mulai menulis.

1.    Mencari dan Menemukan Ide

Pada bagian satu ini atau persiapan yang paling utama adalah mencari dan menemukan ide dalam menulis. Banyak penulis pemula, kesulitan menyusun tulisan bisa jadi karena apa yang hendak ditulis belum tertata dengan baik bahkan campur aduk. Idenya terlalu banyak atau bahkan tidak ada sama sekali. Itulah sebabnya, sebelum menulis hendaknya menemukan dan menentukan ide terlebih dahulu.

Dimanakah mencari dan menemukan Ide? Ide ini bisa didapat dalam banyak cara. Setiap orang punya caranya sendiri mendapatkan ide. Bahkan kadang ide itu hadir tanpa sengaja kita cari. Jika ide itu tiba-tiba merasuk ke pikiran, sebaiknya dicatat. Bisa di kertas atau di smartphone. Tapi kalau punya ingatan yang kuat, tetap dirawat agar kemudian dieksekusi. Ada juga penulis mendapatkan ide tulisan dari komentar yang masuk ke akun sosmed. Biasa pula setelah membuka dengan melihat status profil wa di pagi hari. Atau bisa juga sekedar berjalan pagi atau merenung menunggu antri giliran mandi.

Namun yang pasti pastikan menentukan topik yang spesifik. Misalnya dapat ide menulis tentang kopi. Kembangkan topik tersebut dengan tidak lupa mempertimbangkan seperti apa kerangka tulisan itu nantinya dan siapa saja yang kemungkinan membaca tulisan tersebut.
Menentukan ide memang tidak sekedar mencari topik yang sesuai. Tapi juga punya latar belakang yang jelas. Penting juga diperhatikan ruang lingkup jika tulisan itu ada kemungkinan untuk diterbitkan.

www.pexels.com

2.    Membuat Kerangka Tulisan

Selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah membentuk kerangka tulisan. Setelah mendapatkan ide yang cocok, kemudian pikirkan bagaimana tulisan tersebut nantinya ditampilkan dalam saatu tulisan yang menarik. Kerangka tulisan berfungsi mengarahkan penulis agar fokus. Untuk membuat kerangka tulisan, pikirkan seperti apa jenis tulisan itu nantinya, temanya apa dan gaya bahasa yang digunakan.

Misalkan Anda ingin menulis artikel untuk Jasa Penulis Artikel atau tulisan yang serius dan panjang. Ada baiknya membuat kerangka dalam bentuk table atau bisa juga dalam bentuk diagram. Ada pula yang menyusunnya dalam bentuk kurva. Sehingga ketika melakukan proses penulisan, suda ada alur yang jelas dan harus diselesaikan. Beberapa penulis lain ada juga yang membuat kerangka dalam bentuk poin-poin.

Agar lebih mudah dipahami, mari kita masuk pada contoh. Misalnya kita ingin menulis tentang pemukiman di daerah pantai. Maka cara menyusunnya dalam beberapa poin.  Apa saja yang menarik dan apa yang jadi titik utama cerita. Seperti apa kisah mereka. Berapa jumlah orang dalam pemukiman  tersebut. Apa yang membuat kisahnya yang menarik dan sebagainya.

Setelah selesai membuat poin-poin pada tulisan tentang pemukiman di daerah pantai. Selanjutnya, mencari alaur cerita utama. Bisa dimulai dari kisah asal muasal orang tinggal di permukiman pantai. Atau ada kemungkian generasi awal yang tinggal di permukiman pantai ini masih hidup. Maka, carilah orang itu, kemudian jadikan tokoh utama atau tokoh sentral dari tulisan kita. Dan tidak kalah pentingnya menyusun tulisan yang tertata dan terarah.

Ketahuilah dengan baik, bahwa membuat kerangka tulisan akan sangat membantu dalam menyelesaikan tulisan. Hal ini dapat juga memeberikan pola pada tulisan yang akan kita buat, apakah akan berbentuk piramida terbalik atau sebaliknya.

www.pexels.com

3. Menyiapkan Materi

Yang terakhir dalam 3 hal yang harus disiapkan sebelum menulis yaitu menyiapkan materi. Meyiapkan materi berarti anda mengumpulkan data. Cara terbaik mengumpulkan data adalah dengan mendengar cerita langsung atau dari sumber utama. Bisa juga dari pengalaman penulis yang bersangkutan. Kalau menuliskan pengalaman penulis yang bersangkutan biasanya akan memiliki efek yang lebih baik.  Cara lain mengumpulkan materi tulisan adalah observasi. Ini biasanya dilakukan dalam menyusun tulisan yang perlu pendalaman. Observasi penting dilakukan guna mencari fakta yang seharusnya diungkap. Dengan melihat langsung objek yang kita tulis akan membuat tulisan lebih berwarna.

Agar lebih fokus dan tidak kemana-mana, usahakan tetap berpatokan pada kerangka tulisan yang telah disusun sebelumnya. Sehingga ketika proses pengumpulan materi berlangsung, materi atau bahan Anda tidak ada yang terlewatkan.

Selanjutnya setelah data dan materi telah lengkap dan telah disesuaikan dengan kerangka tuisan. Maka saatnya mengolah data sehingga menjadi suatu tulisan. Hasil pengolahan data inilah yang jadi informasi. Bisa berupa hasil analisa, komputerisasi hingga hasil kesimpulan. Tahap menyediakan bahan di atas mencakup semuanya.

Nah, itulah 3 Hal Yang Perlu disiapkan Sebelum mulai menulis. Jika persiapan baik, maka saat menulis tidak akan menemukan rintangan ataupun halangan yang berarti. Intinya, persiapan itu penting. Tapi buat mereka yang sudah terbiasa di dunia tulis menulis, sering tahap di atas tidak selamanya dilakukan. Langsung ke tahap menyiapkan bahan bisa jadi hal yang lebih krusial. Namun tahap ini sangat membantuJika Anda merasa perlu referensi tambahan atau ingin melatih kemampuan menulis Anda bisa juga lewat Jasa Penulis Artikel. Selamat menulis!

 

www.pexels.com

Post Author: Julia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *