Dalam setiap rumah, biasanya tidak cukup diisi dengan menggunakan perabot yang lengkap saja. Perabot ini biasanya hanya bisa memenuhi kebutuhan penghuni rumah dan sebagian hanya bisa diletakkan di bagian dalam rumah. Selain dengan perabot, isi rumah tidak akan lengkap rasanya jika setiap rumah tidak memiliki tanaman hias. Ya, mengkoleksi tanaman hias daun atau bunga ini sudah menjadi salah satu hobi kelurga Indonesia.

Di samping itu, jika bisa merawat tanaman hias dengan rutin dan sabar, maka hobi yang satu ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan atau bisa menjadi bisnis rumahan yang pastinya menguntungkan. Saat ini, hobi dalam mengkoleksi tanaman hias tidak hanya diminati oleh kalangan ibu-ibu saja. Kepala keluarga atau kalangan bapak-bapak pun juga sudah ada yang mulai menggemarinya. Tak hanya itu, kalangan anak muda juga mulai menyenangi kegiatan yang satu ini. Selain sebagai hobi dan peluang bisnis yang menggiurkan, tanaman hias juga bisa memperindah pemandangan rumah dan tentunya bisa menambah kesejukan di dalam maupun halaman rumah.

Perlu diketahui juga bahwa kegiatan dalam mengkoleksi tanaman hias juga dapat mengurangi stres. Pastinya kegiatan yang satu ini cukup menarik untuk dilakukan. Tetapi dalam merawat tanaman hias, tidak boleh sembarangan. Merawatnya pun juga bisa dibilang susah-susah gampang. Hal terpenting saat merawat sebuah tanaman adalah dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam merawatnya.

Tentu tidak semua orang bisa merawat sebuah tanaman dengan baik jika tidak memiliki kedua sifat tersebut. Nah dalam artikel ini, akan berbagi sedikit mengenai bagaimana cara untuk merawat sebuah atau beberapa tanaman hias yang akan memperindah pemandangan yang ada di rumah. Tentunya cara-cara yang akan dibagikan dalam artikel ini cukup mudah dan tidak perlu memakan banyak biaya.

www.pexels.com

Beberapa Kemudahan Merawat Tanaman Hias

Perlu diketahui, dalam artikel ini akan berbagi mengenai cara mudah untuk merawat sebuah atau beberapa tanaman hias yang ada di rumah. Cara yang ada dalam artikel ini terbilang mudah dan murah sehingga bisa dilakukan oleh siapapun. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Cahaya Matahari

Cara pertama untuk merawat sebuah tanaman hias baik berupa tanaman hias bunga, tanaman hias daun atau yang lainnya adalah pemberian cahaya matahari yang cukup. Cukup dalam hal ini berarti tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan cahaya matahari. Untuk tanaman hias yang diletakkan di bagian dalam rumah, maka seharusnya tetap mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup. Cobalah untuk mengeluarkan tanaman hias tersebut selama kurang lebih satu kali dalam dua minggu. Tetapi, usahakan untuk tidak langsung terkena paparan sinar matahari. Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, tidak boleh berlebihan ataupun kekurangan sinar matahari. Jadi harus pintar-pintar dalam penempatan sebuah tanaman hias.

  1. Proses Penyiraman

Cara kedua untuk merawat tanaman hias adalah perhatikan dengan baik saat proses penyiraman air pada tanaman tersebut. Air ini menjadi salah satu sumber penghidupan bagi sebuah tanaman. Jadi jangan sampai lupa untuk menyirami tanaman hias yang ada di rumah. Penyiraman tanaman hias bisa dilakukan pada pagi dan petang. Jangan sampai air terlalu banyak dan menggenang di pot karena bisa menyebabkan akar tanaman membusuk. Air yang diberikan saat proses penyiraman pada tanaman akan berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah sehingga tanaman tidak menjadi cepat kering dan mati.

www.pexels.com
  1. Media Tanam

Cara yang ketiga adalah dengan memperhatikan media tanam pada tanaman hias yang akan dirawat. Jika menggunakan pot, maka pastikan tanah yang ada di dalam pot menjadi tanah humus. Hal ini bisa diakali dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos yang nantinya bisa membantu tanah menjadi humus atau subur. Tanaman hias yang akan ditanam pun tidak akan cepat mati dan dapat tumbuh dengan baik.

  1. Pemberian Pupuk

Cara keempat dalam merawat sebuah tanaman hias adalah dengan pemberian pupuk. Pemberian pupuk ini tidak hanya dilakukan saat awal menanam sebuah tanaman hias. Tetapi untuk memberi nutrisi pada tanaman, ada baiknya pemberian pupuk dilakukan secara berkala. Pemberian pupuk secara berkala ini dapat diberikan setiap sekali dalam dua minggu agar pertumbuhan tanaman menjadi baik dan tidak menjadi kekurangan nutrisi.

  1. Pembersihan Tanaman

Cara kelima dalam merawat sebuah tanaman hias adalah dengan menjaga kebersihannya. Kebersihan memang sangat penting untuk siapa saja, tidak terkecuali untuk sebuah tanaman hias. Misalnya saja jika terdapat debu dalam tanaman hias, maka harus segera dibersihkan karena dapat menghalangi proses fotosintesis dan menjadikan tanaman bisa mati. Mengapa tanaman hias bisa mati hanya karena debu? Hal ini dikarenakan debu yang biasanya menempel pada bagian tertentu tanaman hias, bisa saja mengandung bahan kimia sehingga berisiko untuk kelangsungan hidup tanaman hias tersebut. Untuk mengatasinya, bisa melakukan penyemprotan pada bagian tanaman yang ditempeli debu dengan menggunakan air. Air bisa diisi pada penyemprot pembersih tangan yang biasanya digunakan manusia untuk membersihakan tangannya.

www.pexels.com

Pemangkasan Untuk Menjaga Kelangsungan Hidup Tanaman Hias

Merawat tanaman hias tidak hanya dengan pemberian pupuk, air atau sinar matahari. Tetapi juga diperlukan pemangkasan secara berkala pada tanaman hias yang dirawat untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Pemangkasan berarti melakukan pemotongan pada beberapa bagian tertentu pada tanaman. Pemangkasan pada tanaman hias ini sangat bermanfaat untuk tanaman hias itu sendiri. Misalnya saja manfaat yang bisa didapat yaitu bisa mempercantik tanaman hias yang dirawat. Selain untuk nilai estetika, pemangkasan terhadap tanaman hias juga berfungsi untuk mengendalikan pertumbuhan tanaman hias tersebut.

Hal yang paling bermanfaat dari pemangkasan ini adalah, menjaga kesehatan tanaman hias karena dengan pemangkasan biasanya daun atau ranting yang rusak tidak akan menyebar ke yang lain. Pemangkasan pada bagian daun atau ranting yang busuk dan rusak bisa dilakukan secara berkala agar tidak segera menyebar ke yang lainnya. Jika sudah menyebar, maka bisa fatal akibatnya dan bisa membuat tanaman hias menjadi mati. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh siapa saja yang hobi mengkoleksi tanaman hias. Sehingga hal-hal mengenai cara untuk merawat tanaman hias harus dibaca dan dipahami dengan seksama agar nantinya tanaman hias yang ditanam dapat tumbuh dengan indah tanpa kekurangan nutrisi atau mati dalam umur yang belum lama. Cara-cara tersebut pastinya bisa dengan mudah dilakukan oleh siapapun dan tidak memerlukan banyak biaya.

Akan lebih bahagia tentunya jika hasil perawatan tanaman hias menjadi bagus dan bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Hobi bisa dijalankan dengan baik dan peluang usaha juga bisa dibangun dengan melakukan perawatan terbaik pada tanaman hias yang dimiliki. Jadi tunggu apalagi, jika senang dengan melihat tanaman-tanaman hias daun atau bunga yang indah, cobalah dari sekarang untuk menanam tanaman hias dan merawatnya dengan baik. Sehingga nantinya bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan saat waktu luang di rumah dan bisa jadi menjadi kegiatan yang menguntungkan.