Umum

Mengenal Unsur Lingkungan Makro Perusahaan

 

Lingkungan makro merupakan tempat bagi suatu perusahaan untuk mencari peluang dan ancaman-ancaman dalam usahanya yang terdiri dari semua pihak yang terlibat dalam mempengaruhi operasi maupun prestasi perusahaan tersebut. Selain itu, perusahaan juga harus dapat membaca mengenai trend yang tengah berkembang saat ini. Ada beberapa unsur dalam lingkungan makro perusahaan salah satunya adalah lingkungan demografi atau kependudukan. Lingkungan demografi merupakan lingkungan yang membahas terkait jumah penduduk, kelahiran, kematian, kepadatan penduduk suatu daerah. Hal tersebut haruslah diketahui oleh perusahaan karena yang dapat membuat atau membentuk pasar merupakan orang atau kependudukan.

Unsur yang lain dari lingkungan makro perusahaan adalah lingkungan ekonomi yang terkait dengan daya beli penduduk. Lingkungan ekonomi terkait juga dengan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.  Baik itu inflasi yang terjadi, pendapatan yang diperoleh serta pengeluaran suatu Negara yang terkait dengan kegiatan ekonomi. Unsur dari lingkungan makro berikutnya lingkungan fisik atau lingkungan alam. Sebagai seorang pemasar produk diharuskan mewaspadai baik ancaman maupun peluang yang terkait dengan lingkungan alam seperti kekurangan bahan baku. Kita ketahui sumber daya alam itu terbagi menjadi dua yaitu dapat diperbaharui seperti air, tumbuhan, hewan dan tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi, gas alam, emas, perak yang harus dihemat dan bijak dalam pemakainnya supaya tidak cepat habis sumber daya alam tersebut.

Biaya energi yang meningkat juga harus diperhatikan karena seperti yang kita ketahui energy merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Apabila habis akan menimbulkan permasalahan yang serius bagi perekonomian. Seiring dengan perkembangan energi alternatif dengan cara yang efisien dalam menggunakan sebuah energi dan kartel minyak bumi. Hal tersebut menyebabkan harga minyak bumi mengalami penurunan sehingga memperburuk industry eksplorasi minyak akan tetapi membuat peningkatan terhadap pendapatan pemakai minyak bumi. Perusahaan juga harus memperhatikan lingkungan akibat polusi yang ditimbulkan dari kegiatan produksi sehingga lingkungan tidak akan tercemar. Perusahaan harus melakukan gerakan-gerakan untuk peduli terhadap lingkungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *