Bisnis

Mengenal Hosting dan Cara Memilih Hosting Terbaik dengan Mudah dan Cepat

Berbicara tentang internet, tidak akan terlepas dari website ataupun blog. Blog dan website membutuhkan hosting agar dapat eksis dan menjadi pilihan utama pada mesin pencari. Namun masih banyak yang terkendala dalam pemilihan hosting terbaik. Hal ini karena tidak mengenal hosting dengan baik dan tidak mengetahui cara pemilihannya. Bila hal ini terjadi, maka perlu ditambahkan pengetahuan tentang cara pemilihan hosting agar didapatkan hosting terbaik yang cocok untuk website.

 

Sebelum membahas terlalu jauh tentang cara pemilihan hosting, ada baiknya untuk memahami makna dari hosting. Hosting adalah jasa atau tempat yang membantu untuk membuat halaman web yang dibuat menjadi online dan dapat diakses orang lain. Di Indonesia hosting disediakan oleh banyak penyedia jasa. Karenanya pengguna kebingungan dalam menentukan penyedia jasa yang akan digunakan. Lantas, adakah tips untuk memilih hosting dengan mudah?

 

pxhere.com

11 Cara Memilih Hosting Terbaik, Mudah dan Cepat

Dalam pemilihan web hosting yang digunakan, anda harus memngetahui beberapa tips untuk membantunya. Tips yang dimaksud adalah seperti di bawah ini,

  1. Selidiki Fitur yang Ditawarkan

Pertama anda harus memperhatikan fitur-fitur yang dimilikki oleh web hosting. Setiap host, tentunya memiliki hosting yang berbeda dengan host lainnya. Karenanya perhatikan kembali apakah fitur yang dimilikki web host cukup sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak sesuai, carilah web host lainnya yang dapat membantu penggunaan website.

  1. Kenali Tarif yang Digunakan

Berikutnya perhatikan kembali berapa besar dana yang dikenakan untuk tarif web host. Layanan yang diberikan biasanya ditentukan berdasarkan jenis traffic yang diterima. Untuk itu, anda harus mengetahui seberapa besar tarif dari layanan yang diterima. Jika dana tidak sesuai dengan budget yang dimilikki, carilah altternatif web hosting lainnya.

  1. Mencari Situs-Situs yang Menawarkan Web Host

Selanjutnya anda harus mengetahui jenis-jenis situs yang menawarkan web host. Beberapa situs yang dapat digunakan dapat menambahkan skrip sendiri pada halaman statis. Jika membutuhkan halaman script yang dinamis, biasanya akan dibutuhkan biaya tambahan. Carilah informasi terkait melalui situs atau website dari penyedia jasa.

  1. Perhatikan Garansi Layanan

Banyak web host yang memberikan garansi untuk penggunanya. Namun anda harus berhati-hati dengan layanan garansi yang diberikan. Karena tidak semua layanan menyediakan jaminan garansi dana kembali. Perhatikan kembali tentang kapan waktu garansi tersebut dapat digunakan. Karena jika telah lewat, tentunya layanan tidak lagi dapat digunakan kembali.

pxhere.com
  1. Mencari Tahu Reputasi Layanan

Anda yang merasa nyaman dengan sebuah layanan, membutuhkan informasi tentang layanan tersebut. Dalam hal ini mengetahui tentang reputasi layanan yang diberikan. Caranya carilah usalan dan info tentang penyedia jasa. Setelahnya carilah masukkan terkait penyedia jasa, dari sana bandingkan dan tentukan akan menggunakan layanan atau sebaliknya.

  1. Hati-Hati dengan Kata Unlimited

Dalam rangka promosi, banyak yang memanfaatkan kata unlimited untuk menarik pengunjung. Namun sebagai pengguna, anda harus berhati-hati dengan kata tersebut. Karena biasanya diterapkan beberapa batasan dalam jenis file yang diperbolehkan. Jika tidak nyaman dengan layanan ini, sebaiknya carilah layanan berbayar yang cocok untuk kebutuhan.

  1. Perhatikan tentang Jenis Server yang Digunakan

Berikutnya anda harus memperhatikan tentang server yang digunakan. Biasanya web host menggunakan server FTP tipe kompleks. Sedangkan yang lainnya menggunakan panel kontrol sederhana. Untuk menentukan penggunaannya, dapat dibedakan dengan memperhatikan kerumitan situs. Jika cukup rumit sebaiknya gunakan FTP, sedangkan jika tidak gunakan lainnya.

  1. Kemudahan Komunikasi

Anda yang mencari penyedia jasa yang mudah dihubungi, sebaiknya memperhatikan kemudahan komunikasi yang ditawarkan. Penyedia jasa yang baik akan menyediakan banyak media sosial ataupun cara berkomunikasi lainnya. Sehingga, pengguna dapat mengetahui apakah produk yang diminta sudah cukup baik ataupun sebaliknya.

  1. Kelengkapan Statistik yang Dimilikki

Tips dalam memilih hosting lainnya adalah apakah web host menyediakan statistik untuk pengunjung situs. Jika layanan ini dimilikki, tentunya akan menguntungkan untuk usaha yang dijalankan. Karena semakin banyak data yang didapat tentang pengunjung, semakin mudah pula untuk menjangkau pasar yang sesuai dengan target bisnis yang dituju.

pxhere.com
  1. Pemilihan Target Pengguna dan Negara

Langkah lainnya yang harus dijalankan dalam memilih web hosting adalah memilih negara target pengguna. Dalam hal ini, pilihlah sebuah perusahaan yang memiliki lokasi di negara audiens. Contohnya, jika memiliki target negara Asia, maka pilihlah perusahaan hosting yang memiliki data center dinegara-negara tersebut, seperti Indonesia, Malaysia atau China.

  1. Periksa Keuntungan yang Ditawarkan

Terakhir, selain memeriksa harga pastikan kembali apakah layanan yang diberikan sudah cukup mumpuni. Karena layanan inilah yang akan menentukan baik tidaknya keuntungan yang akan didapat. Contohnya, dengan harga $60 keuntungan lain apa yang akan didapatkan setelah penggunaan. Jika dirasa cukup worth it, maka gunakanlah layanan tersebut dan sebaliknya.

Dari sekian banyak tips yang ada, anda dapat memilih beberapa tips untuk memilih dan mengenal hosting terbaik. Atau untuk memudahkan, gunakanlah jasa pembuatan website untuk memilihkan hosting yang tepat. Bahkan, biasanya jasa ini akan memberikan layanan sekaligus untuk pembuatan website dan hosting.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *