Tips Memilih Rumah Untuk Pasangan Muda

Bagi setiap orang menikah merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalankan, terlebih jika mereka telah berada di usia yang pantas. Banyak hal yang dipikirkan selama menjelang atau pasca menikah. Misalnya saja sebelum menikah calon pengantin pasti sibuk memilih gaun pengantin, undangan, gedung dan juga souvenir yang akan di gunakan. Pasca menikah para pasangan muda tersebut akan mulai merencanakan dan menyisihkan budget untuk membeli rumah impian yang akan di tinggali kelak. Mengenai hal ini, tentunya tips memilih rumah untuk pasangan muda sangat diperlukan.

Terlebih, sekarang ini jika ingin membeli rumah kamu bisa melalui situs jual beli online. Jadi, kamu sudah tidak perlu lagi mendatangi satu persatu agen perumahan, apalagi jika waktu senggangmu tidak banyak. Dalam memilih rumah kamu tidak bisa hanya melihat kemewahannya saja, karena ukuran dan lokasi juga akan berpengaruh. Umumnya rumah yang memiliki lokasi strategis akan berpengaruh pada harganya di kemudian hari, jadi bisa untuk investasi. Nah, bagi kamu para pasangan muda jika ingin membeli rumah simak beberapa tips memilih rumah untuk pasangan muda berikut ini ya!

Rumah untuk Pasangan Muda yang Sesuai Kebutuhan dan Budget

Jika kamu pasangan muda yang hanya tinggal berdua, tidak tinggal bersama orang tua dan belum memiliki anak maka pilih rumah yang tidak terlalu besar. Kamu bisa memilih rumah dengan paling tidak tiga kamar tidur sebagai persiapan kelak jika memiliki anak. Beda lagi jika kamu akan tingal bersama keluarga besarmu, paling tidak kamu harus punya empat sampai lima kamar tidur. Tujuan memilih rumah yang tidak terlalu besar juga akan memudahkanmu dalam mengurusnya terlebih jika kamu adalah seorang wanita karir.

Sebelum membeli rumah perhitungkan terlebih dahulu kemampuan finansialmu. Jangan mudah terpengaruh dengan tawaran menggiurkan dari agen properti. Jangan pula tergoda oleh warna cat atau bentuk yang unik kembalikan semua pada kemampuanmu. Jika kamu tidak bisa membeli rumah secara kontan, maka kamu bisa mengikuti program KPR murah yang banyak di tawarkan oleh berbagai bank. Pilih KPR yang memiliki bunga rendah  dan mampu selalu kamu dan pasanganmu angsur setiap bulan. Dengan perhitungan yang tepat kamu tidak perlu khawatir jika kebutuhan hidup yang lainnya akan terabaikan.

www.pexels.com

Tidak cukup melihat bentuk dan ukuran saja ada hal yang lebih penting harus kamu perhatikan saat memilih rumah tinggal. Hal penting itu adalah kualitas bangunan, maksudnya adalah material yang di gunakan. Kamu harus bertanya dengan teliti pada agen properti mengenai kualitas bahan bangunan yang di pakai, karena akan berpengaruh pada umur pakai. Selain itu jika material yang di gunakan bermutu biaya pemeliharaan atau renovasi juga akan berkurang. Jadi, uang yang mestinya di pakai untuk biaya renov bisa di gunakan untuk kepentingan lain.

Pilih Rumah Dari Agen Properti Yang Terpercaya

Agar kamu terhindar dari penipuan agen properti yang menjamur, maka sebelum membeli kamu harus teliti. Kamu bisa memulai dengan mengumpulkan brosur dan membandingkan agen satu dengan yang lainnya sehingga kamu dapat mengambil keputusan terbaik. Harga murah tidak selalu baik, bahkan kamu harus curiga jika harga yang ditawarkan di bawah pasaran. Bisa jadi, itu merupakan salah satu modus penipuan saja. Di balik itu semua, bisa jadi cara menyembunyikan saat kualitas bangunan rumahmu ternyatadi bawah rata-rata. Solusi lebih mudahnya lagi adalah dengan minta bantuan kepada jasa konsultan perumahan yang telah berpengalaman.

Selain itu, melalui agen yang terpercaya, biasanya mereka akan menawarkan garansi kerusakan pada setiap unit yang di beli. Meskipun rata-rata usia garansi hanya berkisar 2 sampai 3 bulan tetapi itu sangat berguna. Sebaiknya jangan melakukan renovasi terlebih dahulu dalam masa 2 atau 3 bulan setelah pembelian agar tidak kehilangan garansi. Nantinya kamu bisa melakukan komplain jika dalam masa garansi ternyata rumahmu tiba-tiba dindingnya ambrol, atap bocor saat hujan ataupun kerusakan lainnya.

Legalitas Harus Jelas

Rumah yang kamu beli statusnya harus jelas siap huni atau inden terlebih dahulu. Jika siap huni, setelah membayar maka kamu bisa segera menempati dan mengurus sertifikatnya. Tetapi lain lagi jika statusnya masih inden, kamu harus menunggu sekitar 9 bulan sampai 1 tahun untuk proses pembangunannya. Untuk rumah yang berstatus inden, di awal kamu hanya bisa memilih lokasi dari peta perumahan yang tersedia. Jadi, rumah yang kamu beli baru bisa di gunakan setelah pembangunan selesai 100%.

Cari Rumah Yang Letaknya Dekat dari Keramaian

Bagi kalian pasangan muda yang memiliki jadwal pekerjaan yang super sibuk, memilih rumah yang lokasinya dekat dengan tempat kerja merupakan keharusan. Selain akan menghemat waktu, hal tersebut juga akan menghemat biaya transportasi yang kamu keluarkan. Jika, kamu tinggal di kota besar yang selalu macet saat jam berangkat atau pulang kerja maka rumah yang dekat dengan kantor akan sangat membantu. Kamu tidak perlu takut terlambat datang ke kantor begitupun saat pulang ke rumah.

Ada saatnya para pasangan tidak bisa selalu berangkat kerja bersama-sama bukan? Nah, memilih membeli rumah yang bisa di jangkau macam-macam alat transportasi sangat penting. Jadi, nanti apabila pasanganmu tidak bisa mengantarmu bekerja atau karena suatu hal lain kamu bisa dengan mudah berangkat sendiri. Apalagi jika kamu adalah seorang ibu muda yang biasanya pulang menyusui anak ketika jam istirahat rumah yang terjangkau oleh banyak alat transportasi pasti sangat membantu.

Usahakan pula, meski di keramaian, pilihlah rumah yang terletak di hook atau pinggir. Ini akan sangat menguntungkanmu. Karena kamu masih bisa sedikit leluasa jika ingin merenovasi atau memperbesar ukurannya. Hal inilah yang jadi alasan mengapa rumah yang berada di pojok atau hook selalu menjadi rebutan daripada rumah yang letaknya di tengah-tengah.

www.pexels.com

Jangan Lupa Survey Sebelum Deal

Karena nantinya rumah yang kamu beli akan digunakan sebagai tempat membesarkan anak, maka memilih lingkungan rumah yang kondusif jauh dari konflik itu perlu. Kamu bisa melakukan survei terlebih dahulu, mengenal dan berinteraksi singkat dengan calon tetanggamu. Dengan begitu kamu akan merasakan lingkungan yang akan kamu tinggali tersebut sesuai atau tidak dengan pola hidup yang di rencanakan. Saat kamu salah memilih lingkungan tempat tinggal maka saat itu pulalah masa depan keluarga dan anakmu di pertaruhkan.

Poin Penting Sebuah Rumah

Ada beberapa hal dari sebuah rumah yang tidak bisa diabaikan keberadaannya, yakni :

  1. Model Rumah

Bagi pasangan muda, rumah minimalis tampaknya sedang menjadi favorit. Alasannya tidak lain karena model rumah ini yang begitu simpel dan cantik. Biaya perawatannya juga cenderung lebih murah daripada rumah dengan desain tradisional yang penuh dengan aksen dan benda antik. Rumah gaya minimalis juga dinilai sangat pas dengan kondisi zaman sekarang yang serba kekinian. Selain itu padu padannya dengan segala macam ornament juga lebih mudah, apalagi dengan interior dan furniture apa saja.

  1. Sirkulasi Udara yang Baik

Jika kamu membeli rumah jadi tinggal pakai, maka perhatikan bagaimana sirkulasi udara di rumah tersebut. Pilihlah rumah yang memiliki ventilasi yang cukup sehingga pertukaran udara bisa maksimal. Selain itu kamu juga bisa menghemat penggunaan listrik dengan mengurangi pemakaian kipas angin atau AC yang berlebihan.

  1. Rumah dengan Pencahayaan yang Bagus Juga Penting

Selain sirkulasi udara, pencahayaan dalam rumah juga penting dan harus di perhatikan. Memilih rumah dengan jendela yang memadai akan membantumu menghemat penggunaan lampu saat siang. Dengan adanya jendela yang cukup cahaya matahari akan lebih mudah masuk ke rumahmu, jadi ketika siang rumah akan tetap terang. Biaya listrik setiap bulan yang anda keluarkan tentunya juga akan lebih sedikit. Selain itu rumah yang membiarkan sinar matahari masuk dengan leluasa akan membuat rumah tersebut lebih sehat.

  1. Usahakan Mencari Rumah yang Memiliki Halaman

Rumah dengan halaman nantinya akan sangat berguna jika kamu merencanakan memiliki keluarga besar. Nantinya di halaman tersebut, selain bisa memarkir kendaraan, bisa juga di pakai sebagai area bermain anak. Hal ini akan lebih bagus daripada membiarkan anak bermain di dalam rumah dengan alat-alat elektronik modern seperti TV atau Hp. Halaman yang ada juga bisa di tanami bunga atau tanaman hijau lainnya yang akan menambah keindahan serta keasrian rumah.

www.pexels.com
  1. Pilih Rumah yang Memiliki Kamar Mandi Lebih Dari Satu

Pilihlah rumah yang memiliki kamar mandi setidaknya dua atau lebih malah bagus. Dengan adanya kamar mandi lebih dari satu kamu bisa membedakan mana yang khusus untuk dirimu, mana untuk tamu atau dipakai bersama. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang kebersihan atau hal lain yang bersifat pribadi.

  1. Cari Rumah Dengan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Terpisah

Keuntungan rumah dengan ruang tamu dan ruang keluarga yang terpisah adalah kamu bisa tetap berkumpul dengan keluarga ketika keluargamu yang lain sedang menerima tamu. Jadi, kamu tetap bisa bercengkrama dengan anak atau suami bahkan saat ayahmu menerima tamunya. Privasi juga akan lebih terjaga tanpa khawatir tamu akan mendengar pembicaraan kita.

  1. Pilih Rumah yang Memiliki Fasilitas Pendukung Lengkap

Fasilitas pendukung di sini yang dimaksud adalah tempat ibadah, parkir umum, ataupun aula berkumpul. Ketersediaan tempat ibadah pada area perumahan adalah salah satu faktor pertimbangan yang selalu di perhatikan saat membeli rumah. Pasalnya ibadah merupakan kewajiban setiap umat jadi sudah tentu jika tempat ibadah sangat di perlukan. Adanya area parkir umum yang cukup juga menjadi nilai plus suatu perumahan. Mengapa demikian, karena saat ada tamu dari luar mereka tidak perlu terganggu dengan kendaraan yang mungkin terparkir sembarangan.

  1. Pilih Perumahan yang Menyediakan Pembuangan Sampah yang Jelas

Sampah memang telah menjadi masalah serius dalam masyarakat, jadi memilih perumahan yang memiliki instansi pembuangan sampah yang jelas itu penting. Dengan begini kamu tidak perlu khawatir sampah menumpuk dan berbau di sekitar rumahmu. Alhasil lingkungan rumah akan menjadi lebih terawat, bersih dan sehat.

  1. Pilih Rumah yang Memiliki Ruang Terbuka di Dalam

Ruang tebuka di dalam rumah itu nantinya bisa kamu pakai untuk area bermain anak atau tempat menjemur pakaian. Agar udara rumah lebih sejuk kamu juga bisa menanaminya dengan tumbuhan hijau atau bunga. Jika mau bersantai bisa juga di tambahkan kursi ataupun ayunan. Jadi kamu bisa ngeteh atau membaca koran sambil mengawasi anak bermain. Dengan begitu kamu bisa menikmati waktu luang bersama anak dengan lebih berkualitas.

www.pexels.com
  1. Pilih Rumah di Area yang Memiliki Taman

Jika kamu termasuk orang yang suka bersosialisasi dengan orang lain lingkungan perumahanmu berarti harus memiliki taman. Karena biasanya saat hari libur orang-orang akan berkumpul di area taman untuk sekedar bersantai atau berolahraga. Nah, saat itulah kesempatanmu untuk mengenal dan berinteraksi lebih dekat dengan tetanggamu. Hal ini tentunya akan mempererat tali silaturahmi antar tetangga.

  1. Rumah yang Kamu Beli Harus Terjangkau ke Berbagai Fasilitas Umum

Membeli rumah yang lokasinya dekat dengan jalan tol, terminal, rumah sakit, skolah, bandara ataupun pasar pasti akan menyenangkan. Karena kamu dapat dengan mudah menuju lokasi tersebut jika sedang dalam keadaan darurat. Misalnya saja jika tengah malam anak sakit saat rumah dekat dengan rumah sakit maka bisa langsung di bawa kesana tanpa takut terlambat di beri pertolongan. Atau lagi jika tiba-tiba ada tamu dan bahan makanan sedang menipis jika rumah dekat pasar kamu bisa langsung berangkat ke pasar.

  1. Pilih Rumah yang Memiliki Garasi

Garasi di suatu rumah merupakan salah satu ruang yang penting. Ruangan tersebut dapat kita gunakan menyimpan kendaraan kita agar lebih aman dan rapi daripada hanya di letakkan di halaman. Garasi juga bisa digunakan sebagai tempat menaruh barang-barang yang di butuhkan cepat seperti payung, jas hujan ataupun sepatu. Garasi tidak perlu terlalu luas sekali yang penting dapat memuat sebuah mobil itu saja cukup.

  1. Jangan Lupakan Menambahkan Interior Rumah

Jika masalah look luar rumah sudah selesai, harga dan metode pembayaran sudah jelas maka saatnya menambahkan interior atau isi rumah yang tak kalah penting. Jika rumah ingin lebih aman kamu bisa memasang CCTV atau menambahkan teralis pada jendela. Tambahkan furniture seperti kursi, meja, dan lemari seperlunya saja sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa menambahkan penampung air untuk mengantisipasi jika suatu saat PDAM bermasalah. Untuk keamanan dari luar kamu bisa memasang pagar besi yang bisa mengurangi resiko pencurian.

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih rumah untuk pasangan muda. Papan atau rumah memang salah satu kebutuhan termahal diatara kebutuhan pokok lainnya. Ketika di rasa secara finansial belum mampu untuk membeli rumah secara cash ada banyak pilihan KPR yang bersahabat. Kamu hanya perlu pandai dalam menimbang dan memilah. Jangan lupa melibatkan pasanganmu atau orang yang lebih berpengalaman untuk di ajak konsultasi. Pasalnya rumahmu nanti tidak hanya akan di pakai satu atau dua tahun saja. Jadi perlu banyak pertimbangan dan pemikiran yang matang sebelum membelinya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kita juga harus memperhatikan nilai investasinya di masa mendatang, kemungkinan turun ataupun naik. Itu semua untuk mengurangi resiko kerugian yang berlebih ketika kelak ingin menjualnya. Nah, sekian dulu ulasan mengenai tips memilih rumah untuk pasangan mudanya semoga bermanfaat.

Post Author: Julia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *