Bisnis

Memilih Mesin Digital Printing

Digital printing adalah salah satu alat cetak yang saat ini banyak digemari pengusaha. Sebab, banyaknya keunggulan yang dimiliki mesin ini membuat si pemilik dapat meraup untung banyak dan konsumen merasakan kepuasan hasil cetak. Hanya saja, tidak mudah memilih mesin digital printing yang tepat.

Pertimbangan Sebelum Memilih Mesin Digital Printing

Nah, bagi Anda yang masih bingung, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih mesin digital printingyang tepat.

  1. Menyesuaikan dengan Target

Dalam dunia percetakan, ada beberapa target pasar yang bisa disasar, yaitu pemerintah (seperti pilkada, pilpres, pemda, dan sebagainya), perusahaan (seperti bank, properti, perusahaan rokok, telekomunikasi, dan sebagainya), retail (seperti perusahaan iklan atau yang secara mandiri membutuhkan cetak brosur). Masing-masing target mempunyai kriteria sendiri dalam memilih hasil cetakan. Sebagai contoh, untuk pemerintah, yang terpenting brosur dapat dicetak dalam jumlah banyak dan murah. Sementara itu, untuk perusahaan biasanya lebih mengutamakan hasil cetak yang berkualitas, ketajaman warna, dan ketepatan waktu yang tinggi. Ini artinya, mesin digital printing yang Anda gunakan harus disesuaikan dengan peruntukannya. Jangan sampai Anda mengeluarkan modal besar untuk membeli mesin dengan tingkat ketajaman tinggi, namun hasil pendapatan yang diperoleh sangat minim karena target sasaran yang salah.

pixabay.com
  1. Melihat Pesaing

Ibarat berperang, Anda harus mempunyai senjata yang lebih canggih dibanding senjata musuh. Dan, mesin digital printing merupakan salah satu amunisi Anda untuk memenangkan pertempuran bisnis. Lihatlah mesin apa yang digunakan oleh para pesaing Anda, baik keunggulan maupun kelemahannya. Sebisa mungkin gunakan mesin yang mempunyai keunggulan lebih sehingga dapat merebut pasar. Mempunyai mesin dengan keunggulan sama dengan pesaing bukan solusi yang baik. Sebab, Anda hanya akan bermain di pemberian harga rendah yang hanya mengurangi keuntungan yang akan Anda peroleh. Seandainya pesaing mempunyai mesin yang kurang halus, usahakan untuk membeli mesin yang menawarkan hasil cetakan halus. Memang, dalam hal ini Anda perlu melakukan riset terkait jenis mesin yang digunakan para pesaing Anda.

  1. Tingkat Pengembalian Modal atau Keuntungan

Ingat, tujuan utama membeli mesin ini adalah mendapatkan keuntungan, termasuk di dalamnya modal dapat kembali dengan cepat. Jangan tergiur membeli mesin dengan kualitas tinggi jika memang penggunaannya biasa saja. Sebab, mesin berkualitas tinggi mempunyai harga yang tinggi pula. Tidak akan berimbang dengan hasilnya jika digunakan untuk mencetak biasa-biasa saja.

pixabay.com

 

Jika memang hanya untuk mencetak biasa, terlebih bagi pemula yang belum banyak menerima pesanan, akan lebih baik mencari mesin dengan harga murah namun sudah berkualitas cukup. Perbaikan kualitas mesin baru bisa dilakukan seiring dengan bertambahnya pelanggan. Dengan begitu, modal akan lebih cepat kembali.

Memang, untuk bisa mengetahui berapa lama modal dapat kembali, Anda perlu memperhitungkan dengan teliti tingkat produktivitas mesin dengan rencana pendapatan yang rasional. Dalam hal ini, Anda harus cermat dalam memperhitungkannya, termasuk risiko biaya mesin rusak.

  1. Mencari Distributor yang Terpercaya

Satu lagi hal penting yang harus diperhatikan saat memilih mesin digital printing, yaitu mencari penjual atau distributor mesin yang terpercaya. Selain jaminan kualitas dan keawetan barang, biasanya distributor yang terpercaya juga memberikan layanan purna jual yang baik, termasuk persediaan spare parte yang lengkap. Hal ini akan memberikan keamanan pada mesin yang Anda beli. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda tetap bisa mendapatkan layanan yang baik.

Hanya saja, memang tidak mudah mendapatkan distributor yang terpercaya. Anda perlu bertanya kepada orang-orang yang pernah menggunakan jasa distributor tersebut. Akan lebih menguntungkan lagi jika distributor yang Anda pilih merupakan distributor yang langsung ditunjuk oleh pabrik pembuatnya. Sebab, sudah bisa dipastikan harga yang Anda dapatkan bisa lebih murah dibandingkan distributor lain dengan kualitas yang tinggi.

pixabay.com

Hal-Hal Penting Diperhatikan Saat Memilih Mesin Digital Printing

Setelah melakukan analisis pertimbangan hal lain yang perlu di lakukan saat memilih mesin digital printing adalah sebagai berikut:

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Setiap mesin cetak digital pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sehingga anda tidak akan bisa membandingkan satu dengan yang lainnya secara langsung.  Sebagai contoh yaitu pada mesin digital large format HP 500 mesin ini sangat bagus ketika mencetak foster dan juga CAD namun kekurangannya ketika digunakan untuk mencetak foto kurang bagus.Sehingganya dalam hal ini yang harus anda tentukan adalah fokus terlebih dulu sesuai kebutuhan cetak yang akan di kerjakan.

Jangan tergiur dengan harga murah dan kemudahan – kemudahan yang di tawarkan namun tidak cocok dengan kebutuhan. Untuk jenis cetakan photograpy, artwork, repro image maka printer sejenis EPSON 9000, EPSON 2100, EPSON 3850, ROLAND Soljet, ROLAND FJ, HP 130 bisa menjadi pilahan. namun jika kebutuhan anda ploting CAD, gambar teknik, cetak poster, sticker maka printer sejenis HP 500 ps, HP 100, Canon cocok untuk dijadikan pilihan. Sedangkan apabila kebutuhan anda adalah untuk mencetak media luar ruang seperti baliho, spanduk, banner dalam format besar maka YASELAN, MYJET, ROLAND AJ1000, NUR, MIMAKI, MUTOH adalah mesin-mesin yang dapat anda pilih.

pixabay.com
  1. Kualitas Mesin Cetak

Apabila mesin yang anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan hal lain yang perlu di pertimbangkan adalah kwalitas dari mesin cetak tersebut. kwalitas mesin cetak dibagi menjadi dua pertama dilihat dari segi pemakaian dan juga dari segi hasil cetak. Pada dasarnya mesin dengan kwalitas baik biasanya memiliki kriteria mudah di oprasikan, suku cadang lengkap dan kuat, terbuat dari material bagus dan kokoh memiliki bentuk yang profesional, komponen awet.

Sedangkan dari kwalitas cetak bisa dilihat bagus sesuai dengan mesinnya misal : mesin cetak foto maka hasil cetak harus menampilkan kwalitas gemut dan memiliki pixel tinta yang tinggi, contoh lain mesin digital CAD harus mampu mencetak garis tipis secara lurus dan jelas dengan warna yang solid tanpa putus. jadi dengan hal ini cetakan bisa dibuktikan bukan dari sekedar iklan melainkan harus dibuktikan di cetak di atas media.

 

Demikianlah informasi mengenai memilih digital printing, yang dapat membantu anda dalam menentukan pilihan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *