Burung kutilang adalah burung hias yang biasanya terdapat di daerah dataran luas dan kaki-kaki pegunungan. Burung ini biasa terbang cepat dari pohon ke pohon dan bersuara pada saat berada tersembunyi di balik-balik dedaunan. Kutilang sendiri merupakan jenis burung yang senang berada dalam kelompok. Uniknya burung ini tidak keberatan untuk berbaur dengan burung jenis lain. Mereka bahkan didapati bermain di sekitar burung yang lebih besar dengan tenang. Burung lain juga mengerti hal ini sehingga mereka tidak berusaha mengusir kutilang jika didapati sedang bermain di dekat kelompoknya.

 

Kecenderungan dan Habitat Burung Kutilang

Jenis burung kutilang di Indonesia sangat banyak dan beragam. Penyebaran burung kutilang berdasarkan jenisnya ini juga banyak. Ini disebabkan burung ini sering dibawa untuk menjadi burung hias atau hadiah dari satu tempat ke tempat lain. Burung kutilang bukanlah burung yang dapat terbang jauh dan burung ini juga memiliki daya tahan yang terdapat. Salah satu jenis burung kutilang yang cukup luas tersebar di Indonesia adalah kutilang emas. Burung ini unik karena walupun disebut burung kutilang emas warna burung ini tidak didominasi oleh warna emas. Bagian sisi burung cenderung hijau sedangkan perut dan leher mereka berwarna kuning terang. Burung ini kecil dan memiliki perpaduan warna yang kontras dan unik sehingga baik untuk digunakan sebagai burung hias. Penyebaran burung ini meliputi banyak tempat. Mereka telah muncul di Bali, Sumatra, Jawa Kalimantan. Burung ini juga ditemukan di Asia Tengah dan India.

 

Burung kutilang yang memiliki kecenderungan untuk diam dan menetap di suatu daerah terkadang terpaksa berpindah karena permasalahan habitat ataupun polusi. Burung ini kemudian akan berpindah secara bertahan menuju lingkungan yang lebih baik. Tidak jarang orang menemui burung ini sedang bermain dan bernyanyi di atas atap rumah. Burung kutilang tidak memiliki pilihan makan yang spesifik sehingga makanannya mudah ditemukan. Burung ini bisa memakan buahan lunak dan berbagai jenis serangga. Pada tempat dengan lapangan rumput atau sawah yang luas burung ini sering ikut berkeliaran di antara kelompok burung pipit.