Indonesia yang memiliki banyak sekali suku, tentunya memiliki ragam masakan yang khas di setiap sukunya. Cita rasa masakan masing-masing suku memiliki keunikan dan keistimewaanya, dimana setiap suku memiliki resep dan cara memasak yang berbeda. Namun dari beragamnya masakan Indonesia tersebut, belum semua masakan Indonesia dikenal oleh dunia. Bahkan CNN pernah mencatat bahwa sudah terdapat 40 jenis masakan dari Indonesia yang dikenal oleh dunia, sisanya masih banyak lagi jenisnya yang belum mendunia atau go internasional.

Saat ini masakan Indonesia sudah mulai merambah lebih luas di negara-negara lain, hal ini dikarenakan adanya teknologi yang semakin canggih sehingga akses komunikasi internasional dapat dilakukan. Banyak sekali influencer makanan yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memperkenalkan makanan-makanan khas di suatu negara, salah satunya tentunya influencer Indonesia yang memperkenalkan makanan Indonesia.

Bahkan anda juga bisa melihat banyak influencer luar negeri yang memperkenalkan makanan Indonesia kepada khalayak umum di dunia, hal ini tentunya menjadi kesempatan baik bagi masyarakat Indonesia untuk lebih mudah memperkenalkan budayanya dengan salah satu caranya memperkenalkan ciri khas makanannya.

Terutama bagi anda yang suka mengunjungi negara lain untuk sekolah, bekerja, atau sekedar jalan-jalan. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memperkenalkan makanan Indonesia di negara lain, caranya adalah dengan membiarkan teman-teman luar negeri anda untuk mencicipi salah satu makanan khas Indonesia. Tentunya hal ini bukan hal yang mudah, karena penjualan makanan Indonesia di luar negeri sendiri cukup jarang.

Sehingga untuk mengatasinya anda bisa memasaknya sendiri, namun anda tetap harus mempertahankan cita rasa asli masakan sesuai dengan asalnya. Tujuannya agar mereka orang-orang luar negeritertarik dengan Indonesia, sehingga anda bisa membantu negara untuk memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia.

www.pexels.com

Daftar Masakan Indonesia yang Khas dan Populer Beserta Resepnya

Apabila anda ingin memperkenalkan makanan Indonesia di luar negeri, tentunya anda perlu mendapatkan makanan dari Indonesia dengan cita rasa yang sesuai dengan ciri khas makanan tersebut di daerah asalnya. Namun terkadang untuk mendapatkannya di luar negeri cukup sulit, sehingga anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri. Berikut ini beberapa daftar masakan Indonesia yang khas dan populer beserta resepnya yang dapat anda ikuti resepnya.

  1. Nasi Goreng Sosis Sayur

Nasi goreng merupakan salah satu makanan Indonesia yang sangat populer di luar negeri, bahkan nasi goreng juga menjadi salah satu ikonik makanan di Indonesia. Biasanya nasi goreng disantap saat sarapan atau saat makan malam, bahkan nasi goreng ini juga biasa menjadi menu andalan di restoran. Nasi goreng cukup mudah dibuat sendiri, salah satunya yang bisa anda buat adalah nasi goreng sosis sayur.

 

Untuk membuatnya anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti nasi putih 1 piring atau secukupnya, sosis 2 buah, kecap manis, kecap asin, garam, mixed vegetables 2 sdm, bawang merah goreng 1 sdm, bawang putih 1 siung, telur 1 butir, dan kaldu bubuk secukupnya.

 

Setelah semua bahan telah disiapkan, selanjutnya adalah mengolah bahan tersebut. Caranya adalah menggeprek terlebih dahulu bawang putih dan kemudian mencicangnya, lalu potong juga sosis sesuai dengan selera. Kemudian kocok juga telur dan masukkan telur bersama bawang putih dan sosis ke dalam mentega atau minyak panas, tumislah sebentar dan anda bisa memasukkan nasi putih ketika tercium bau harum.

 

Campurkan juga kecap asin, kecap manis, garam, dan kaldu bubuk secukupnya, lalu anda bisa menngaduk-aduknya serta menggorengnya. Apabila dirasa rasanya sudah pas, anda bisa mengangkat nasi goreng dan menyajikannya ke piring dan menghiasnya menggunakan sayur segar seperti mentimun atau seledri. Apabila anda salah satu pecinta makanan pedas, anda juga bisa menambahkan sambal ketika memasaknya.

www.pexels.com
  1. Rendang Daging Padang

Makanan Indonesia selanjutnya yang populer di Indonesia dan luar neeri adalah rendang yang berasal dari Padang, dimana rendang ini mempunyai ciri khas yang kuat pada daging dan bumbunya yang harum serta lezat. Memasak rendang memang tidak simpel, namun anda tetap bisa memasaknya sendiri dengan mudah di rumah.

 

Tentunya anda perlu menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu sebelum memasak seperti daging sapi denga kualitas yang tinggi 500 gram dan dipotong-potong menjadi 8 atau 10 bagian, santan kental 600 ml, minyak goreng 5 sdm, dan air 300 ml.

 

Kemudian bumbu yang perlu disiapkan adalah cabai merah 10 buah diiris, bawang merah 6 butir, bawang putih 3 siung, kunyit 3 cm, jahe 3 cm, lengkuas 3 cm, garam 1 sdm, daun kunyit 2 lembar, serai 1 batang, dan asam kandis 2 butir. Semua bumbu tersebut dihaluskan, anda bisa menguleknya atau bisa juga diblender. Kemudian tumislah bumbu tersebut sampai harum, lalu masukkan juga daging dan aduk-aduk sampai warnanya berubah.

 

Campurkan asam kandis, daun kunyit, dan serai serta aduk secara perlahan. Kemudian masukkan air secukupnya dan masak hingga air menyusut, lalu aduk juga secara perlahan. Kemudian masukkan juga santan , lalu masak dan aduk menggunakan api yang sedang. Masaklah sampai daging terasa empuk, kuah berminyak dan kering. Apabila rendang sudah bertektur seperti tiga hal tersebut, anda bisa angkat rendang dan sajikan sesuaid engan selera.

www.pexels.com
  1. Rawon

Rawon merupakan salah satu makanan Indonesia yang berasal dari Jawa Timur, dimana ciri khas dari makanan ini adalah harum dari keluwaknya yang sangat menggoda dan menggugah selera. Biasanya para pecinta rawon mengatakan bahwa rawon lebih nikmat disantap jika sudah diinapkan satu malam, artinya anda memasaknya malam hari dan menyantapnya di pagi hari. Tentunya rawon ini tidak mudah ditemukan di luar negeri, sehingga anda bisa membuat sendiri ketika tidak sednag berada di Indonesia.

 

Untuk membuatnya anda bisa mneyiapkan bahan seperti daging sapi yang agak berlemak 500 gram, air 2 liter, serai 3 batang yang dimemarkan, lengkuas 3 cm yang dimemarkan, daun jeruk 5 lembar, daun salam 2 lembar, minyak 4 sdm, dan daun bawang 2 tangkai yang dipotong-potong. Kemudian anda juga perlu menyiapkan bumbu untuk dihaluskan yaitu bawang merah 5 butir, bawang putih 3 siung, kemiri 2 butir, ketumbar 1 sdt, jahe 2 cm, kunyit 2 cm, cabai merah secukupnya, keluwak tua yang telah dikukus dan diambil isinya 4 buah, serta garam sekitar 2 sdt atau secukupnya. Anda juga bisa menambahkan pelengkap seperti kerupuk udang, tauge pendek 100 gram, telur asin 4 butir, dan sambal.

 

Setelah semua bahan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah memasaknya. Caranya yaitu dengan merebus dagung terlebih dahulu menggunakan api kecil, tambahkan juga lengkuas, serai, daun jeruk, dan daun salam dan tunggu sampai daging matang dan empuk. Setelah dirasa daging telah matang, angkatlah daging dan potong juga menjadi kecil-kecil. Saringlah air hasil rebusan air, kemudian sisihkan juga bersama potongan daging.

 

Selanjutnya tumislah bumbu yang telah dihaluskan sampai berbau harum, lalu campurkan kaldu daging dan masak menggunakan api yang kecil hingga mendidih. Apabila rasanya sudah pas, anda bisa menambahkan daun bawang dan mendidihkannya sebentar. Kemudian angkat rawon dan taburkan juga tauge diatasnya, lalu anda bisa menyantapnya bersama dengan nasi hangat, sambal, dan telur asin.

www.pexels.com
  1. Sate Ayam Madura

Sate ayam merupakan salah satu makanan khas Indonesia juga, salah satunya yang terkenal adalah sate ayam Madura. Sesuai dengan namanya, sate ini berasal dari Madura Jawa Timur. Biasanya sate ayam Madura ini bisa ditemukan di seluruh daerah di Indonesia, namun jarang ditemukan di luar negeri.

 

Sate ayam Madura ini memang cukup sulit dibuat, namun anda tetap bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Tentunya untuk membuatnya anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti ayam yang telah difillet 250 gram yang kemudian dipotong dadu dan ditusuk menggunakan tusukan sate, jeruk nipis 1 buah diiris, minyak goreng 100 ml, bawang merah 3 butir diiris, kecap manis 5 sdm, lontong atau nasi putih.

 

Selain itu, anda juga perlu menyiapkan bahan untuk bumbu kacang seperti bawang putih 3 butir, bawang merah 4 butir, kacang tanah yang digoreng 100 gram, kemiri 2 buah, garam secukupnya, kaldu ayam 150 ml, dan minyak goreng 2 sdm. Kmeudian anda juga perlu menyiapkan bahan untuk membuat sambal seperti cabai rawit 15 buah atau secukupnya, 4 siung bawang putih, garam dan minyak goreng secukupnya.

 

Setelah semua bahan tersebut telah siap, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat bumbu kacang. Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, kacang tanah, kemiri, dan garam. Kemudian tumis bahan yang telah dihaluskan sampai berbau harum, lalu campurkan juga air kaldu dan angkatlah ketika bumbu kacang mengental.

 

Selanjutnya campurkan bumbu kacang 2 sdm dengan kecap manis 2 sdm, celupkan sate ke dalam campuran tersebut dan bakar juga sate sampai setengah matang. Kemudian angkat sate dan celupkan kembali ke dalam bumbu dan bakar kembali sate sampai matang.

 

Selanjutnya and aperlu membuat sambal bawang, caranya adalah dengan menumis bawang putih hingga setengah matang dan campurkan bawang putih tersebut bersama garam dan cabai rawit secukupnya. Kemudian anda bisamenghaluskannya dengan cara diuleg, selanjutnya anda bisa menyajikan sate bersama bumbu kacang, sambal, dan lalapan sesuai dengan selera.

 

  1. Soto Ayam

Soto merupakan salah satu masakan Indonesia yang cukup populer, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Soto sendiri memiliki banyak sekali variasi mulai dari soto babat, soto Betawi, soto sulung, soto daging, soto mie, sampai yang paling populer adalah soto ayam. Biasanya yang akan sering anda temui adalah soto ayam, dimana soto ayam ini seringkali dijadikan santapan ketika di rumah. Namun menemukan soto ayam di luar negeri cukup sulit, sehingga membuatnya sendiri bisa menjadi salah satu pilihan.

 

Untuk membuatnya anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti ayam ½ ekor, air 2 liter, tauge panjang tanpa akar 250 gram, daun bawang 1 batang yang diiris halus, garam 1 ½ sdt, gula pasir 1 sdt, daun jeruk 3 lembar, serai 1 batang digeprek, lengkuas 2 ruas digeprek, dan jahe 2 ruas digeprek. Selanjutnya anda juga perlu menyiapkan bumbu untuk dihaluskan seperti merica bulat 1 sdt, bawang merah 8 butir, bawang putih 4 butir, dan kunyit 3 ruas. Kemudian ada pula pelengkap yang perlu disiapkan seperti seledri 2 batang diiris halus, tomat 1 buah diiris, bawang merah goreng, dan jeruk nipis yang dibelah.

 

Selanjutnya adalah mengolah bahan dan bumbu tersebut, dimana langkah pertama yaitu merebus ayam sampai empuk dan anda bisa mengecilkan apinya. Kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan beserta jahe, lengkuas, serai, dan daun jeruk sampai tercium bau harum.

 

Kemudian angkat tumisan dan masukkan juga ke dalam air rebusan dari ayam, lalu aduk secara merata dan masak kembali sampai mendidih. Tambahkan juga tauge, daun bawang, kaldu bubuk, gula pasir, dan garam. Kemudian aduk kembali dan masak sebentar saja lalu angkat, sajikan soto ayam di dalam mangkuk dan tambahkan juga bahan-bahan pelengkap sebagai hiasan atau teman makan.

 

  1. Cah Kangkung

Cah kangkung merupakan salah satu kuliner Jambi yang cukup populer di Indonesia, namun di luar negeri sendiri anda akan jarang menemukannya. Sehingga anda perlu membuatnya sendiri dengan tentunya menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti 200 gram cumi segar, 3 sdm minyak goreng, 3 siung bawang putih yang dihaluskan, 1 sdm kecap ikan, 50 ml air, 2 ikat kangkung, garam dan gula secukupnya.

 

Sedangkan untuk membuatnya cukup mudah, cara pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci cumi-cumi sampai bersih. Kemudian potong cumi menjadi gurat-gurat kecil, lalu anda bisa sambil memanaskan minyak di dalam wajan. Tumislah bawang putih sampai tercium bau harum, lalu masukkan cumi-cumi dan aduk sampai merata.

 

Selanjutnya masukkan kecap asin, bumbu minyak wijen, air, garam, dan gula. Diamkan cumi sebentar sampai matang, lalu masukkan kangkung dan aduk sampai merata dan matang. Kemudian angkat dan sajikan cah kangkung ke dalam piring.

 

  1. Tempe/Tahu Bacem

Salah satu masakan Indonesia yang cukup populer di Indonesia adalah tempe/tahu bacem, biasanya anda akan menemukannya di warteg-warteg terdekat. Namun jika anda mencarinya di luar negeri, makanan ini cukup sulit untuk dicari sehingga alternatifnya adalah membuatnya sendiri. Untuk membuatnya anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tempe atau tahu 400 gram dan dipotong sesuai dengan selera, air kelapa 800 ml, gula merah 100 gram diiris sisir, kecap manis 2 sdm, daun salam 1 lembar, lengkuas 1 cm dimemarkan, garam ½ sdt, dan minyak secukupnya.

 

Kemudian untuk membuatnya anda perlu menghaluskan terlebih dahulu bawang merah 6 siung, bawang putih 4 siung, ketumbar ½ sdm, dan serai 3 batang. Lalu ungkep atau rebuslah tempe bersama dengan air kelapa, kecap manis, gula merha, daun salam, garam, lengkuas, dan juga bumbu halus hingga matang dan bumbu meresap. Kemudian biarkan hasil ungkepan dingin. Lalu panaskan juga minyak secukupnya dengan api yang sedang, kemudian goreng hasil ungkepan sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan tempe atau tahu bacem yang telah matang bersama dengan sambal atau lalapan.

 

Ketujuh masakan Indonesia tersebut cukup populer di Indonesia maupun di luar negeri, namun kebanyakan sulit ditemukan yang berjualan kuliner tersebut di luar negeri. Sehingga anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dan kenalkan kuliner-kuliner tersebut ke lidah turis asing. Untuk aneka resep masakan lainnya, informasi tersedia di ngopimasi.