Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat dari berbagai usia. Tidak hanya di Indonesia saja, penikmat kopi juga sangat tinggi di beberapa negara di seluruh dunia. Beberapa orang sering mengonsumsi minuman kopi untuk menahan kantuk. Namun tidak hanya itu saja, manfaat kopi ternyata sangat banyak. Kopi memang terkenal dengan kandungan kafein yang bermanfaat bagi tubuh, tetapi hendaknya konsumsi kafein tetap dibatasi agar tidak berlebih. Kopi tumbuh begitu subur di beberapa daerah di Indonesia dengan berbagai jenis varietas yang memiliki karakteristik kopi yang berbeda, begitu juga dengan manfaatnya seperti beberapa kopi berikut.

Kopi Hitam untuk Kesehatan

Beberapa orang lebih menyukai kopi hitam dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Kenikmatan yang didapat dari minuman yang dominan dengan rasa pahit ini membuat banyak orang ketagihan. Tidak hanya nikmat, minuman ini ternyata juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Membantu mengatasi sakit kepala

Penyebab seseorang mengalami sakit kepala bisa karena banyak faktor. Namun untuk sakit kepala biasa umumnya disebabkan karena banyak tekanan dan tingkat stres yang tidak terkontrol. Sakit kepala tersebut biasanya diikuti dengan rasa berat dan kaku pada bagian atas kepala hingga belakang leher. Penyakit ringan ini ternyata dapat diobati dengan cara efektif yaitu minum kopi. Efek tenang yang dihasilkan dari minuman kopi akan membuat otak lebih rileks. Sistem tubuh pun akan bekerja normal dan peredaran darah akan lebih lancar. Suplai oksigen ke bagian kepala pun akan lebih lancar dan sakit kepala bisa reda.

  1. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes merupakan kelainan pada hormon insulin yang tidak bekerja normal. Produksi hormon tersebut berkurang dan membuat kadar gula dalam darah menjadi tidak terkontrol. Bagi pecinta kopi hitam tentunya menjadi kabar baik karena kopi hitam ternyata memiliki manfaat untuk mencegah risiko diabetes. Penyakit tersebut tentu bisa terjadi karena banyak faktor. Mulai dari genetik hingga kebiasaan hidup yang tidak sehat. Membudayakan diri untuk hidup lebih sehat dan mengonsumsi kopi hitam dapat menurunkan risiko penyakit tersebut.

  1. Mencegah kanker kulit

Kulit yang merupakan organ tubuh paling luar sangat rentan mengalami penyakit. Seperti kanker kulit yang bisa terjadi karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Sinar UV yang terlalu banyak diserap kulit akan membuat kulit menjadi tidak sehat. Beberapa gejala dapat muncul, mulai dari kulit memerah dan terasa terbakar, kulit gatal-gatal, kerusakan DNA, hingga kulit mengalami penuaan dini. Gejala penyakit kulit tersebut dapat dikurangi dengan rutin mengonsumsi kopi hitam. Tidak perlu banyak karena kafein dalam kopi yang dikonsumsi berlebih juga tidak baik. Kandungan kafein dalam kopi hitam dipercaya mampu mengurangi risiko kanker kulit melanoma hingga 20 persen.

  1. Membantu metabolisme tubuh

Salah satu manfaat dari kopi hitam adalah membantu memperlancar proses metabolisme. Proses alamiah di dalam tubuh tersebut sangat berperan pada kesehatan seseorang. Kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang baik untuk kesehatan dan fungsi organ tubuh. Mengonsumsi kopi hitam dengan takaran yang pas dan teratur dapat membuat tubuh lebih tenang dan peredaran darah lebih lancar.

  1. Mencegah depresi

Kopi hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan salah satunya adalah mencegah depresi. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi hitam memberikan efek tenang untuk tubuh. Apalagi untuk mengonsumsi kopi yang biasanya menggunakan air panas atau air hangat. Tubuh bisa lebih rileks dan mengurangi tingkat stres atau depresi.

  1. Menjaga daya ingat

Otak memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa sejak seseorang masih kecil. Kemampuan tersebut akan berubah seiring bertambahnya usia. Semakin tua seseorang biasanya akan mengalami penurunan kemampuan mengingat. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang di masa muda sering minum kopi akan lebih baik kemampuan daya ingatnya, meskipun sudah berusia lanjut. Kopi hitam dan kandungan nutrisi di dalamnya akan menjaga kemampuan otak dalam mengingat banyak hal.

  1. Mencegah penyakit jantung

Mungkin penyakit yang satu ini adalah yang paling ditakuti oleh banyak orang. Penyakit ini juga menjadi salah satu dari beberapa faktor kematian. Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan mulai dari makan makanan bergizi, rajin berolahraga, dan jika perlu dengan mengonsumsi kopi hitam. Manfaat dari minuman ini diyakini bisa mengurangi risiko mengalami penyakit jantung.

www.pexels.com

Kopi Hijau dan Manfaatnya untuk Tubuh

Sekarang ini masyarakat bisa mengonsumsi kopi dengan beragam varian. Mulai dari kopi susu, kopi latte, kopi jahe, hingga kopi durian yang cukup unik. Sama seperti jenis kopi yang begitu banyak pilihannya. Salah satunya adalah jenis kopi hijau yang ternyata memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

  1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang paling banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini dapat terjadi karena banyak hal dan bisa membahayakan karena dapat memicu komplikasi. Ada beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan kopi hijau. Jenis kopi ini telah diuji dan dinyatakan mampu mengurangi tekanan darah. Minuman dari biji kopi hijau merupakan alternatif yang aman untuk membantu penurunan tekanan darah.

  1. Membersihkan tubuh dari bahaya radikal bebas

Radikal bebas sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Namun untuk masyarakat modern seperti sekarang ini sepertinya sangat sulit untuk menghindar dari radikal bebas. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan gaya hidup sehat yang bisa mengurangi efek dari bahaya radikal bebas. Salah satu cara mudah yang bisa dicoba adalah dengan rutin mengonsumsi kopi hijau. Minum kopi secara cukup memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan salah satunya adalah sebagai antioksidan. Seperti yang diketahui bahwa antioksidan sangat diperlukan untuk mengurangi bahaya radikal bebas di dalam tubuh.

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat lain yang ada pada kopi hijau adalah untuk mengurangi berat badan. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa ekstra kopi hijau memiliki kemampuan untuk memperlancar metabolisma dan membantu menurunkan berat badan. Selain kafein, kandungan asam klorogenat di dalam kopi hijau disebut-sebut mampu menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan kinerja kognitif

Kopi hijau memiliki kafein yang bermanfaat untuk menenangkan pikiran. Efek rileks ini dapat diperoleh dari minuman kopi hijau yang nantinya akan meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik. Suasana hati yang lebih baik tersebut akan berpengaruh terhadap aktivitas otak. Kafein yang terdapat dalam kopi hijau juga dipercaya mampu meningkatkan daya ingat, kemampuan fokus, kewaspadaan, ketahanan tubuh, meningkatkan reaksi waktu, dan berbagai kinerja kognitif tubuh lainnya.

www.pexels.com

Kopi untuk Kecantikan

Tidak hanya bagus untuk kesehatan, mengonsumsi kopi dengan takaran yang pas juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Manfaat yang luar biasa dari kopi bisa dirasakan pada kulit wajah dengan kemampuan-kemampuan berikut.

  1. Melembutkan kulit

Bagi pecinta kopi tentu bisa setiap hari mereka mengonsumsinya. Mulai dari kopi hitam, kopi luwak, kopi putih, hingga kopi durian memang memberikan kenikmatan tersendiri untuk mereka yang suka kopi. Selain untuk minuman yang enak, kopi juga bisa dimanfaatkan di bidang kecantikan. Kopi bisa digunakan untuk menghaluskan kulit dengan memakainya sebagai scrub alami. Bagi yang memiliki wajah tidak terlalu halus bisa menggunakan kopi sebagai solusi yang paling mudah dan juga aman.

  1. Menghilangkan komedo

Komedo adalah permasalahan kulit yang sering dialami orang. Umumnya komedo akan muncul di bagian kulit sekitar hidung. Setiap orang memiliki risiko komedo dan jika tidak ditangani dengan benar, akan berubah menjadi komedo hitam yang akan mengganggu penampilan. Untuk masalah ini dapat diatasi dengan memanfaatkan bubuk kopi. Kopi bisa digunakan sebagai masker alami untuk menghilangkan komedo. Masker kopi tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit untuk mencegah munculnya komedo.

  1. Mengecilkan pori-pori

Kulit wajah dengan pori-pori yang besar memang sedikit mengganggu. Apalagi untuk wanita, karena pori-pori besar biasanya mempersulit penggunaan make up. Namun bagi yang kulit wajahnya berpori besar tidak perlu pusing karena sekarang kopi bisa menjadi solusinya. Masker yang dibuat dari kopi memiliki kemampuan untuk membersihkan kulit dan membantu mengecilkan pori-pori di kulit wajah.

  1. Mencerahkan kulit wajah

Wajah kusam dapat mengganggu penampilan seseorang. Wajah kusam juga membuat seseorang terlihat lebih tua. Permasalahan wajah kusam ini ternyata bisa diatasi dengan hanya memanfaatkan kopi. Antioksidan di dalam kopi termasuk tinggi dan baik untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Kopi juga mampu mengangkat sel kulit mati sehingga wajah akan lebih cerah. Menggunakan masker kopi secara teratur bisa membuat kulit wajah menjadi lebih segar.

  1. Mengatasi permasalahan jerawat

Jerawat yang muncul di kulit wajah adalah hal yang sangat mengganggu. Selain rasa sakit, jerawat juga membuat orang sering merasa kurang percaya diri. Setelah jerawat hilang pun terkadang masih membuat masalah karena meninggalkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan. Bubuk kopi yang sangat mudah diperoleh ternyata bisa menjadi alternatif untuk permasalahan jerawat. Kopi dapat membantu menghilangkan jerawat dari waktu ke waktu. Caranya juga mudah hanya dengan menjadikan kopi sebagai bahan masker alami. Masker kopi bisa digunakan secara rutin tanpa adanya efek samping. Penggunaan masker kopi juga mampu mengatasi noda bekas jerawat. Menggunakan masker dengan cara yang tepat dan setiap hari akan membersihkan kulit dari noda hitam bekas jerawat.

  1. Mengatasi kulit berminyak

Wajah yang berminyak adalah permasalahan masyarakat di daerah tropis yang panas seperti Indonesia. Banyak hal dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar tidak mengeluarkan minyak secara berlebih. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan serbuk kopi. Bahan yang banyak dijadikan minuman tersebut memiliki kemampuan membersihkan kulit. Tidak hanya kotoran kasar, tetapi juga kotoran berupa minyak dapat dibersihkan dengan kopi. Manfaat menggunakan masker kopi secara rutin akan membantu mengatasi wajah berminyak dan membuatnya lebih lembap.

www.pexels.com

Manfaat Mengonsumsi Kopi Pahit

Kaum adam memang yang paling banyak sebagai pecinta kopi. Ada yang suka kopi hitam dan ada pula yang suka dengan tambahan susu atau gula. Jika mengonsumsi kopi dengan jumlah yang benar, manfaat berikut akan didapatkan.

  1. Meningkatkan produktivitas

Kopi merupakan bahan yang sangat baik sebagai pembakar lemak dalam tubuh. Kafein yang memberikan efek stimulan akan meningkatkan proses oksidasi. Metabolisme dalam tubuh juga akan lancar. Bagi pria, kopi pahit ini sangat bagus untuk meningkatkan aktivitas atau kinerja tubuh selama melakukan olahraga. Kopi juga bagus untuk kesehatan jantung, jika dikonsumsi dengan jumlah yang pas.

  1. Mendukung kesehatan tulang

Kopi dan tulang mungkin oleh sebagian orang dianggap tidak ada hubungannya. Padahal kopi merupakan bahan alami yang juga mengandung kalsium. Unsur tersebut sangat diperlukan untuk kesehatan tulang. Orang yang mengonsumsi kopi akan memiliki kesehatan yang lebih baik terutama pada bagian tulang. Khususnya wanita yang sangat rentan mengalami masalah tulang di usia lanjut atau setelah menopause.

  1. Mengurangi kerusakan fungsi kognitif

Baik pria atau wanita yang sering mengonsumsi kopi pahit akan memiliki kemampuan saraf motorik yang lebih bagus. Penurunan fungsi saraf pada lansia bisa dikurangi dengan rutin mengonsumsi kopi di masa muda. Selain itu, minuman kopi pahit juga bagus untuk kemampuan sensorik tubuh. Beberapa ahli nutrisi menyebutkan bahwa kopi pahit dapat mencegah penurunan fungsi saraf.

  1. Mengurangi potensi diabetes

Rajin mengonsumsi kopi tanpa gula memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi potensi penyakit diabetes. Orang yang suka mengonsumsi kopi memiliki kemampuan yang bagus dalam menjaga produksi insulin. Insulin ini merupakan senyawa yang sangat penting dalam menjaga kadar gula dalam darah. Apabila produksi insulin menurun atau terganggu, maka tubuh bisa mengalami kelebihan gula dalam darah. Minuman kopi pahit tanpa tambahan pemanis bisa menjadi alternatif untuk penderita diabetes tipe II.

  1. Membantu diet gula

Ada banyak hal yang membuat orang perlu melakukan diet gula. Seperti penderita kencing manis ataupun mereka yang ingin menurunkan berat badan. Mengonsumsi secangkir kopi tanpa tambahan gula adalah kebiasaan yang bagus untuk kesehatan dan menjaga berat badan. Metabolisme tubuh yang lancar akan membuat berat badan lebih mudah untuk turun. Kopi hitam ini bisa menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang sedang diet gula.

www.pexels.com
  1. Meningkatkan stamina

Manfaat luar biasa dari kopi lainnya adalah membantu meningkatkan stamina. Beberapa penelitian yang dilakukan di Amerika memberikan pernyataan bahwa kafein dapat membantu tubuh menyimpan energi. Seseorang terutama atlet dapat memanfaatkan kopi untuk stamina yang lebih kuat. Bagi para pria yang pekerjaannya berat juga bisa menggunakan kopi sebagai minuman stamina yang lebih aman. Namun untuk mengonsumsi kopi ini tetap harus dibatasi, tidak boleh berlebih agar manfaatnya bisa dirasakan tubuh.

  1. Membuat otak lebih kreatif

Menghirup aroma kopi saja sudah membuat seseorang lebih tenang atau rileks. Minuman kopi ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan otak. Secangkir kopi yang diminum rutin akan meningkatkan daya ingat otak. Membantu otak untuk tetap bekerja dan berpikir. Otak yang sering digunakan untuk berpikir akan memiliki kemampuan yang lebih baik dan lebih kreatif. Efek rileks dari aroma dan kehangatan kopi akan merangsang tubuh dan saraf di dalamnya untuk bekerja lebih optimal. Metabolisme dan peredaran darah ke otak juga lebih lancar.

Bagi masyarakat Indonesia tentu sangat mudah untuk mendapatkan kopi. Banyak kopi instan dan kopi racikan yang bisa dibeli di warung, kedai kopi, hingga kafe. Supaya manfaat kopi tetap bagus untuk tubuh, sebaiknya batasi konsumsi kopi. Selain dengan mengonsumsi kopi, tetap perlu juga menerapkan kebiasaan hidup sehat lainnya seperti makan makanan bergizi dan olahraga yang teratur.

Post Author: Julia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *