Umum

Manfaat dan Cara Dalam Memakai Kalender Kehamilan

 

Bila anda sudah pernah mengalami kehamilan maka pasti pernah mendengar istilah kalender kehamilan. Ini merupakan sebuah cara agar bisa mengetahui sejauh mana usia dari kehamilan sang ibu. Sebenarnya ada banyak langkah yang bisa dilakukan. Menggunakan kalender ini hanyalah salah satu cara yang bisa dipakai. Sebab bisa pula dengan melalaikan perhitungan manual, dan yang paling sering sekarang ialah dengan cara memakai teknologi USG. Penggunaan kalender ini memang sudah tidak banyak dilakukan. Semenjak adanya USG, orang bergeser memakaikan itu untuk menentukan usia kehamilan. Padahal memakai kalender kehamilan adalah langkah yang begitu praktis dilakukan. Apalagi tidak membutuhkan biaya yang besar.

Cara dalam memakai kalender ini cukup mudah, tetapi beda dengan kalender pada umumnya. Kalender ini khusus dirancang dengan bentuk yang bulat kemudian bersusun. Bagian agar ada tulisan dengan anak panah. Tulisan tadi merupakan terakhir haid dan awal hamil. Nah, langkah dalam memakainya tinggal mencocokkan anak panah tadi pada bagian haid terakhir. Cocokan dengan tanggal yang terdapat pada bagian kertas bawah. Dari situlah kemudian anda bisa melihat sendiri berapakah usia dari kehamilan yang anda alami. Bagaimana caranya sangat praktis kan?

Manfaat dalam Menggunakan Kalender Kehamilan

Berbicara mengenai kalender kehamilan, tentu ketika anda memakainya anda harus mengetahui manfaat dalam menggunakannya. Apalagi cara ini terbilang mudah untuk dipakai dan banyak penggunanya. Bagi anda yang belum paham mengenai manfaat. Berikut ini beberapa manfaat buang bisa anda dapatkan ketika menggunakan kalender tersebut.

  • Dengan menggunakan kalender ini anda bisa dengan mudah mengetahui tentang usia dari kehamilan anda. Akan tetapi anda tidak bisa mengetahui secara detail mengaji perkembangan buah hati sebagai fisiologi. Kecuali anda cari informasi dengan melalui buku yang ada atau informasi di internet.
  • Ketika sudah mengetahui usia dari kehamilan dan perkembangan janin, maka anda bisa dengan mudah melakukan berbagai langkah terbaik untuk mendukung. Bisa diambil contoh ketika sudah 8 bulan usia kandungan, anda bisa mulai untuk melakukan persiapan menyambut buah hati yang akan segera lahir. Serta membantu mengatur pola asupan makanan yang dikonsumsi ibu supaya buah hati selalu dalam keadaan sehat.
  • Bukan hanya itu saja. Manfaat lainnya ialah ibu hamil bisa mengetahui keluhan apabila terjadi hal yang tidak normal. Dengan begitu langkah antisipasi bisa dilakukan agar dapat mengatasi masalah yang ada. Maklum saja, ibu hamil biasanya sangat sensitif dan mudah sekali mengalami masalah terutama dari segi kesehatan. Hal yang bisa berpengaruh nantinya kepada buah hati.

Kelemahan Dalam  Menggunakan Kalender Kehamilan

Ternyata terlepas dari kelemahan yang ada, kalender ini memiliki beberapa kendala yang bisa anda alami. Di mana ketika anda tidak mengingat waktu terkahir haid. Dampaknya anda akan sulit untuk menghitung usia kehamilan dengan memakai kalender. Anda mungkin akan bisa tahu usia kehamilan dengan cara medis yakni USG. Anda juga harus memperhatikan dengan baik agar hasilnya maksimal. Kalender ini tidak bisa hanya sekali saja, anda harus pastikan terus tentang usia kehamilan yang sedang dialami.

Di samping itu, kesalahan terkadang sering kali dialami. Lantaran tidak tepat dalam menentukan hari untuk haid. Hal inilah yang kemudian bisa berdampak terhadap salah memperkirakan waktu kelahiran. Bahkan bisa jadi anak akan dianggap sebagai prematur karena lahir lebih cepat. Salah satu langkah untuk mengatasinya ada baiknya anda melakukan USG. Sesekali perlu untuk memastikan usia dari janin yang ada di kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *