Ilmu pengetahuan adalah satu jal penting yang wajib ada dalam diri manusia. Yang akan membedakan manusia dengan sesama manusia dan makhluk sosial lainnya adalah ilmu yang dimiliki. Kualitas manusia dengan kemampuan ilmu yang tinggi jauh lebih baik karena mereka memahami bagaimana cara untuk bertindak dan berperilaku selayaknya manusia yang diharapkan selama ini. Ilmu bukan hanya bisa didapatkan manusia dari pendidikan formal saja tapi ilmu bisa di dapatkan dari lingkungan tempat tinggal, perilaku keseharian manusia dan beberapa aktivitas pendidikan non formal. Selama manusia hidup maka mereka akan memiliki kesempatan untuk mencari ilmu setinggi mungkin untuk bekal menjalani kehidupan yang lebih baik.

Ilmu akan sangat berguna dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Kita ambli saja kegunaan ilmu untuk membangu sebuah usaha. Selama ini mungkin yang ada di dalam benak kita adalah usaha yang membutuhkan kemampuan otak dan mental yang kuat serta modal yang memadai. Hal tersebut benar dan kita tidak akan mengatakan hal itu salah. Tapi pada saat menjalankan sebuah bisnis atau usaha ilmu dan pengetahuan owner akan sangat dibutuhkan. Salah satu ilmu yang sangat dibutuhkan dalam menjalnkan bisnis adalah ilmu manajemen sumber daya manusiabagi masyarakat biasa ilmu ini pasti masih sangat awam kecuali bagi yang mengambil bidang studi bisnis atau manajemen dan para pengusaha.

pxhere.com

Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Dunia Bisnis

Ilmu manajemen sumber daya manusia adalah ilmu yang menjelaskan tentang bagimana cara untuk mengatur hubungan dan peranan antara sumber daya dan kemampuan yang dimiliki individu dengan tujuan yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan kata lain di dalam ilmu ini akan dijelaskan bagimana sumber daya yang dimiliki individu atau dalam kasus ini karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam ilmu manajemen ini biasanya akan menggabungkan beberapa ilmu dasar seperti psikologi dan sosiologi.

manajemen sumber daya manusia akan menyangkut dengan desain dan implementasi sistem perencanaan dalam menyusun karyawan. Membuat rencana pengembangan karyawan. Pengololaan karir dan evaluasi tenaga kerja. Dengan  pengetahuan ini diharapkan perusahaan dapat memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya manusia dengan maksimal agar dapat membantu membangun perusahaan. Oleh karena itu pada saat pengambilan keputusan perusahaan  ilmu manajemen sumber daya manusia ini sangat dibutuhkan sebagai bagian dari dasar pertimbangan yang sangat penting. Perusahaan yang baik akan memberikan program pengembangan dan kualitas karyawan secara maksimal dan efektif dengan demikian tujuan perusahaan juga akan tercapai sesuai dengan yang telah direncanakan. Ilmu ini akan membuat hubungan karyawan dengan perusahaan akan berjalan dengan harmonis dan saling menguntungkan.

pxhere.com

Manfaat Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia Bagi Perusahaan

Bahasan tentang manfaat ilmu manajemen sumber daya manusia ini tidak hanya cukup dengan bahasan tentang pengenalan ilmu ini dan hubungannya dengan dunia bisnis. Kita juga wajib tahu tentang fungsi ilmu manajemen sumber daya manusia ini bagi sebuah perusahaan. Khususnya bagi perusahaan yang sedang berkembang dan fungsi tersebut adalah:

  1. Membantu membuat Jobdisk Karyawan. Dalam dunia kerja atau di dalam perusahaan memang sangat dibutuhkan pembagian kerja yang sesuai dengan kemampuan yang dimilki pemain. Dengan memanfaatkan ilmu manajemen sumber dayamanusia ini perusahaan tidak akan salah memberikan tugas bagi karyawan bahkan karyawan dapat di berdayakan secara maksimal karena dapat diberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.
  2. Membuat Kinerja karyawan semakin baik. Karena dengan ilmu manajemen sumber daya manusia ini karyawan akan diberikan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki maka bagi karyawan mereka akan mampu mengeluarkan kemampuan terbaik yang mereka miliki sehingga kinerja karyawan juga menjadi lebih baik lagi.
  3. Karyawan akan bekerja dengan enjoy dan tidak akan merasa tertekan. Jika perusahaan menginginkan yang terbaik dari karyawan mereka maka yang paling penting adalah membuat karyawan dapat menikmati pekerjaan yang diberikan pada mereka. Secara psikologis orang yang menikmati pekerjaan yang mereka miliki akan lebih memberikan hasil yang maksimal dibandingkan dengan mereka yang bekerja karena merasa terpaksa dan terkekan oleh kontrak kerja yang telah mereka sepakati dengan perusahaan.
  4. Perusahaan akan berkembang lebih baik. Ilmu manajemen akan sangat berguna untuk memberikan hubungan yang harmonis antara karyyawan dengan perusahaan. Dalam dunia kerja tenaga kerja memang orang yang terikat dengan perusahaan namun perusahaan tidak bisa bersifat sembarangan. Perusahaan akan jauh lebih berkembang jika ada hubungan yang baik dan tidak ada yang merasa di perbudak antara karyawan dengan perusahaan.
pxhere.com

Fungsi manajemen sumber daya ini sangat besar bagi perusahaan. Bisa di bilang dalam mengambil keputusan perusahaan butuh mempertimbangkan aspek ilmu ini agar terjalin hubungan yang baik antara karyawan dengan perusahaan. Selain itu perusahaan mampu mendapatkan kemampuan yang terbaik dari karyawan. Dengan memilihkan tugas yang sesuai dengan kemampuan karyawan akan membuat karyawan bisa memberikan hasil kerja yang sangat baik dan akhirnya akan membantu perkembangan perusahaan.

Peusahaan dan sumber daya manusia adalah dua hal yang harus berhubungan dengan baik demi kemajuan usaha yang dijalani. Bagi karyawan mereka akan merasa lebih dihargai dan di akui jika diberikan tugas yang sesuai kemampuan dan disisi lain perusahaan akan mendapatkan kinerja terbaik dari karyawan.