Umum

Manajemen Bank Indonesia dalam Sistem Keuangan Indonesia yang Meruju Pada Nilai Tukar

 

 

Bank Indonesia merupakan bank pusat yang ada di indonesi yang disingkat dengan nama BI. Bank Indonesia ini adalah lembaga keuangan negara yang bebas untuk menjalani seluruh tugas serta wewenang serta terhindar dari segala campur tangan pemerintahan dan pihak-pihak yang ada, kecuali ada permasalahan yang harus ditindak tegas berkaitan dengan Undang-undang yang berlaku. Tujuan dari adanya Bank Indonesia ini adalah memberikan keamanan serta kestabilan dari nilai jual rupiah Indoensia serta menjalankan semua kebijakan dari moneter secara jelas, berlanjut, dan konstiten. Selain itu, BI ini mempertimbangkan sebagian kebijakan dari pemerintahan di dalam hal keuangan serta ekonomi. Tentu saja Bank Indonesia ini juga memainkan hal penting dalam sistem keuangan yang ada di Indonesia.

Sistem BI dalam nilai tukar kurs

Membahas mengenai Bank Indonesia beserta tujuan utama berdirinya BI ini, maka dari itu perlu kamu ketahui tugas dari Bank Indonesia ini adalah untuk menjalankan serta menetapkan seluruh kebijakan bersifat moneter, mengatur segala sistem pembayaran, dan mengawasi alur atau jalannya seluruh bank yang ada di Indonesia. Wewenang dari BI sendiri yaitu memberikan ketetapan target moneter yang dilakukan dengan cara melihat lajur inflansi di Indonesia, Memberikan sebuah keendali moneter dengan cara tang membuka sebuah operasi dalam pasar uang, menetapkan tingkatan diskonto, menerapkan aturan ktrdit serta pembiayaannya, dan memberikan ketetapan cadangan wajib minimum.

Sistem dari BI dalam hal nilai tukar uang dalam sistem keuangan Indonesia sendiri ada 3 yaitu sistem nilai tukar tetap, mengambang terkendali, dan mengambang bebas. Sistem dari nilai tukar tetap adalah sistem yang menetapkan nilai tukar dari negeri sendiri untuk negara lain yang dilihat dari segi penawaran serta permintaan dari pasar. Untuk sistem nilai tukar mengambang terkendali adalah dengan melakukan ketetapan dari nilai kurs yang tidak murni keseluruhannya dari penawaran serta permintaan pasar uang. Melainkan, sistem ini juga ada campur tangan dari pihak pemerintahan. Sistem nilai tukar mengambang bebas adalah sistem yang tidak ada sedikitpun campur tangan dari pihak pemerintah dan sistem ini hanya ditujukan untuk negara yang mapan dalam segi ekominya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *