Kesehatan

Macam-Macam Nutrisi Dan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Perempuan yang sedang mengandung memang membutuhkan nutrisi dan makanan sehat untuk ibu hamil. Hal tersebut karena memang bayi yang ada dalam kandungan ibu membutuhkan asupan nutrisi yang sehat. Untuk itu jika anda sedang hamil harus menjaga dengan benar pola makan dan jenis makanan yang akan anda makan. Karena makanan yang anda makan bakal mempengaruhi perkembangan janin yang ada dalam kandungan anda. Sebetulnya ketika hamil wanita tidak perlu makan dengan porsi dua kali lipat, hal tersebut merupakan hoak.

Jadi anda hanya perlu untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi yang baik untuk calon bayi anda. untuk itu anda tidak perlu menambahkan makanan yang memiliki kalori tinggi. Makanan yang perlu anda konsumsi sewaktu hamil misalnya susu, pisang, dan satu mangkok sereal juga sudah cukup dalam memenuhi nutrisi untuk wanita hamil. Namun itu hanya sebagai contoh saja, karena banyak sekali makanan untuk ibu hamil lainnya yang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Anda juga bisa mengkonsumsi asam folfat yang memiliki peran sebagai pencegah cacat bawaan, kemudian kalsium dan juga protein yang sangat penting dalam pembentukan tulang bayi dan juga zat besi yang memiliki fungsi untuk membantu sel darah merah dalam membawa oksigen pada janin anda.

Ibu hamil tidak perlu memakan makanan yang banyak namun yang musti anda perhatikan yaitu kandungan pada makanan yang bisa mendukung untuk kesehatan ibu dan janin. Makanan sehat untuk ibu hamil yaitu makanan yang memiliki tingkat nutrisi yang baik. Memang banyak sekali hal yang musti anda perhatikan di saat anda sedang hamil, apalagi jika hamil muda yang memiliki tingkat sensitivitas akibat dari perubahan hormon.

Asupan makanan yang baik untuk ibu hamil memang sangat penting apalagi disaat hamil muda yang memang rentan sekali untuk keguguran. Biasanya pula hamil pada trisemester pertama bakal mengalami kendala kesehatan seperti sering mual yang terkadang mempengaruhi nafsu makan anda. Lalu makanan apa saja yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut ini ulasan mengenai makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa anda temui dengan mudah di pasaran.

pexels.com

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

  1. Asam folfat, asam folfat ini baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena ia memiliki fungsi sebagai pencegahan agar bayi tidak cacat bawaan.
  2. Kalsium, hal ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kekuatan tulang dan gigi bayi nantinya. Jadi bagi anda yang sedang hamil lebih baik untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kalsium tinggi sehingga ketika anak lahir tulang sudah terbentuk kuat.
  3. Serat, biasanya ketika hamil wanita akan kesulitan untuk buang air besar, untuk itu bagi anda yang sedang hamil anda bisa memperbanyak makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini bisa digunakan untuk melancarkan proses metabolisme anda sehingga anda tidak mengalami kendala pencernaa.
  4. Protein, anda juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Hal tersebut bisa digunakan dalam menunjang pembentukan struktur tubuh dan juga otak bayi anda. semakin banyak protein yang anda konsumsi maka semakin cerdas anak anda nantinya.
  5. Zat besi, ibu hamil memang kerap kali mengalami penyakit anemia atau kekurangan darah atau anemia, hal ini karena oksigen banyak yang masuk dalam janin. Untuk itu anda musti mengkonsumsi makanan atau suplemen yang bisa digunakan untuk yang kekurangan zat besi.
  6. Magnesium, untuk mengurangi bayi lahir tidak pada waktunya atau prematur maka anda bisa mengkonsumi makanan yang mengandung magnesium agar bayi anda terlahir pada waktunya.
  7. Omega 3, makanan yang mengandung Omega 3 ini memiliki peran dalam pertumbuhan organ tubuh dan juga syaraf pada calon bayi anda. untuk itu anda musti mengkonsumsi masakan ataupun vitamin yang memiliki kandungan omega 3.
  8. Kalium, sebaiknya ibu hamil baik ketika mengkonsumsi makanan yang memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan cairan
  9. Vitamin B6, mengkonsumi makanan yang mengandung vitamin B6 juga sangat penting untuk membentuk sistem syaraf dan juga otak bayi.

Demikian merupakan makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa anda penuhi ketika sedang mengandung buah hati anda agar anda dan buah hati sehat. Berikut ini beberapa asupan makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh ibu dan bayi dalam 100 gram sajian.

Jenis makanan kaya nutrisi

  1. Bayam

Ketika wanita sedang hamil makanan sehat untuk ibu hamil yaitu bayam. Karena kandungan nutrisi dari bayam mulai dari zat besi, zat folat, serat dan juga kalsium. Kandungan-kandungan yang ada pada bayam tersebut mampu memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Misalnya serat sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan sehingga masalah sembelit yang dialami oleh ibu hamil bakal teratasi. Kandungan kalsium juga bagus untuk kesehatan sebagai penunjang pembentukan tulang pada janin. Sedangkan untuk zat besi memiliki fungsi sebagai pembentukan sel-sel darah merah, karena ibu hamil sering mengalami anemia akibat kekurangan sel darah merah. Selain nutrisi di atas bayam juga memiliki kandungan vitamin C yang baik dalam menjaga daya tahan tubuh untuk ibu hamil. Untuk itu anda bisa memasak dan mengkonsumsi bayam yang masih segar agar nutrisi anda terpenuhi.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang baik untuk dikonsumi ibu hamil. Pasalnya makanan sehat untuk ibu hamil ini memiliki kandungan yang luar biasa untuk menunjang nutrisi anda ketika mengandung. Namun sebaiknya anda mengkonsumsi brokoli yang masih segar yang belum masuk ke dalam kulkas, karena brokoli yang sudah masuk kulkas dalam kurun waktu 24 jam maka kandungan nutrisi bakal hilang. Anda bisa mengkonsumsi brokoli dengan menambahkan pada kuah sup dengan tambahan garam sedikit.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan juga memiliki peranan penting dalam menambah nutrisi untuk ibu hamil. Untuk itu makanan sehat untuk ibu hamil salah satunya dengan megkonsumi buah-buahan. Dengan begitu nutrisi anda bakal terpenuhi.

Biasanya pada trisemester pertama ibu hamil bakal kesusahan untuk mengkonsumsi makanan yang diakibatkan oleh perubahan hormon. Bahkan sering mual, muntah, dan kehilangan nafsu untuk makan. Namun anda musti harus menambah nutrisi yang baik agar janin dan anda sehat. Yaitu dengan memaksakan sedikit demi sedikit makanan sehat untuk ibu hamil, dengan begitu anda bakal sehat dan janin yang ada dalam kandungan anda pun ikut sehat. Memang dalam memilih makanan sehat untuk ibu hamil pada trisemester pertama tergolong susah-susah gampang, namun anda harus cermat dan tepat dalam memilih makanan yang bakal anda konsumsi. Karena makanan yang anda konsumsi bakal menunjang pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan anda. Anda musti berhati-hati dalam memilih makanan pada saat hamil muda. Makanan sehat untuk ibu hamil akan berguna untuk kedepannya seperti mengurangi resiko lahir prematur, keguguran, ataupun cacat saat lahir. Berikut ini jenis makanan yang  bisa anda konsumsi ketika hamil pada trisemester pertama.

pexels.com

Makanan Ibu Hamil Trisemester Awal

  1. Makanan yang mengandung sayuran

Memang pada saat hamil muda, setiap wanita bakal mengalami yang namanya mual hingga muntah atau biasanya disebut sebagai morning sickness. Gejala tersebut bisa dikurangi dengan mengkonsumsi sayuran-sayuran hijau setiap harinya. Namun untuk konsumsinya jangan berlebih harus sesuai dengan porsinya. Karena sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan pula.

  1. Buah

Buah juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Baik dikonsumsi langsung, maupun diolah seperti salad buah, jus, ataupun olahan lainnya. namun buah yang bagus yaitu buah yang segar bukan buah yang ada dalam kaleng. Untuk itu anda bisa membeli buah yang fresh agar kandungan nutrisinya lebih banyak.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang kaya manfaat untuk ibu hamil. Kandungan lemak tak jenuh bisa digunakan untuk menjaga kesehatan percernaan selain itu bisa untuk mengatasi stretch mark ketika masa hamil.

  1. Susu

Susu juga sangat baik digunakan untuk makanan sehat untuk ibu hamil, pasalnya ibu hamil memang membutuhkan asupan untuk protein sehingga susu bisa digunakan untuk memenuhi asupan protein yang dibutuhkan ibu hamil.

  1. Olahan kedelai

Kedelai memang memiliki kandungan protein yang tergolong tinggi, jadi kedelai juga bisa sebagai ganti susu jika anda alergi atau tidak suka dengan susu. Dengan begitu asupan protein anda bakal terpenuhi.

Makanan tersebut di atas bisa anda konsumsi hingga masa kehamilan anda selama 4 bulan. Karena memang masa hamil pada usia kandungan 1-4 bulan rentan sekali terhadap keguguran, ataupun masalah lainnya yang akan menghampiri ibu hamil. Selanjutnya makanan sehat untuk ibu hamil ketika usia kandungan menginjak umur 4 bulan. Karena pada usia 4 bulan ini organ tubuh bayi mulai sempurna. Mulai dari penglihatan iris, kornea, retina, dan juga lensa sudah mulai berfungsi. Janin memiliki kemampuan untuk mengedipkan mata dan bisa melihat cahaya. Selanjutnya pada pendengarannya mulai dari daun telinga hingga organ-organ bagian dalam sudah lengkap dan mulai berfungsi. Pada bulan ke 4 kehamilan ini jenis kelamin bayi juga mulai tampak jelas. Bayi sudah bisa mendengarkan denyut nadi sang ibunda dan juga suara perut ibunda. Lalu apa makanan sehat untuk ibu hamil ketika menginjak usia kandungan ke 4 bulan yang tepat?  Berikut ini makanan yang bisa dikonsumi untuk ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan 4 bulan atau anda bisa mengunjungi Inibagus.com yang menyediakan informasi seputar kehamilan anda.

pexels.com

Makanan Untuk Ibu Hamil 4 Bulan

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki sumber protein yang bagus untuk ibu hamil. Selain itu memiliki kaya akan serat sehingga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit. Karena memang wanita yang sedang hamil biasanya mengalami sembelit untuk itu mengkonsumsi kacang-kacangan dipercaya bisa mengurangi masalah sembelit yang dialami oleh anda yang sedang hamil. Penyebab dari adanya sembelit ini diakibatkan karena tekanan rahim yang semakin besar, kemudian hormon progesteron yang memperlambat gerak pencernaan dan juga suplemen zat besi. Namun dengan mengkonsumsi kacang-kacangan bakal mengurangi sembelit dan bisa menambah protein yang dibutuhkan ibu hamil.

  1. Telur

Telur merupakan sumber makanan yang sangat bergizi dan memiliki kandungan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Kuning telur yang mengandung kolin sangat bagus untuk perkembangan otak janin. Sehingga pada usia kandungan 4 bulan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi telur agar kerja otak calon bayi anda bakal maksimal.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang bagus untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Pasalnya alpukat merupakan sumber makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki banyak kandungan yaitu serat, vitamin k, asam folfat, vitamin B26, dan juga kalium. Alpukat juga tidak memiliki lemak jenuh sehingga bagus untuk kesehatan ibu hamil. Kandungannya pula baik untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil yang memang membutuhkan banyak sekali nutrisi baik dari buah maupun sayuran.

  1. Pepaya

Buah pepaya yang dipercaya memiliki serat yang tinggi dengan kandungan vitamn C, potasium, dan asam folat yang dipercaya ampuh dalam mengatasi sembelit. Untuk itu jika ketika seang hamil anda sering mengalami sembelit anda bisa mengkonsumsi pepaya. Sehingga tingkat sembelit anda bakal berkurang. Selain itu bisa menambah nutrisi baik untuk ibu maupun untuk janin. Karena makanan sehat untuk ibu hamil akan baik untuk pertumbuhan janin kedepannya.

  1. Lemak ikan

Lemak ikan laut dipercaya memiliki kandungan omega 3 yang bisa digunakan untuk kesehatan otak dan jantung janin. Anda bisa mengkonsumsi lemak ikan dengan takaran 12 ons pada setiap minggu. Hal tersebut sudah cukup untuk memenuhi nutrisi pada bayi anda yang membutuhkan asupan omega 3.

Ketika janin sudah menginjak umur ke 7 bulan, itu tandanya janin sudah mulai sempurna dan siap untuk dilahirkan. Namun untuk menunggu waktu lahiran tiba anda musti memberikan asupan nutrisi untuk janin yang masih dalam kandungan agar saat lahir akan mudah dan sempurna. Berikut ini asupan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil pada usia kandungan ke 7 bulan yang infonya juga ada di ini bagus.

pexels.com

Nutrisi Ibu Hamil Usia 7 Bulan

  1. Vitamin B

Vitamin B khususnya B6 sangat dibutuhkan untuk ibu hamil karena vitamin tersebut bisa digunakan untuk membantu dalam proses metabolisme. Vitamin ini bisa anda dapatkan melalui makanan seperti ayam, daging ataupun ikan laut. Untuk itu sering-seringlah untuk mengkonsumsi jenis daging dan ikan agar metabolisme anda teratur saat hamil.

  1. Kalori

Wanita hamil tentunya akan membutuhkan kalori yang lebih banyak dibanding dengan wanita yang tidak mengandung. Untuk memeuhi kebutuhan kalori anda bisa mengkonsumsi karbohidrat sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Makanan yang bisa anda konsumsi untuk memenuhi kalori anda yaitu seperti ubi-ubian, kentang, singkong, ketela, dan juga nasi putih. Kebutuhan kalori yang terpenuhi sesuai dengan porsinya mampu mengontrol berat badan ibu hamil dan bisa mengurangi keluhan ketika mengandung hingga lahiran.

  1. Yodium

Yodium ini bisa membantu ibu hamil dalam membentuk sel baru. Kandungan senyawa tiroksin bisa digunakan untuk membantu mengurangi resiko tubuh bayi kerdil. Untuk itu ketika anda sedang mengandung kebutuhan yodium juga harus dilihat karena bisa menjadi fatal jika tidak diperhatikan. Ketika mengkonsumsi garam hendaklah memilih garam yang beryodium, namun jangan berlebihan ketika menggunakan.

  1. Kalsium

Kalsium untuk ibu hamil biasanya ada dalam kandungan susu merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Untuk itu saat anda hamil anda bisa mengkonsumsi susu baik yang khusus untuk ibu hamil atau tidak untuk menambah kuat tulang bayi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *