Kurma adalah salah satu makanan atau buah yang sudah tidak asing lagi untuk semua orang khususnya untuk orang-orang Muslim. Makanan yang satu ini sering menjadi santapan bagi para umat Islam yang menjalankan puasa. Saat berpuasa, tubuh mengalami pengurangan energi serta kekurangan cairan. Mengkonsumsi buah kurma sebagai makanan pembuka setelah berpuasa selama seharian bisa menjadi salah satu cra mengembalikan energi yang hilang. Selain itu, kurma juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Membeli kurma juga bisa dilakukan dengan mudah. Saat ini kurma sudah banyak dijual di pasaran sehingga tidak perlu khawatir untuk kesulitan saat mencari buah manis yang satu ini. Kurma memang banyak sekali dan paling mudah dibeli saat musim Ramadhan. Namun, pada musim-musim yang lainnya, mencari kurma juga sangatlah mudah. jenis kurma yang paling banyak ditemukan di Indonesia yaitu kurma palm fruit.

Kurma dengan jenis palm fruit adalah jenis kurma yang paling mudah untuk ditemukan di Indonesia atau di negara- negara Muslim yang lainnya.  Kurma ini banyak dibudidayakan dari Tunisia denagn ciri-ciri memiiliki bentuk yang cukup lonjong dan sedikit panjang. Kurma ini juga memiliki rasa yang sangat manis sehingga sangat enak rasanya.  Di Indonesia sendiri, mencari kurma dengan kualitas yang terbaik memang susah-susah gampang. Sehingga untuk mendapatkan kurma dengan kualitas yang cukup enak, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui kualitas pada kurma tersebut. Hal-hal berikut ini bisa digunakan untuk mengetahui kualitas dari kurma terutama jenis Palm Fruit.

www.pexels.com

Cara Mengetahui Kurma Berkualitas Tinggi

Kurma saat ini sudah banyak sekali ditemukan dipasaran namun tidak semua kurma yang dijual dipasaran memiliki kualitas yang bagus. Sehingga ada beberapa hal yang harus diperhhatikan untuk mengetahui buah kurma yang memiliki kualitas terbaik. Kurma dengan kualitas unggulan biasanya memiliki cita rasa yang enak dan lebih manis. Hal ini berbeda dengan kurma-kurma yang berkualitas rendah. Anda bisa menggunakan cara-cara berikut ini untuk mengetahui kualitas kurma yang terbaik.

  • Permukaan Luar Kurma Tidak Lengket

Kurma adalah salah satu buah yang memiliki rasa cukup manis. Hal ini disebabkan kurma mengandung cukup banyak kandungan gula yang baik untuk tubuh seperti mengembalikan kondisi tubuh yang kekurangan energi setelah berpuasa. Namun, seiring perkembangan jaman yang semakin maju serta persaingan bisnis yang cukup tinggi membuat beberapa penjual kurma melakukan praktik curang saat berjualan. Salah satu hal yang mudah untuk dikenali yaitu adanya tambahan pemanis buatan pada kurma. Kurma yang mengandung pemanis buatan biasanya memiliki permukaan luar atau kulit yang lengket. Sehingga pilihlah kurma yang tidak memiliki kulit lengket.

  • Kurma Unggulan dengan Ukuran Besar

Selain memperhatikan permukaan luar yang kering, kurma yang berkualitas unggulan juga memiliki salah satu ciri-ciri berukuran besar. Kurma yang masuk kedalam jenis palm fruit memiliki ciri-ciri berupa ukurannya yang besar dan berbentuk cukup lonjong. Kurma yang berkualitas bagus memiliki ukuran yang besar sehingga daging buah yang dimiliki cukup tebal.

  • Kurma yang Masih Terdapat Kulit Arinya

Memilih kurma yang berkualitas unggulan memang susah-susah gampang. Mencari kurma dengan kualitas yang terbaik bisa dilakukan dengan memperhatikan kulit arinya. Kurma yang berkualitas baik biasanya masih memiliki kulit ari. Kulit ari ini sangat berguna untuk membuat kurma tetap segar. Selain itu, kurma yang masih memiliki kulit ari juga bisa terhindar dari serangga. Kurma yang masih memiliki kulit ari juga bisa terhindar dari Selain terdapat kulit ari, kurma yang masih menempel pada atang atau rantingnya ini bisa Anda pilih. Kurma yang masih utuh beserta batang-batangnya ini biasanya memiliki cita rasa yang lebih enak serta lebih manis. Kurma yang masih utuh beserta batangnya juga lebih terjaga kesegarannya sehingga kualitas kurma yang satu ini cukup baik.

www.maxpixel.net
  • Kurma Berwarna Coklat

Kurma yang masih terlihat segar serta berkualitas unggul memiliki kulit dan daging buah yang berwarna coklat. Beberapa kurma yang masih muda juga biasanya memiliki kulit kekuningan. Kurma dengan warna kekuningan hingga coklat merupakan kurma yang masih cukup segar. Kurma yang berwarna hitam biasanya sudah dipanen dalam waktu yang cukup lama sehingga sudah berkurang kualitasnya. Kurma berwarna hitam selain kurma Ajwa atau kurma nabi kurang berkualitas karena sudah terpasarkan dalam waktu yang cukup lama.

  • Dikemas dengan Baik

Kurma yang baik dan berkualitas biasanya dikemas dengan baik. Kemasan yang kedap udara dan dikemas denagn rapi akan terjaga kesegaran serta kualitasnya. Selain menjaga kualitas rasa dan kesegaran, kurma yang dibungkus dengan baik dan benar bisa menghindarkan dari terkena kotoran maupun dihinggapi oleh serangga. Sehingga memilih kurma yang dikemas dalam kemasan yang baik serta rapi bisa menjadi salah satu hal yangdiperhatikan untuk memilih kurma yang berkualitas. Kurma yang tidak dikemas dengan baik akan mudah terkena kotoran dan hilang kesegarannya. Kurma yang dikemas dalam kemasan yang baik juga bisa tetap menjaga kebersihan dan lebih higienis.

  • Tidak Ada Kristal Gula Pada Kulit Kurma

Kurma yang memiliki kualitas terbaik biasanya tidak memiliki Kristal gula pada bagian luar kulitnya. Kurma yang memiliki Kristal gula menandakan bahwa kurma tersebut sudah tidak segar dan sudah dipasarkan dalam waktu yang cukup lama. Pilihlah kurma dengan kulit ari yang masih utuh, tidak lengket pada kulit arinya serta tidak adanya Kristal gula pada bagian kulit.

www.pexels.com
  • Terdapat Serat Kurma

Kurma selain terkenal sebagai salah satu buah yang cukup manis juga dikenal sebagai buah yang berserat tinggi. Kurma yang berkualitas bagus biasanya memiliki serat yang cukup banyak. Serat-serat ini bisa tampak pada bagian daging buah. Misalnya saja saat Anda membeli kurma di tempat yang jual kurma Ajwa, carilah kurma dengan serat yang cukup banyak. Kurma yang berserat tinggi dan cukup banyak menandakan bahwa kurma tersebut masih cukup segar serta kurma tersebut asli.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencari kurma dengan kualitas terbaik. Tak hanya saat Anda akan membeli kurma palm fruit saja. Bagi Anda yang mencari toko jual kurma ajwa juga bisa menggunakan cara-cara diatas untuk memilih kurma dengan kualitas terbaik, masih terjaga kesegarannya atau tidak. Selain itu, untuk mencari kurma dengan kualitas unggulan juga bisa diperhatikan dari kesegaran kurma tersebut. Kurma yang dikemas dengan baik dan disimpan pada suhu ruangan biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan kurma yang tidak dikemas. Kurma berkualitas baik akan memberikan manfaat yang baik pula untuk tubuh. Terlebih lagi, kurma merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan khasiatnya. Sehingga kualitas kurma sangat mempengaruhi kesegaran dan kehigienisan dari kurma tersebut.