Buah naga dikenal sebagai buah tropis yang kaya akan manfaat. Buah asal Amerika Tengah ini kaya akan kandungan antioksidan, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium, vitamin B1, vitamin B2, serat, vitamin B3, fosfor dan protein. Dengan rasanya yang manis, buah naga dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan jus yang menyegarkan. Selain memiliki rasa yang manis, buah naga memiliki peranan yang cukup penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Tidak hanya itu, manfaat buah naga untuk ibu hamil juga dikenal baik oleh masyarakat akibat kandungan vitamin dan nutrisi yang dikandung oleh buah naga atau pitaya. Untuk mengetahui lebih jelas akan manfaat atau khasiat buah naga, simak ulasannya di bawah ini.

Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Sehat itu mahal. Pendapat tersebut merupakan pendapat yang benar lantaran kesehatan tidak dapat diperoleh dengan mudah dan membutuhkan biaya yang besar untuk melakukan perawatan tubuh. Guna menjaga kesehatan tubuh dengan baik, keberadaan buah naga hendaknya dimanfaatkan dengan baik. Jika diperhatikan dengan seksama, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah naga dapat meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Selama kita mengkonsumsi buah naga secara teratur, kita akan terhindar dari beragam jenis penyakit dan radikal bebas yang membahayakan tubuh. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berikut peran buah naga lainnya yang berkaitan dengan kesehatan tubuh:

pexels.com
  1. Menangkal jamur dan bakteri

Jamur dan bakteri merupakan pemicu timbulnya beragam jenis penyakit. Kolera, panu, TBC dan disentri merupakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri, buah naga dapat dijadikan asupan yang tepat. Tidak hanya dapat terhindar dari jamur dan bakteri, dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin dapat membantu tubuh menyembuhkan luka dengan lebih cepat.

  1. Mengatasi kanker

Khasiat buah naga selanjutnya adalah dapat mengatasi penyakit kanker. Sebagai buah pengobat kanker, buah naga dilengkapi dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Pertumbuhan sel tubuh yang abnormal dapat ditekan dengan baik oleh antioksidan yang terkandung di dalam buah naga. Buah naga juga dapat mengatasi beragam jenis gejala penyakit kanker seperti nafsu makan yang berkurang, mual dan mudah lelah.

pexels.com
  1. Membantu proses pencernaan

Dengan kandungan serat tinggi di dalam buah naga, buah ini mampu membantu proses pencernaan dengan baik. Iritasi pada usus bahkan dapat diatasi oleh buah naga akibat kandungan serat dan vitamin B1 yang ada di di dalam buah naga.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung akan semakin sehat selama kita mengkonsumsi buah naga dengan jumlah yang cukup. Lemak tak jenuh pada buah naga dapat menurunkan kandungan kolesterol pada darah sehingga gangguan pada pembuluh darah dapat dihindari. Organ jantung dapat terasa lebih sehat akibat senyawa phytochemical yang dikandung oleh buah naga.

  1. Menjaga kesehatan pada mata

Vitamin A menjadi jenis vitamin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A sendiri dapat melindungi retina dari paparan sinar yang berlebih. Agar mata dapat melihat secara normal, mengkonsumsi buah naga menjadi kebiasaan baik yang dapat kita lakukan.

  1. Melindungi sistem saraf

Saraf menjadi sistem tubuh yang berperan penting pada tubuh. Jika saraf mengalami kerusakan, kinerja tubuh akan berkurang dan tidak dapat bekerja dengan semestinya. Saraf yang ternutrisi dengan kandungan vitamin dan mineral yang berasal dari buah naga dapat bekerja dengan baik dan berperan sesuai dengan fungsinya.

  1. Menurunkan berat badan yang berlebih
pexels.com

Manfaat Buah Naga untuk Kulit

Khasiat buah naga tidak hanya terfokus pada kesehatan tubuh saja tetapi memiliki peranan yang cukup penting bagi kesehatan kulit. Hal ini dapat terjadi lantaran buah naga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang baik bagi kesehatan kulit. Kandungan antioksidan pada buah naga tergolong sangat tinggi dan mampu menjaga kesehatan kulit dengan baik. Jika buah naga dikonsumsi secara rutin, bukan hal yang aneh jika kita memiliki kulita wajah yang sehat dan nampak lebih muda. Untuk mengetahui manfaat buah naga untuk kulit, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Dapat mencerahkan kulit secara alami

Seperti yang kita ketahui, vitamin C tidak hanya bermanfaat sebagai antioksidan tetapi sebagai alat pencerah kulit alami. Kulit akan semakin halus dan cerah selama kita mengkonsumsi buah naga secara rutin. Untuk mengkonsumsi buah naga, kita dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus atau mengkonsumsinya secara langsung.

  1. Terhindar dari penuaan dini

Penuaan dini menjadi khasiat buah naga yang sangat dielu-elukan oleh semua wanita. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa penuaan dini merupakan “penyakit” yang paling dibenci oleh wanita. Tak mengherankan, para wanita akan melakukan beragam jenis hal untuk terhindar dari penuaan dini. Kulit yang nampak tua dan terlihat awet muda dapat kita peroleh melalui buah naga.

Karena tidak menimbulkan efek samping, mengkonsumsi buah naga dapat dilakukan secara rutin. Semakin sering kita mengkonsumsi buah naga, semakin jelas khasiat buah naga pada tubuh dan kulit kita.