Umum

Proses Pembuatan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Sebenarnya banyak sekali barang bekas yang ada di sekitar aanda mungkin yang hanya dianggap sebagai sampah. Namun sebenarnya barang-barang tersebut bisa menjadi sebuah barang yang bisa memiliki nilai seni yang sangat tinggi di mana anda bisa membuat barang tersebut dengan imajinasi dan kreasi yang anda miliki. Sekarang juga banyak orang-orang yang membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mungkin mereka gunakan sebagai kebutuhan pribadi dan olahan seni yang bisa memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Untuk mendapatkannya juga sangat tidak mudah bahkan jika dijadikan sebuah kreasi seni juga tidak membutuhkan modal yang mahal karena anda bisa menggunakan peralatan yang sederhana yang mungkin ada pada rumah anda.

Untuk bisa membuatnya anda harus membutuhkan keterampilan tersendiri agar bisa menjadi barang yang berguna. Sebenarnya untuk membuat suatu kerajinan tangan dari barang bekas ada yang mudah dibuat tanpa keterampilan khusus namun ada juga yang yang harus membutuhkan keterampilan khusus. Jika anda ingin mencoba membuatnya anda bisa memulai dari bentuk yang mungkin lebih sederhana kemudian anda bisa membuat yang lebih kompleks lagi.

pxhere.com

Kerajinan tangan dari botol bekas

Botol bekas merupakan barang yang mungkin sangat mudah sekali untuk anda dapatkan. Daripada botol-botol bekas tersebut hanya dibuang begitu saja anda bisa menjadikannya menjadi sebuah kerajinan tangan yang sangat bermanfaat. Banyak sekali orang-orang berimajinasi membuat kerajinan dari botol botol bekas. Contoh-contoh seperti :

  • Pot bunga yang di mana cara pembuatannya sangat sederhana anda bisa memotong botol bekas tersebut menjadi dua bagian dan ukurannya bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda yang kemudian anda bisa isi dengan tanah dan tanaman. Jika anda menginginkan pot yang cantik aanda bisa menggambar ataupun cat sesuai dengan kreativitas yang anda inginkan. Dan anda jangan lupa untuk memberikan lubang pada bawah botol sebagai tempat keluarnya air jika tanaman anda disiram.
  • Penutup lampu hias pembuatannya juga sangat mudah di mana anda membuat dari bahan botol bekas dan sendok bekas, anda bisa membuatnya dengan cara memotong bagian ujung pada botol tersebut dengan ukuran kecil. Kemudian sendok plastik bekas nya dipotong dan dipisahkan dari gagangnya sehingga ujung sendok tersebut nantinya akan ditempelkan pada potongan botol bekas yang sudah disediakan sebelumnya satu persatu dengan lem sampai seluruh botol tertutupi oleh potongan sendok tersebut kemudian anda bisa memberikan hiasan tambahan untuk bisa lebih menarik lagi.
  • Tempat menyimpan ATK cara pembuatannya pun cukup sederhana mungkin hampir sama dengan cara pembuatan pot bunga, di mana anda bisa memotong botol menjadi dua, kemudian botol pada bagian bawahnya bisa anda cat atau mewarnai untuk mempercantik tampilannya yang kemudian anda bisa gunakan sebagai wadah untuk menyimpan alat-alat tulis.
  • Celengan juga bisa dibuat dari botol bekas yang di mana caranya sangat sederhana di mana anda bisa memotong botol tersebut menjadi dua kemudian anda bisa gabungkan lagi. Anda bisa membuat lobang pada badan botol sebagai tempat untuk memasukkan uang kemudian anda bisa mewarnai botol tersebut dengan menggunakan cat dan anda bisa tambahkan beberapa artistik agar tampilan celengan tersebut tampak menarik dan imut.
pxhere.com

Kerajinan tangan dari kaleng bekas

Mungkin anda sering sekali melihat kaleng bekas dari susu  atau sampah kaleng lainnya yang sebenarnya anda bisa manfaatkan sebagai bentuk hiasan atau bisa juga barang-barang yang sangat bermanfaat. Jadi jika anda mendapatkan kaleng kaleng tersebut daripada anda harus membuangnya anda bisa mengolahnya menjadi sebuah tempat yang bisa memiliki manfaat. Contoh-contohnya seperti :

  • Wadah perabot memasak ini merupakan salah satu kerajinan yang bisa anda buat dari kaleng bekas yang di mana cara pembuatannya kaleng bekas tersebut anda bisa lubangi pada bagian salah satu sisinya untuk bisa menyimpan tempat perabotan anda. Kemudian bagian luarnya anda bisa cat atau gambar yang mungkin bisa membuat tampilannya terlihat lebih elegan dan unik. Kemudian kaleng bekas tersebut bisa anda paku pada papan kayu yang nantinya bisa sebagai tempat penyimpanan.
  • Wadah lampu ini juga bisa merupakan salah satu kerajinan yang bisa anda buat dari kaleng bekas di mana cara pembuatannya sangat sederhana di mana anda bisa menghubungi kaleng bekas tersebut pada kedua sisinya untuk tempat masuknya lampu. Kemudian pada bagian sisi kaleng lainnya anda bisa buat pola dengan menggunakan lobang anda bisa merubahnya dengan menggunakan paku ataupun alat bor. Bentuk pola dan gambar bisa anda sesuaikan dengan kreativitas sesuai dengan keinginan anda. Langkah terakhir anda tinggal cat agar tampilannya lebih menarik lagi.

Itulah beberapa ilustrasi yang bisa anda jadikan sebagai referensi anda jika anda ingin membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang nantinya bisa anda gunakan sendiri ataupun anda bisa jual kembali agar bisa lebih berharga. Proses dalam pembuatannya pun juga sangat mudah sehingga anda bisa memanfaatkan waktu senggang anda untuk membuat suatu kreativitas yang sangat berguna dan bisa dimanfaatkan bagi orang lain. Jadi jika anda mendapatkan barang-barang bekas di jalan anda bisa ambil dan jadikan sebuah barang yang memiliki nilai ekonomis yang sesuaikan dengan keterampilan anda. Saat ini pun banyak sekali pengrajin tembaga yang benar-benar memiliki keterampilan yang membuat barang tersebut bernilai mahal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *