Untuk masyarakat awam tentunya ia merasa asing dengan kata-kata freon, namun jika kata AC pastinya siapa saja bakal tahun dan sudah familiar dengan kata AC. Di zaman sekarang ini memang banyak sekali penggunaan AC baik di kantor, di rumah, atau juga di dalam kendaraan juga dilengkapi dengan AC atau pendingin. Apalagi di Indonesia yang memiliki isim tropis AC menjadi barang elektronik yang seolah-olah harus ada disetiap rumah, kantor ataupun kendaraan. Namun apakah anda tahu jika AC memiliki senyawa kimia yang mengubah panas menjadi dingin.  Senyawa kimia tersebut bernama freon atau bisa juga disebut sebagai refrigeran. Karena freon ini termasuk sebagai senyawa kimia maka ia tidak memiliki warna, selain itu juga tidak berbau.

Banyak sekali freon yang digunakan pada AC untuk mendinginkan sebuah ruangan. Awalnya pada tahun sekitar 1990 pernahkah anda mendengar kata CFC atau chlorofluorocarbons dan juga pengaruh yang menimbulkan yaitu penipisan pada lapisan ozon. Setelah adanya itu beberapa ilmuan berdiskusi jika yang merusak lapisan ozon yaitu refrigeran, untuk itu ia akan dihapuskan. Namun untuk sekarang ini kesadaran manusia untuk memeriksa pendingin yang ia beli menggunakan refrigeran yang ramah lingkungan atau tidak, kini jarang sekali yang mengecek dan menanyakan. Bahkan ada juga membeli pedingin seperti kulkas dan juga AC namun mereka tidak mengetahui apa itu refrigeran. Sebelumnya anda harus tahu terlebih dahulu apa itu refrigeran yang ada pada kulkas ataupun AC.

www.pexels.com

Refrigeran sendiri merupakan cairan yang dapat mengambil panas yang ada didalam kulkas ataupun ruangan kemudian membuang panas tersebut pada atmosfer bumi. Yang terjadi pada refrigeran yaitu ia akan mengalami perubahan fasa yang semula cair menjadi gas saat menyerap panas, kemudian ia kembali ke cair lagi pada saat kompresor sedang mengompres. Sebuah refrigeran yang baik yaitu yang tidak ada dampak terhadap alam. Refrigeran yang memiliki sifat termodinamika yang akan menguntungkan, keselamatan maksudnya tidak ada racun dan tidak pula mudah terbakar, selanjutnya non korosif maksudnya tidak berdampak pada alam. Untuk sekarang ini agar dapat menghilangkan zat klorin yang ada pada refrigeran, para produsen menemukan sebuah cara dan menciptakannya dalam set pendingin yang disebut sebagai HFC kata lainnya yaitu Hydro Fluro Carbons. Memang semuanya memiliki dampak terhadap pemanasan global atau bahasa kerennya global warming akan tetapi HFC ini lebih baik daripada HCF yang merusak lapisan ozon sedangkan HFC ini tidak mengakibatkan rusaknya lapisan ozon. HFC yang sering digunakan pada AC yaitu yang memiliki type R410A. Jika dibandingkan dengan refrigeran R22, R410A lebih unggul karena tidak berpotensi terhadapa penipisan lapisan ozon pada bumi, selain itu R410A ini tidak menghabiskan banyak energi. Nah berikut ini kelebihan kelebihan freon R410 yang musti anda ketahui.

www.pexels.com

Kelebihan Freon R410  Atau AC Inverter

  1. Kelebihan dari freon AC atau refrigeran R410 atau yang bisa disebut sebagai AC Inverter yaitu ia lebih ramah lingkungan karena ia dapat menghilangkan klorin dari freon atau refrigeran
  2. Yang kedua yaitu freon ini tidak menguras lapisan ozon, sehingga ozon tidak terkikis tiap hari saat kita menghidupkan AC untuk mendinginkan ruangan.
  3. Memiliki cooling index pada ruangan mencapai 92.
  4. Tidak mudah terbakar, sehingga aman ketika terjadi sesuatu.

Demikian kelebihan-kelebihan freon R410 yang sudah anda baca. Memang untuk freon ini relatif baru, sehingga belum banyak diketahui orang. Apalagi orang yang awam terhadap AC dan baru akan membeli AC ia bakal kebingungan untuk memilih jenis freon yang mana yang bagus baik untuk kesehatan maupun untuk alam. Untuk freon R410 ini memang tergolong baru karena baru 6 tahun ia beredar di Indonesia. Dan sekarang ini banyak produsen yang menggunakan freon jenis ini yang digunakan untuk AC. Karena kelebihan freon R410 ini ia tidak memiliki dampak terhadap ozon. Ketika anda sudah memiliki AC, hal yang musti anda perhatikan yaitu bagaimana cara merawat AC tersebut agar tidak cepat rusak. Berikut ini tips untuk merawat AC dengan freon R410 agar ia memiliki umur yang panjang dan tidak gampang rusak.

www.pexels.com

Cara Merawat AC Dan Freon

  1. Untuk AC rumahan anda bisa melakukan perawatan secara ringan yang bisa dilakukan selama 2 minggu sekali hingga sebulan sekali. Jika lokasi rumah anda dekat dengan jalan raya anda bisa melakukan perawatan selama dua minggu sekali, sedangkan jika rumah anda tidak banyak debunya maka anda bisa melakukan perawatan selama satu bulan sekali saja.
  2. Bersihkan saringan udara AC

Saringan udara yang ada pada AC memiliki fungsi sebagai penyaring debu agar tidak menyumbat evaporator. Jika saringan tersebut penuh dengan debu dan tidak dibersihkan maka ia akan mengalami penyumbatan hal ini akan mengakibatkan AC menjadi kurang dingin atau bahkan tidak dingin. Terkadang para pengguna AC tidak sadar dengan adanya penyumbatan pada saringan udara sehingga ia menambah suhu, padahal hal tersebut merupakan hal yang sia-sia. Untuk itu sangat dianjurkan untuk dibersihkan secara berkala, agar AC tetap dingin.

  1. Bersihkan evaporator

Selanjutnya yaitu membersihkan evaporator yang bisa anda lakukan dengan menggunakan penyedot debu yang portabel. Caranya cukup mudah yaitu anda tinggal mengarahkan penyedot debu tersebut ke evaporator, dan jangan sampai menekan siripnya evaporator.

  1. Bersihkan kipas AC

Membersihkan kipas AC merupakan suatu keharusan yang musti anda lakukan agar AC anda tetap aman dan dingin. Debu yang nempel pada kipas angin bisa anda bersihkan, hal ini akan membuat sirkulasi udara pada ruangan akan semakin baik. Selain itu kinerja kipas AC pun akan maksimal dan akan baik untuk kesehatan.

www.pexels.com
  1. Pemilihan freon

Dalam memilih freon memang tidak sembarangan, biasanya yang banyak digunakan pada kantor yaitu jenis AC yang menggunakan freon R410 karena memang kelebihan freon R410 ini tidak memiliki dampak terhadap ozon pada bumi, selain itu tidak tidak mudah terbakar jadi akan aman jika digunakan di kantor-kantor. Sedangkan untuk pengisian freon yang baik yaitu setelah AC dirawat dan pembersihan pada sarang udara. Memang untuk masalah freon ini jarang sekali terjadi masalah karena ia memiliki masa bertahan sekitar 3 tahunan. Namun jika terjadi kerusakan pada pipa freon sehingga freon perlu diisi kembali. Akan tetapi jika tidak ada kerusakan pada pipa freon maka anda tidak perlu mengisinya lagi.

Demikian ulasan mengenai kelebihan freon R410 yang sudah dijelaskan di atas sekaligus cara-cara merawat AC dan freon. Semoga bermanfaat untuk anda yang akan membeli AC baik untuk rumah maupun untu kantor ataupun anda memiliki masalah pada AC. Sebelum anda membeli AC anda juga bisa konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya jika artikel di atas kurang lengkap.

www.pexels.com