Islam

Karpet Kayu dan Berbagai Kelebihan Penggunaannya

Konsep alami tentang desain dan bangunan interior kini mulai kembali sama seperti beberapa tahun yang lalu. Mengambil konsep yang alami dan klasik, namun tetap sesuai dengan kombinasi desain dan mode terbaru saat ini. Maka, karpet kayu ini menjadi salah satu ornamen yang mendukung dan banyak dipilih oleh masyarakat pada saat ini. Terutama dalam hal desain dan penataan hunian interior baik oleh instansi ataupun kalangan pribadi. Bagi kalangan pribadi, terutama oleh para masyarakat pekerja yang bertempat tinggal di perkotaan. pada hal ini, mengapa karpet kayu banyak dipilih oleh masyarakat? tentunya Anda penasaran bukan? bahkan bertanya tanya seperti apakah karpet kayu itu. Karpet kayu yang dimaksudkan disini bukanlah karpet berbahan dasar kayu, melainkan pelapis lantai vinyl yang berbahan PVC. Berikut adalah beberapa alasan karpet kayu banyak dipilih oleh masyarakat

pixabay.com

Alasan Karpet Kayu Banyak Dipilih Masyarakat

  1. Harganya yang terjangkau dan mudah di dapatkan.
  2. Tampilan luar pelapis lantai ini sangat halus dan lembut serta nyaman apabila dipijak bahkan anti selip.
  3. Terdapat berbagai motif dan desain kayu yang beragam.
  4. Mudah dalam pemasangan.
  5. Menjadi salah satu properti rumah tangga atau hunian yang tergolong aman, berbeda dengan keramik atau sejenisnya yang mana bisa rentan pecah. Disamping itu, karpet kayu ini banyak dipilih bagi mereka yang mempunyai lansia atau balita yang mana dapat meminimalisir bahaya akibat jatuh, karena sedikit kemungkinannya akan terjadi benturan apabila Anda terjatuh di karpet kayu ini.
  6. Selain mudah dalam pemasangan, hanya membutuhkan lem untuk merekatkannya. Karpet kayu ini juga bisa dengan mudah dicopot pemasangannya apabila Anda sudah bosan dan ingin berganti dengan lapisan laintai lainnya.
  7. Terdiri dari berbagai jenis, seperti karpet kayu permukaan agak kasar (embossed) atau karpet kayu permukaan halus (non embossed)
  8. Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa bahan kayu maka tidak bisa dicuci bukan? Akan tetapi, berbeda dengan karpet kayu yang satu ini, karena karpet ini tahan air seperti lapisan lantai pada umunya, jadi tetap bisa di pel.
  9. Bisa dikombinasikan dengan plitur atau cat kayu bahkan waxing untuk memperindah karpet kayu ini sesuai dengan selera Anda.
  10. Tahan noda membandel dan goresan serta mudah untuk dibersihkan.
pixabay.com

Beberapa hal diatas merupakan alasan mengapa karpet kayu pada saat ini banyak dipilih. Para pengguna lapisan lantai yang lain kini telah banyak beralih ke karpet kayu ini, karena memang sudah terbukti tentang beberapa keuntungan dari pemasangan karpet kayu ini. Selain untuk hunian rumah pribadi, beberapa instansi dan lembaga juga banyak yang memilih untuk menggunakan karpet kayu ini untuk mendukung desain bangunan mereka. Seperti misalnya Rumah Sakit, Sekolah, dan Masjid. Khusunya untuk harga karpet masjid, per lembarnya sangatlah beragam mulai dari Rp 300.000 sampai lebih dari Rp 1000.000

Mengingat permintaan akan karpet kayu semakin hari kian menungkat, maka pabrik PVC terus meningkatkan produksinya. Dengan mengambil bahan PVC yang lebih ramah lingkungan, karena diperkirakan akan banyak pengguna maka disiapkan dengan bahan yang aman dan tidak berbahaya serta merusak lingkungan. Maka, industri karpet kayu PVC kini memilih dengan bahan daur ulang dan mengurangi bahkan tidak menggunakan tinta yang pekat.

Berdasarkan dari pengalaman pengguna sebelumnya, karpet kayu ini bisa bertahan hingga 20 tahun apabila dirawat dengan baik sesuai dengan aturan yang benar. Akan tetapi, pada dasarnya karpet kayu ini memang sudah di desain dengan desain yang tidak mudah rusak walaupun tertimpa beban berat atau pun goresan.

Mengenai cara untuk memperolehnya, kini sangat mudah. Anda bisa langsung memesan kepada para pembuatnya atau pun membeli di toko bangunan ajau sejenisnya. Dengan harga yang cukup beragam mulai dari Rp 300.000 per lembar. Tidak hanya di luar negeri produk ini ramai digemari masyarakat, sama hal nya di Indonesia karena pada saat ini permintaan akan barang ini juga terus meningkat. Karena tidak bisa dipungkiri, penggunaan karpet kayu ini memang cocok untuk berbagai jenis dan tipe bangunan, baik klasik atau pun modern. Dengan warnanya yang kecoklatan, bisa menambah kesan mewah serta natural yang mana cocok untuk segala model ruangan, baik interior atau eksterior.

pixabay.com

Karpet Kayu berbentuk Tikar Gulung

Selain karpet kayu yang membutuhkan pemasangan menggunakan lem untuk melapisi lantai, atau sering disebut sebagai lapisan PVC juga terdapat karpet kayu yang memang menyerupai karpet pada umumnya. Yaitu bisa digulung dan ditempatkan, dipindah sesuai dengan kemauan dan selera Anda. Hal ini juga tentunya sangat menarik untuk dimiliki, karena masih jarang ditemukan dan tentunya akan memberikan sebuah kesan yang nyaman dan natural dalam pemakaiannya. Karpet kayu semacam ini kini banyak ditemukan diberbagai tempat yang mana biasanya menggunakan karpet dari bahan bulu seperti masjid dan beberapa tempat lesehan lainnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permintaan karpet kayu sebagai pelapis lantai dengan lem ataupun karpet kayu gulung ini terus meningkat dari tahun ke tahun atau terus mengalami peningkatan yang signifikan. Sebagaimana karpet kayu pelapis lantai sebagai penggeser bahan kemarik dan sejenisnya serta karpet kayu gulung sebagai pengganti karpet yang berbahan dasar bulu atau kain. Lantas tunggu apalagi, segera rencanakan perubahan konsep hunian Anda dengan menggunakan karpet kayu ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *