fauna

Tips Memilih Kandang Kucing dan Cara Membersihkannya

Memelihara kucing bisa dikatakan sebuah hobi seseorang agar mendapatkan kepuasan dan lainnya. Saat ini memelihara kucing menjadi salah satu gaya hidup seseorang dan sudah banyak orang yang menyukainya. Nah, bagi anda yang ingin memelihara kucing maka anda perlu memperhatikan beberapa poin yaitu makanan dan kandangnya. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai tips memilih kandang kucing yang sesuai dengan kebutuhan kucing anda.

Memilih Kandang Kucing yang Tepat

Dalah hal memilih kandang untuk kucing anda tidak boleh sembarangan pilih saja. Semua itu demi kelangsungan hidup hewan peliharaan anda. Tidak perlu menunggu lama, berikut ini penjelasannya :

  1. Memilih kandang yang terbuat dari bahan yang tidak membahayakan hewan

Langkah pertama yang harus anda perhatikan adalah lihat bahan utama yang digunakan untuk membuat kandang. Pastinya silahkan memilih bahan yang tidak berbahaya untuk kucing. Pemilihan ini bertujuan agar kucing tidak mengalami cidera selama ada di dalam kandang. Salah satu bahan yang aman untuk membuat kandang yaitu dari bahan aluminium yang memiliki karakteristik ringan, awet, tidak berkarat dan lebih kuat. Ketika memilih kandang yang tepat hal ini bisa mendukung anda agar kucing bisa jinak kepada pemiliknya.

unsplash.com
  1. Memilih sesuai kebutuhan

Langkah kedua dalam memilih kandang yaitu memilih kandang yang sesuai dengan kebutuhan kucing anda. Kalau kandang yang akan anda gunakan untuk kebutuhan ternak maka akan berbeda. Jadi kandang yang digunakan untuk peternakan maka membutuhkan kandang yang lebih besar dari kandang biasa.

  1. Ukuran besar kandang harus sesuai

Ukuran kandang yang anda butuhkan ini pastinya berbeda dengan yang lain. Hal ini bergantung dari ukuran dan jenis kucing yang anda pelihara. Kucing yang memiliki ukuran besar dan lebih berat maka membutuhkan kandang yang lebih besar dan luas. Ukuran kandang yang sesuai dengan jenis dan ukuran akan membuat kucing merasa nyaman dan tidak stres ketika ada di dalam kandang.

  1. Kandang lebih mudah dibersihkan

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses memilih kandang adalah kandang mudah dibersihkan. Kondisi kandang yang lebih mudah dibersihkan ini pastinya akan membuatnya tidak bau sehingga tetap terjaga kenyamanannya. Selain itu untuk mencegah dari berbagai penyakit yang disebabkan karena lingkungan kandang kotor.

Kandang yang mudah dibersihkan ini biasanya dibuat dengan tidak banyak lekukan dan terdapat tempat pembuangan yang ada dibawah kandang. Ketika kandang kotor, bisa membuat kucing anda stres dan tidak mau makan.

Tips Membersihkan Kandang Kucing Dengan Baik dan Benar

Banyak dari kalian yang mungkin belum memiliki kandang kucing di rumah. Kucing bisa saja lepas dan keluar dari halaman rumah anda. Namun juga jangan sampai kucing anda dikurung di dalam kandang terus menerus. Pada dasarnya kucing merupakan salah satu hewan yang jinak sehingga bisa anda latih untuk mengikuti aturan anda.

Ada beberapa alasan yang membuat pemelihara kucing harus menyediakan kandang untuk kucing kesayangan. Biasanya kucing tidak boleh berkeliaran ketika ada di dalam rumah, ketika ada acara kucing tidak boleh keluar, agar kucing tidak kabur dari rumah. Berbegai alasan tersebut yang membuat anda untuk menyediakan kandang yang berkualitas dan pastinya nyaman digunakan oleh kucing.

Kandang yang dimaksud ini adalah kandang yang digunakan untuk tempat tinggal dan sudah tersedia tempat untuk membuang kotoran. Sudah mulai penasaran ingin tahu cara membersihkan kandang yang benar dan tidak sampai mengeluarkan bau yang kurang sedap?  Silahkan simak penjelasan berikut ini :

  1. Membersihkan kandang secara rutin, minimal satu hari satu kali. Kemudian tidak lupa untuk mengganti pasir ketika membersihkan kandang dan silahkan dicuci
  2. Pastikan kandang anda terdapat sirkulai udara agar tidak menimbulkan bau pada ruangan yang digunakan untuk tempat kandang.
  3. Menyemprot kandang menggunakan air, dalam hal ini anda tidak perlu setiap hari. Cukup anda lakukan seminggu sekali saja.
  4. Silahkan semprot cairan desinfektan pada kandang dan disikat sampai bersih.
  5. Ketika anda melihat kucing anda sedang membuang kotoran, silahkan segera anda bersihkan. Ketika kotoran kucing sudah lama mengendap di dalam kandang maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini bosa mengurangi mood kucing untuk melakukan aktivitas dan makan. Apalagi ketika kotoran tersebut sampai terinjak oleh kucing, bakalan terbawa kemana-mana.
  6. Mengganti pasir setiap hari, mengingat ketika kotoran kucing terlalu lama dibiarkan maka akan menimbulkan penyakit yang datangnya dari virus seperti toxoplasma. Virus ini bisa saja menyerang kucing kesayangan anda.
  7. Pasir yang sudah terkena kotoran lebih baik dibuang. Ketika anda merasa kalau sayang kalau dibuang maka lebih baik cuci pasir setelah digunakan. langkah ini bertujuan agar tidak adanya virus yang menyerang.
  8. Semprot parfum ruangan agar tidak bau kandangnya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara memilih kandang yang tepat untuk kucing kesayangan di rumah. Setelah memilih kandang maka anda harus paham cara membersihkannya agar tetap bersih dan tidak menimbulkan bau. Salah satunya dengan memilihara Long hair calico cat yang sudah populer di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *