Mendekor Kamar Tidur Anak Untuk Kecerdasan Anak

Pada umumnya para orangtua ingin mendesain dan mendekor kamar tidur anak mereka yang bisa membuat anak-anaknya merasa senang dan nyaman pada saat berada di dalam ruangan kamar. Karena ruang kamar pastinya lebih banyak digunakan untuk tempat beristirahat namun bagi anak-anak kamar juga harus bisa dimanfaatkan sebagai area bermain dan belajar. Dan biasanya kamar anak sering sekali berantakan walaupun sudah dirapikan. Jadi anda harus bisa mengetahui cara yang benar dalam mendekor kamar agar bisa merasakan nyaman menyenangkan dan indah untuk dilihat.

Tips mendekor kamar tidur anak

Mungkin yang kita ketahui bahwa untuk mendesain ruangan lain pastinya lebih mengutamakan tersedianya furniture dan gaya ruang agar terlihat bagus. Namun jika anda mendekor dan mendesain kamar tidur anak lebih berfokus untuk memberikan tempat yang luas. Karena dengan adanya tempat yang luas anak-anak akan lebih leluasa saat bermain atau pun belajar di dalam kamar mereka. Berikut cara-cara yang bisa anda gunakan untuk anda mendekor kamar anak :

www.pexels.com
  • Meletakan meja belajar : sebaiknya Anda bisa bekerjasama dengan anak Anda pada saat ingin mendesain ataupun mendekor kamar tidur mereka agar anda bisa mengetahui apa yang diinginkan anak-anak dan yang diperlukan untuk mereka. Sehingga dengan anda melibatkan mereka anda bisa merasakan hubungan yang kuat antara anak dan orang tua bahkan anda bisa lebih mengenal karakter anak anda. Pada saat anda ingin mendesain dan mendekor ruangan kamar sebaiknya anda harus bisa memperhatikan hobi dan beberapa hal lain yang menjadi kesukaan mereka. Jadi sebaiknya pada saat anda mendesain kamar tidur mereka anda harus bisa sesuaikan dengan karakter anak anda. Jika anda mempunyai anak yang lebih menyukai kegiatan membaca ataupun menggambar anda bisa mendekor kamar tidurnya dengan meletakkan meja dan rak buku di dalam ruangan kamar. Jadi anda harus bisa mendesain ruangan kamar yang bisa merangsang tumbuh anak kembang anak dengan tersedianya banyak ruangan harus perlu anda ingat jika anda memiliki anak yang sering melakukan kegiatan belajar membaca jangan anda menggunakan banyak furniture dan benda lainnya di dalam ruangan kamar mereka. Sehingga anda harus bisa menyediakan satu ruangan kosong yang sangat nyaman untuk anak-anak lebih leluasa pada saat melakukan kegiatan belajar membaca agar mereka bisa lebih santai. Anda juga bisa menyediakan beberapa tempat yang bisa digunakan untuk memajang hasil karya anak anda agar ruangan kamar mereka akan terlihat lebih indah.
  • Meletakkan rak buku : anda harus memperhatikan hal yang sangat penting dalam mendekor ruangan kamar untuk anak anda berapapun usia anak anda Anda harus bisa menjaga keselamatan anak. Jadi jika anda ingin mendekor kamar anak anda dengan menggunakan furniture seperti rak buku sebaiknya anda harus bisa memperhatikan tata letak yang tepat yang bisa dijangkau dengan mudah dan tidak membahayakan bagi anak. Memang dengan anda meletakkan rak buku sangat bermanfaat sekali untuk anak agar anak-anak lebih rajin dalam melakukan kegiatan belajar ataupun membaca. Anda juga bisa menambah beberapa permainan yang memiliki tema sains pada dekorasi ruangan kamar anak. Perlu anda ingat kembali bahwa anda harus bisa meletakkan furniture yang tinggi seperti lemari ataupun rak agar tidak berbahaya bagi anak dan sebaiknya anda bisa memilih furniture yang bagian sudutnya tidak tajam.
  • Meletakkan tumbuhan hidup : dengan anda meletakkan tumbuhan hidup pada dekorasi ruangan kamar anak bisa membuat ruangan menjadi sejuk dan terlihat sangat indah. Hal ini sangat bermanfaat untuk bisa merangsang tumbuh kembang anak bahkan bisa mengajarkan anak untuk belajar mengenal proses hidup tumbuhan. Apalagi jika anak anda sangat menyukai sains sehingga anda bisa mendekorasi dengan meletakkan tumbuhan hidup di dalam ruangan kamar sebaiknya anda harus bisa meletakkan beberapa jenis tumbuhan yang berbeda beda agar suasana tidak membosankan bagi anak anda. Sebenarnya dengan anda meletakkan tumbuhan hidup bisa juga untuk memberikan tampilan yang sangat indah pada ruangan kamar. Anda juga bisa mengajak anak anda untuk menanam tumbuhan tersebut sendiri agar mereka bisa belajar menanam dan merawat tumbuhan tersebut. Apalagi jika anda berada di dalam lingkungan perkotaan dan jauh dari lingkungan alam sangat cocok jika rumah anda bisa didekor dengan tumbuh-tumbuhan hidup.
  • Meletakan alat olahraga : setiap anak memiliki hobi dan ketertarikan pada bidang tertentu jadi anda bisa menentukan desain ruangan kamar yang lebih fokus di dalam satu elemen seperti pada bidang olahraga. Jika anak anda memiliki hobi olahraga basket anda bisa memasang ring basket di dalam ruangan kamar mereka. Anda bisa meletakkan tempat tidur ataupun kasur yang bertingkat agar ruangan kamar tersebut lebih terlihat luas dan tidak pengap. Jadi anda jangan terlalu meletakkan banyak benda ataupun furniture di dalam ruangan kamar anak agar anak anda akan lebih leluasa pada saat mereka bermain di dalam kamar.
  • Mendesain dengan minimalis : memang dalam memilih desain kamar tidur anak tidak semudah dengan mendekorasi ruangan rumah lainnya. Mungkin pada biasanya ruangan lain lebih didekor dengan peletakan banyak furniture dan gaya ruang namun untuk mendesain ruangan kamar untuk anak anda harus bisa memberikan tempat yang luas untuk anak anda bisa lebih banyak melakukan kegiatan pada saat berada di dalam kamar. Sebaiknya pada saat anda mendesain kamar anak anda bisa menggunakan warna untuk dinding pada kamar yang netral karena biasanya anak-anak memiliki selera yang berubah-ubah seiring dengan perkembangan usia mereka. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kebosanan yang akan dirasakan bagi sang anak.
  • Meletakkan dinding tulis : biasanya anak-anak menjadikan kamar sebagai tempat untuk melakukan kegiatan yang bisa mengasah kreativitas mereka jadi sebaiknya anda bisa mendesain dan mendekorasi dengan menyediakan satu dinding untuk bisa menampilkan hasil karya mereka atau untuk mereka belajar menulis dan menggambar dengan mencoret-coret dinding tersebut. Dengan dekorasi seperti ini anda bisa memantau perkembangan tumbuh kembang anak. Jadi sebaiknya anda bisa memilih cat dinding yang aman dan mudah untuk anda bersihkan jika anak anda melakukan coret-coret pada dinding kamar mereka.
  • Tersedianya area bermain dan latihan : biasanya anak-anak ingin sekali memiliki tubuh yang kuat agar mereka bisa terlihat seperti pahlawan super yang menjadi kegemaran mereka. Sehingga dengan hal tersebut anda bisa memanfaatkan ketertarikan mereka dengan mendekor ruangan kamar mereka dengan tersedianya arena bermain untuk berlatih otot. Biasanya desain ini banyak digunakan untuk rumah yang letaknya ada di daerah perkotaan dan jauh dari alam. Sehingga dengan anda mendesain seperti ini anda bisa membuat anak anda lebih banyak melakukan aktivitas agar bisa membuat otot dan tubuh mereka sehat dan kuat.
  • Mendesain dengan membuat tema musik : juga bisa membuat tema musik di dalam ruangan kamar anak anda untuk bisa bermanfaat bagi perkembangan anak. Di mana musik sudah terbukti bisa membuat anak lebih peka dan ekspresif. Jadi jika anda memiliki anak yang menyukai musik anda bisa memilih desain dengan tema musik. Di mana anda bisa meletakkan sejumlah alat musik yang ringan dan mudah untuk dimainkan oleh anak-anak. Dan anda bisa memanfaatkan laci untuk tempat penyimpanan ataupun kabinet kecil sebagai arena panggung. Anda juga bisa menambahkan hiasan dinding yang lucu untuk membuat tampilan ruangan kamar anak anda akan semakin cantik dan indah untuk dilihat.
  • Mendesain dengan membuat tema yang ingin bercita cita menjadi dokter : ada anak-anak yang ingin bercita-cita menjadi seorang dokter sehingga hal ini bisa menjadi suatu pertimbangan bagi anda dalam menentukan desain untuk ruangan kamar anak. Jadi jika anak anda memiliki cita-cita sebagai dokter anda bisa mendesain nya dengan memilih pernak-pernik yang bertema dokter pada ruangan kamar mereka. Anda bisa memadupadankan berbagai macam tekstur dan warna baik dari segi furniture, cat ataupun elemen dalam dekorasi lainnya. Anda juga bisa mengkombinasikan kan dengan furniture yang berbahan lembut seperti Bean Bag sebagai tempat duduk santai pada saat mereka ingin membaca buku. Dan sangat disarankan anda bisa memilih bahan yang mudah untuk dibersihkan dan bisa dicuci.

Dengan penjelasan di atas anda bisa menghasilkan dekorasi yang baik untuk kamar tidur anda yang sempurna. Sehingga jika anda memiliki rencana penataan ruangan tersebut dengan secara hati-hati maka anda anda bisa menjadi lebih cerdas. Jika anda kesulitan dalam mendekorasi anda bisa menggunakan jasa dekorasi yang bisa anda cari melalui internet.

www.pexels.com

Menyediakan kamar mandi di dalam ruangan kamar

Ada juga orang tua yang menyediakan bedroom decorating ideas pada ruangan kamar anak mereka. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan anak-anak jika ingin buang air kecil atau mandi tidak perlu mereka keluar ruangan kamar. Bahkan juga sangat memudahkan anda jika ingin memandikan mereka. Dan dekorasi yang bagus untuk kamar mandi untuk anak sebaiknya pada lantainya anda desain untuk kamar mandi kering agar lantainya tidak licin dan anak anda tidak akan terpeleset jika sedang menggunakan kamar mandi tersebut.

Namun untuk menyediakan kamar mandi pada ruangan kamar tidur anak anda pastinya membutuhkan luas yang sangat besar. pada ruangan kamar anak bisa membuat anak menjadi senang dan ceria pada saat mereka sedang membersihkan dirissambil bermain. Apalagi anak-anak paling suka sekali dengan bermain air bahkan bagi orang dewasa pun mereka akan merasa rileks dengan berenang di dalam bath tub yang penuh dengan air.

Dengan membuat kamar mandi anak merupakan salah satu cara terbaik bagi orang tua agar anaknya bisa mendapatkan fasilitas yang terbaik di dalam rumah. Karena banyak anak yang sulit untuk diajarkan mandi. Sehingga dengan anda mendesain kamar mandi anak maka anda akan mengajarkan anak anda untuk bisa menjaga kebersihan dengan cara yang menyenangkan. Selain itu anda juga harus memiliki tujuan utama dari mendekor kamar mandi anak yaitu agar anak anda bisa mendapatkan kemudahan pada saat mereka mandi. Karena biasanya kamar mandi utama yang ada di dalam rumah hanya bisa digunakan untuk orang dewasa saja karena kamar mandi tersebut memiliki shower yang tinggi, bath tub yang dalam dan perlengkapan lain yang biasa dipakai oleh orang dewasa. Sehingga dengan hal tersebut sangat tidak aman bagi anak-anak apalagi mereka juga tidak bisa meraih shower yang diletakkan cukup tinggi. Itulah alasan kenapa perlu untuk mendekor kamar mandi anak dengan sistem dan struktur ruangan khusus untuk anak-anak.

Dalam mendekorasi kamar mandi utama yang biasa digunakan oleh orang dewasa dan kamar mandi untuk anak memang cukup berbeda namun pada umumnya anda sangat disarankan untuk melakukan beberapa hal yang sama. Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk mendekorasi kamar mandi untuk anak tidak sulit. Sama halnya seperti anda saat mendekorasi interior kamar tidur anak.

www.pexels.com

Tips mendesain kamar mandi

Sehingga jika anda berencana untuk membuat kamar mandi anak yang menyenangkan dan menarik anda harus memperhatikan beberapa tips dekorasi seperti dibawah ini :

  • Anda harus memperhatikan apa yang menjadi kesukaan anak anda : pada setiap anak memiliki kecenderungan untuk menyukai sesuatu hal dengan waktu yang tidak lama. Dan biasanya anak-anak banyak menyukai hal yang berhubungan dengan sebuah karakter binatang namun kemungkinan lainnya kesukaan mereka hanya beberapa saat saja di mana nantinya mereka memiliki perubahan menjadi karakter lainnya. Dengan hal tersebut anda harus bisa lebih mengidentifikasikan apa yang menjadi kesukaan anak anda pada saat ini. Setelah anda mengetahui kegemaran anak anda, anda bisa menghadirkan pada interior kamar mandi anak. Anda juga bisa memadu padankan warna kesukaan anak, hobi dan karakter pahlawan yang menjadi inspirasi mereka pada kegiatan sehari-hari di rumah ataupun di luar rumah.
  • Bahan desain anak-anak : yang perlu anda ketahui bahan untuk mendesain kamar mandi anak akan sedikit berbeda karena kamar mandi merupakan suatu ruangan yang lembab dan terdapat jumlah air yang menyentuh di lantai dan dindingnya yang cukup banyak. Pada saat ini sudah banyak bahan desain yang tersedia untuk menjadi pilihan anda dalam mendesain kamar mandi. Anda juga bisa menambahkan interior pada kamar mandi dengan stiker atau wallpaper khusus untuk kamar mandi. Bahkan anda juga bisa menghadirkan tema dengan desain yang cukup menarik seperti adanya gorden shower, keset dan peralatan mandi seperti tempat sabun dan sikat gigi.
  • Menyediakan aksesoris furniture bermain : sebaiknya anda memberikan kamar mandi anak anda dengan aksesoris pada ruangan yang secukupnya. Sehingga anda bisa memberikan beberapa mainan anak yang khusus agar pada saat mereka mandi mereka bisa memainkannya. Hal tersebut akan membuat anak menjadi senang dan bisa merubah pemikiran mereka yang tadinya mereka berpikir bahwa mandi adalah suatu hal yang tidak sangat menyenangkan. Dengan adanya aksesoris terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mendekorasi kamar mandi anak di dalam ruangan kamar mereka. Sehingga mereka akan merasakan kenyamanan dan kesenangan pada saat mereka beraktivitas di dalam kamar.

www.pexels.com

Dengan mendekorasi kamar anak sangat membuat anak bisa betah di dalam rumah agar mereka tidak banyak bermain di luar ruangan yang polusinya tidak baik bagi mereka. Anda juga menambahkan pendingin ruangan untuk kamar anak anda agar bisa menghasilkan udara yang sangat sejuk dan terhindar dari polusi udara yang tidak baik bagi kesehatan. Sehingga anda akan lebih aman jika anak anda bermain di dalam rumah. Apalagi jika anak anda lebih sering bermain di luar rumah yang lebih beresiko terserang penyakit.

Post Author: Julia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *