Umum

Jenis-jenis Buah dan Manfaatnya

 

Buah buahan memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Terdapat berbagai vitamin, mineral, dan zat-zat penting dalam buah segar. Khasiatnya adalah sebagai antioksidan, mencegah kanker, meningkatkan sistem imun, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa buah yang kaya manfaat.

Jenis-jenis Buah dan Manfaatnya

  1. Jeruk nipis

Air jeruk nipis sering dimanfaatkan sebagai penyegar dan penambah aroma pada makanan. Jeruk nipis merupakan buah yang mengandung flavonoid, limonene, kalsium, fosfor, asam sitrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan zat besi.

Manfaat dari buah ini antara lain adalah untuk mengatasi ambeien, batuk, flu, radang tenggorokan, dan amandel. Bagi yang ingin menurunkan berat badan juga bisa mengonsumsi jeruk nipis untuk membantu program diet yang lebih sehat.

  1. Manggis

Buah manggis memiliki cita rasa yang manis dan mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Manggis sering dimanfaatkan di dunia kesehatan terutama bagian kulit untuk diekstrak. Manggis memiliki manfaat seperti sumber antioksidan dan zat anti inflamasi.

  1. Stroberi

Buah yang kaya akan vitamin C ini memiliki kandungan asam ellagic. Manfaat dari asam tersebut adalah untuk menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan elastis. Stroberi dapat dimakan langsung atau dibuat olahan untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah buahan lokal yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Pepaya memiliki daging buah berwarna merah kecokelatan dengan tekstur yang lembut. Papain merupakan senyawa yang terkandung dalam buah pepaya dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

  1. Mangga

Buah lokal yang disukai banyak orang selanjutnya adalah Mangga. Buah ini bisa dinikmati saat masih mentah atau sudah matang. Rasanya masam untuk mangga muda dan manis untuk mangga yang sudah matang. Kandungan vitamin C dalam mangga bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Kiwi

Buah kiwi memiliki bentuk oval dengan daging buang berwarna hijau. Satu buah kiwi mengandung kurang lebih 84 gram vitamin C. Buah ini juga kaya akan serat dan berkhasiat untuk menambah energi atau stamina.

Itulah deretan buah buahan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk manfaat yang lebih baik disarankan mengonsumsi buah dalam kondisi segar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *