Kesehatan

Inilah Penyebab Haid Tidak Teratur

Haid atau menstruasi menjadi salah satu tanda seorang perempuan sudah masuk dalam masa pubertas. Semua perempuan yang sudah masuk pubertas akan melewati masa menstruasi ini. Tentu saja setiap perempuan mempunyai karakternya masing – masing, yang membedakan perempuan yang satu dengan yang lain ketika mengalami menstruasi. Bagi anda yang penasaran dengan berbagai hal terkait menstruasi ini anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Kenali Penyebab Haid Tidak Teratur

Ketika seorang perempuan sudah masuk dalam masa pubertas dan mengalami menstruasi maka akan mulai menemukan berbagai permasalahan yang membuat beberapa perempuan menjadi panik. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh perempuan adalah haid tidak teratur. Masalah tersebut memang mampu membuat semua perempuan yang mengalaminya menjadi panik. Bagi anda yang pernah atau sedang mengalami masalah tersebut anda bisa menyimak ulasan ini.

www.pexels.com
  1. Apa Itu Menstruasi?

Menstruasi atau haid menjadi tanda bahwa seorang perempuan sudah masuk ke dalam masa pubertas. Menstruasi ini ditandai dengan keluarnya darah dari vagina atau kemaluan, darah ini merupakan peluruhan dari dinding rahim. Dinding rahim meluruh dikarenakan tidak ada pembuahan sel telur yang terjadi, itulah yang menyebabkan semua perempuan yang sudah masuk ke dalam masa pubertas mengalami menstruasi hal tersebut dikarenakan perempuan yang sudah pubertas sudah masuk ke dalam masa produksi sehingga dianggap sudah mampu menghasilkan sel telur.

  1. Kapan Menstruasi Terjadi?

Menstruasi ini akan dialami oleh perempuan sebulan sekali, namun setiap perempuan mempunyai siklusnya masing – masing. Perempuan bisa saja mengalami menstruasi sebulan 1 kali hingga 2 kali. Jadwal menstruasi ini akan ditentukan oleh siklusnya masing – masing, terkadang ada perempuan yang mempunyai siklus menstruasi lama dan pendek. Namun umumnya siklus menstruasi ini terjadi 21 – 35 hari, jadi setiap orang mempunyai siklusnya masing – masing, alangkah baiknya jika anda mulai mengenali siklus menstruasi yang anda miliki.

  1. Cara Mengetahui Siklus Menstruasi?

Apa yang dimaksud dengan siklus menstruasi? Siklus ini menjadi salah satu ukuran seseorang ketika akan menstruasi. Jadi siklus ini dihitung dari hari pertama mens terakhir hingga bertemu dengan mens berikutnya. Bagi seorang perempuan harus tahu siklus menstrusinya masing – masing sehingga mampu mengetahui masa subur, masa tidak subur, dan berbagai hal terkait dengan reproduksi. Siklus ini juga bisa anda gunakan sebagai ukuran apakah anda mengalami menstruasi yang wajar ataupun anda menemukan masalah seperti haidnya tidak teratur. Itulah yang menyebabkan seorang wanita harus peka terhadap siklus menstruasinya masing – masing.

  1. Menstruasi Berlangsung Berapa Hari?

Menstruasi ini akan dialami oleh perempuan hingga 7 hari, pada umumnya seorang perempuan akan mengalami menstruasi satu minggu. Namun walaupun begitu setiap orang mempunyai karakteristiknya yang berbeda, ada perempuan yang mengalami menstruasi ini hanya selama 4 hari, namun juga ada yang mengalami hingga 10 hari. Namun batas normal seorang perempuan mengalami menstruasi adalah 7 – 10 hari. Jika anda menemukan ketidaknormalan mengenai masa menstruasi anda bisa segera memeriksakan diri anda sehingga akan tahu sebab dari masalah tersebut.

  1. Nyeri Saat Haid Normal Tidak?

Ketika menstruasi atau menjelang menstruasi terkadang para perempuan mengeluhkan rasa sakit di bagian perut, namun apakah nyeri tersebut menjadi masalah? Sebenarnya rasa sakit saat menstruasi tersebut merupakan keadaan dimana otot perut sedang kontraksi, selain itu perut juga bisa mengalami kram. Itulah yang menyebabkan perut terasa sakit ketika menstruasi, namun ada rasa nyeri yang hebat dan biasa saja. Ambang nyeri setiap orang memang berbeda, hal ini juga bisa menunjang perbedaan rasa nyeri yang dikatakan oleh orang. Bahkan ada perempuan ketika menstruasi merasakan rasa nyeri yang hebat yang mengakibatkan orang tersebut hampir pinsan.

www.pexels.com

Haid Tidak Normal Menjadi Hal Yang Berbahaya?

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan menstruasi mungkin akan langsung panik. Ketika setiap bulannya anda mengalami jumlah menstruasi yang tidak seperti biasanya, anda akan langsung berfikir bahwa haid anda tidak normal. Bagaimana jadinya jika haid tidak teratur? Ketika anda mengalami haid tidak teratur maka anda tidak perlu merasa cemas, karena cemas juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan haid menjadi tidak normal. Masalah haid ini bisa saja terjadi karena beberapa faktor, inilah beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak teratur :

  1. Mengalami Stres

Siapa sangka bahwa stres juga mampu membuat siklus menstruasi seseorang menjadi terganggu, mungkin tidak semua orang mengetahui akan hal yang satu ini. Hal ini bisa saja terjadi karena hormone koristol  yang ada di dalam tubuh mengalami peningkatan karena stres, hormone tersebut muncul dan langsung mempengaruhi hormone menstruasi, itulah yang membuat seseorang yang stes dapat mengalami masalah menstruasi.

  1. Menggunakan Alat Kontrasepsi

Bagi anda yang sudah mulai menggunakan alat kontrasepsi mungkin saja anda akan mengalami masalah dengan menstruasi anda. Alat kontrasepsi mampu mempengaruhi hormone menstruasi yang alhasil akan membuat menstruasi menjadi terganggu. Tidak semua alat kontrasepsi mampu mempengaruhi menstruasi, namun ada beberapa alat kontrasepsi seperti pil, suntik, IUD, dan beberapa alat kontrasepsi lainnya. Maka jangan heran ketika anda menggunakan alat kontrasepsi menstruasi anda menjadi terganggu, bisa saja hal tersebut menjadi penyebabnya.

  1. Perubahan Berat Badan Yang Cukup Derastis

Penurunan berat badan yang cukup besar nampaknya mampu menyebabkan menstruasi anda menjadi terganggu. Biasa penurunan berat badan ini dikarenakan adanya proses diet yang sedang dilakukan oleh orang yang bersangkutan. Bagi anda yang sedang ada di dalam proses diet maka kemungkinan anda akan mengalami masalah menstruasi ini. Terkadang anda tidak sadar bahwa perilaku anda mampu mempengaruhi berbagai hal termasuk siklus menstruasi anda.

  1. Pre-menopouse

Bagi anda yang sudah masuk usia yang lebih lanjut, tentu saja menstruasi sudah jauh berbeda dengan saat masih remaja atau produktif. Ketika sudah masuk masa menopause ini maka anda akan mulai mengalami masalah menstruasi ini, maka ketik anda sudah masuk usia lanjut hal seperti itu menjadi lebih wajar.

www.pexels.com

Itulah beberapa penyebab yang bisa saja menjadi penyebab haid tidak teratur. Ketika anda sudah mengalami menstruasi ini maka anda akan mulai menemukan berbagai masalah menstruasi yang terkadang membuat anda menjadi cemas. Beberapa informasi yang telah disampaikan di atas semoga bisa membantu anda lebih mudah dalam memahami berbagai hal terkait dengan menstruasi terlebih dengan penyebab yang menjadi dasar seseorang mengalami haid yang tidak teratur. Memahami masalah menstruasi ketika anda masih masa produktif maka hal tersebut menjadi hal yang cukup penting. Itulah sekilas informas yang bisa disampaikan di sini, namun ketika anda mengalami masalah haid tidak teratur anda bisa saja menggunakan obat telat datang bulan yang bisa anda dapatkan dengan mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *