Kesehatan

Peluang Bagus Menjadi Lulusan Dokter Tulang

Dokter spesialis ortopedi merupakan seorang dokter yang memiliki kemampuan dalam menangani cidera dan penyakit yang menyerang sistem tubuh, meliputi tulang, sendi, otot, tendon, dan saraf. Cidera ini biasanya terjadi ketika anda sedang berolahraga atau mengalami kecelakan. Bisa juga karena terserang penyakit tertentu.

Secara umum, banyak sebagian masyarakat yang berkonsultasi kedokter ortopedi ketika mengalami masalah patah tulang. Pada dasarnya dokter spesialis ortopedi ini tidak hanya menangani patah tulang saja. Ada banyak masalah medis yang dapat ditangani oleh dokter spesialis tulang ini seperti mengatasi adanya gangguan tulang, sendi, struktur gerakan termasuk saraf, otot, dan urat. Seorang atlet yang mengalami cidera pun juga sering dirujuk ke dokter spesialis ortopedi.

Jadi seorang doker ortopedi ini sudah terlatih untuk menangani berbagai macam keluhan alat gerak mulai dari leher sampai kaki. Seperti rasa nyeri, kelumpuhan, kelemahan, luka yang sampai kaku dari usia bayi sampai tua.

pxhere.com

Masalah yang dapat ditangani oleh dokter ortopedi

Metode penanganan yang digunakan pun tidak hanya melalui operasi atau pembedahan saja. Ada obat-obatan, gips, alat bantu dan lainnya. Berikut ini ada beberapa penyakit yang dapat ditangani oleh dokter spesialis ortopedi, yaitu :

  1. Gangguan yang menyerang persendian, seperti adanya sobekan pada ligament, radang sendi, pergeseran sendi, serta adanya pembengkakan pada sendi
  2. Gangguan yang pada umumnya menyerang tulang seperti infeksi tulang, patah ulang, tumor tulang dan deformitas tulang
  3. Gangguan pada tulang belakang seperti tumor tulang belakang, cidera patah tulang belakang, nyeri punggung
  4. Gangguan pada area lutut seperti nyeri lututm cidera meniscus, ligamen robek atau terkilir
  5. Kondisi nyeri tumit dan nyeri pergelangan kaki yang menyebabkan kesulitan gerak pada kaki
  6. Penyakit yang menyerang otot jaringan lunak seperti infeksi jaringan lunak, tumor atau kanker jaringan lunak

 

pxhere.com

Deretan tindakan yang dilakukan oleh dokter spesialis tulang

Dokter ortopedi yang sudah terlatih dapat melakukan berbagai tindakan medis demi mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan sistem pergerakn tubuh anda baik yang harus melalui operasi atau tidak. Dalam proses pengobatan, dokter tulang ini akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan fisik disertai tes penunjang yang dapat memastikan diagnosis. Ada pemeriksaan tambahan yang dapat disarankan seperti tes darah, sendi, analisis cairan sendi, arthrogram dan USG.

Setelah itu dokter ortopedi akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien. Tindakan yang dilakukan tanpa operasi yaitu pemberian obat, menentukan anjuran olahraga dan fisioterapi.

Apabila terdapat indikasi, maka pihak dokter memutuskan untuk langkah operasi, seperti :

  1. Arthoroskopi yang merupakan sebuah prosedur yang menggunakan alat bantu kamera dan peralatan khusus yang dimasukkan ke dalam sendi. Prosedur ini dilakukan untuk mendiagnosis masalah persendian.
  2. Fiksasi internal merupakan prosedur untuk menahan pecahan tulang dalam posisi yang tepat dengan pin, pelat logam, skrup. Hal itu dilakukan selama penyembuhan tulang.
  3. Fusion yaitu sebuah proses pengelasan, dimana terdapat tulang yang menyatu dengan cangkokan tulang dan perangkat internal seperti logam yang ditujukan untuk membuat tulang padat kembali.
  4. Operasi tulang belakang, meliputi laminektomi, foraminotomi, diskektomi, dan fusi tulang belakang.
  5. Prosedur operasi dilakukan untuk memperbaiki jaringan lunak seperti ligamen atau tendon yang robek
pxhere.com

Waktu yang tepat untuk konsultasi kepada dokter spesialis tulang

Anda akan segera disarankan untuk segera memeriksakan diri anda ke dokter tulang apabila mengalami masalah pada sistem yang meliputi saraf, tulang, tendon, dan ligament. Tanda-tanda yang menandakan perlu melakukan konsultasi ke dokter spesialisasi tulang :

  1. Pembengkakan sendi, otot atau jaringan lunak yang disertai panas dan nyeri
  2. Nyeri otot, tulang dan sendi yang menetap dan tak kunjung sembuh
  3. Cidera fisik yang menyulitkan gerak, rasa nyeri, terdapat luka yang disertai patah tulang

Proses menjadi seorang dokter spesialis tulang

Tidak bisa kita pungkiri lagi kalau di balik nama besar seorang dokter terdapat berbagai  pengorbanan dan kesusahan yang harus mereka lewati sebelum meraih gelar dokter. Terdapat berbagai rangkaian yang harus di jalani seperti menempuh perkuliahan, praktik, laboratorium, magang, dan kerja lapangan.  Membutuhkan proses sekitar empat sampai lima tahun bagi seseorang untuk bisa menjadi seorang dokter. Agar berhasil menjadi seorang dokter spesialis tulang, maka dibutuhkan pendidikan lanjutan setara dengan pendidikan S2. Kalau sudah berhasil menyelasaikan maka dokter tersebut dinyatakan sah sebagai dokter spesialis..

pxhere.com

Bagi anda seorang pelajar yang memiliki mimpi untuk menjadi seorang dokter sepsialis tulang yang professional maka silahkan kuliah di fakultas kedokteran. Namun kita ketahui bersama kalau mau masuk fakultas kedokteran harus mampu melewati passing grade yang telah ditentukan oleh pihak fakultas.

Untuk melewati tahapan tersebut anda tidak perlu putus asa, karena saat ini sudah banyak dibuka lembaga bimbel kedokteran untuk mempersiapkan diri lebih matang dan siap bersaing masuk fakultas kedokteran yang anda inginkan.

Demikianlah pembahasan mengenai dokter spesialis tulang. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi anda semua. Selain itu mimpi anda untuk menjadi seorang dokter semoga segera terwujud.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *