Islam

Ini Dia Doa-Doa Populer Setelah Sholat yang Harus Anda Ketahui

Bagi seorang muslim, doa merupakan sesuatu yang sunah untuk dilakukan pasca melakukan sholat. Dalam Islam sendiri ada banyak doa-doa popular setelah sholat yang bias kita panjatkan. Namun, jauh lebih baik jika doa yang kita panjatkan berhubungan dengan sholat yang kita lakukan. Tentu saja doa yang dipanjatkan setelah sholat tahajud memiliki perbedaan dengan doa yang dipanjatkan pada saat sholat istikhara dan sholat hajat. Dalam hal ini, ada beberapa doa-doa populer setelah sholat yang disunahkan oleh agama Islam. Untuk lebih jelasnya, langsung saja penjelasan di bawah ini.

Doa-Doa Populer Setelah Sholat Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Perlu diketahui bahwa sebelum membaca doa, Anda harus terlebih dahulu mengucapkan basmallah yang dilanjutkan dengan bacaan hamdallah dan sholawat nabi. Setelah itu, barulah Anda diperkenankan untuk membaca doa-doa yang dipanjatkan. Adapun doa-doa populer setelah sholat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

www.pexels.com
  1. اللهم صل على سيدنا محمد صلاة تنجينا بها من جميع الآفات و تقضي لنا بها من جميع الحاجات وتطهرنا بها من جميع السيآت و ترفعنا بها عندك أعلى الدرجات و تبلغنا بها أقصى الغايات من جميع الخيرات في الحياة وبعد الممات

Artinya:

Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kami dari semua bahaya, yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan hajat kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kesalahan kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat derajat kami, Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kami kepada kesempurnaan semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Kuasa atas segala sesuatu

 

  1. أللهم إنا نسألك سلامة في الدين وعافية في الجسد وزيادة في العلم وبركة في الرزق وتوبة قبل الموت ورحمة عند الموت ومغفرة بعد الموت

Artinya:

Ya Allah kami meminta kepadamu keselamatan Agama, kesehatan jasmani, tambahan Ilmu, keberkahan dalam rizqi, Taubat sebelum mati, Rahmat ketika hendak mati dan Ampunan setelah mati.

www.pexels.com

 

  1. اللهم هون علينا في سكرات الموت والنجاة منالنار والعفو عند الحساب

Artinya:

Ya Allah, ringankanlah kami ketika sedang sakaratul Maut, selamatkan dari api neraka, dan ampunilah ketika sedang proses hisab.

 

  1. اللهم اغفرلي ذنوبي ولوالدي وارحمهما كما ربياني صغيرا

Artinya:

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia).

www.pexels.com

 

  1. ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الأخرة حسنة وقنا عذاب النار

Artinya:

Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan belas kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepadaku di waktu aku kecil.

 

  1. صلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين

Artinya:

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.

Nah, itulah doa-doa popular setelah sholat yang umumnya dipanjatkan oleh sebagian orang. Setelah selesai memanjatkan doa-doa tersebut, maka langkah Anda harus mengakhiri do’a tersebut dengan kembali melantunkan sholawat nabi dan dilanjutkan dengan bacaan hamdalah. Karena tujuan berdoa adalah menyeru kepada Allah, maka ada beberapa adab yang perlu Anda lakukan.

www.pexels.com

Adab-Adab Berdoa

Meskipun kita tau mengenai doa-doa popular setelah sholat namun tidak mengerti adabnya, maka hal tersebut sama saja dengan bohong. Adapun adab-adab berdoa adalah memulai dan menutup dengan shoawat nabi, menghadap kiblat, menengadahkan tangan seperti meminta, khusyu’ dan yakin, menggunakan suara yang lembut, serta tidak mendoakan buruk pada orang lain.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *