Seiring dengan perkembangan zaman, HP kini telah menjadi alat komunikasi yang tidak bisa dilepaskan dari manusia. Fungsi HP yang semakin canggih membuatnya menjadi barang wajib yang dibawa pergi bagi kebanyakan orang. Saat sedang tidak ada kegiatan pun kebanyakan orang masih tidak bisa jauh dari HP. Orang-orang sering merasa khawatir apabila keluar dari rumah dan lupa tidak membawa HP. HP tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi semata, HP juga bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai macam informasi dari seluruh dunia dengan mudah.

 

Bahkan, kini juga semakin banyak orang yang menjalankan bisnis online menggunakan HP. Dengan melihat realita tersebut, tak heran jika banyak orang yang sangat cemas apabila kehilangan HP. Bahkan, saat kehilangan nomor HP pun mereka sudah sangat cemas karena informasi di dalamnya juga bisa ikut hilang. Untuk kembali menemukannya, mereka harus memahami cara melacak no HP yang hilang. Lalu bagaimana dengan cara melacak HP yang hilang? Semuanya akan dijelaskan disini.

pxhere.com

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melacak HP yang hilang adalah menggunakan IMEI. Sebelum membahas cara melacak HP yang hilang dengan IMEI, sebaiknya kita berkenalan dulu dengan IMEI. IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identitas dari HP yang berfungsi menyimpan berbagai macam data penting. Jumlah IMEI yang ada di HP ada yang satu dan dua nomor IMEI bergantung apakah HP tersebut menggunakan single sim atau dual sim.

Meski begitu, IMEI yang menjadi identitas resmi dari HP hanyalah nomor IMEI dari sim satu saja. IMEI yang terdapat di HP tidak hanya berfungsi sebagai identitas saja, tetapi juga berfungsi untuk memudahkan operator dalam mengidentifikasi ponsel yang terhubung dalam jaringan. Dengan beberapa fungsi di atas, salah satu fungsi penting lain yang dimiliki oleh IMEI adalah bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang. Oleh karena itu, nomor IMEI harus disimpan dengan baik.

pxhere.com

Cara Melacak HP dengan IMEI

Setelah mengenal IMEI, kali ini akan disajikan syarat dan cara melacak HP yang hilang dengan IMEI. Syarat yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Masih ingat dengan kode IMEI HP android kamu yang hilang
  • Apabila kamu tidak ingat kode IMEI HP, kamu harus masih menyimpan dusbook HP yang hilang tersebut. Jika kamu juga tidak menyimpannya, kamu tidak akan bisa melacak HP dengan IMEI.
  • Cara ini juga tidak bisa digunakan untuk HP bekas, kecuali jika kamu sudah mencatat nomor IMEI HP yang hilang.
  • HP yang hilang tersebut harus dalam keadaan aktif atau tidak mati
  • Mengaktifkan mode lokasi pada HP (optional)

Jika syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melacak HP yang hilang menggunakan IMEI. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Jika kamu sudah mendapatkan nomor IMEI HP yang hilang, langkah yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke situs Find My Phone Google. Untuk mengakses situs tersebut, kamu membutuhkan koneksi internet yaitu dengan menyiapkan kuota data maupun WiFi.
  2. Masukkan nomor IMEI HP yang hilang. Langkah ini akan menjadi lebih mudah jika HP kamu yang hilang sudah terhubung langsung dengan akun Google.
  3. Setelah memasukkan nomor IMEI, kamu perlu menunggu beberapa menit. Setelah itu, klik tanda seru.
  4. Jika nomor IMEI sudah berhasil dilacak, kamu bisa menuju lokasi HP kamu yang hilang. Jika sudah sampai, kamu bisa menyembunyikan HP tersebut dengan cara memilih pilihan Putar Suara.

Selain melacak sendiri menggunakan IMEI, kamu juga bisa langsung datang ke gerai operator penyedia jaringan. Di gerai tersebut, kamu hanya perlu menunjukkan nomor perdana dan nomor IMEI HP yang hilang. Petugas akan memproses pelacakan HP kamu yang hilang. Setelah itu, petugas akan memberitahu lokasi HP kamu yang hilang. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan jika koneksi internet, GPS, dan HP kamu dalam keadaan aktif.

pxhere.com

Cara Memblokir dan Menghapus Data HP Hilang

Jika cara melacak HP yang hilang dengan IMEI tidak berhasil dilakukan, kemungkinan orang yang membawa HP kamu adalah orang yang pintar. Bisa jadi HP kamu yang hilang dipasang password atau Lockscreen yang mudah ditebak. Sehingga orang tersebut bisa membuka HP kamu dan memasang aplikasi Fake GPS dan mengubah lokasi HP ke daerah lain. Hal ini membuat proses pelacakan HP menggunakan IMEI gagal dilakukan. Jika hal itu terjadi, langkah yang perlu kamu lakukan adalah memblokir dan menghapus data di HP. Hal ini perlu kamu lakukan agar data pribadi kamu tidak diketahui oleh orang lain. Simak cara-caranya sebagai berikut:

  1. Pasang aplikasi Android Device Manager yang bisa kamu download di Google Play Store.
  2. Jika sudah terpasang, masuk ke aplikasi dan Login sebagai Tamu
  3. Masukkan alamat Email dan password yang ada di HP kamu yang hilang
  4. Tekan opsi Berikutnya
  5. Jika kamu berhasil masuk, maka kamu bisa menghapus data di HP yang hilang dengan memilih opsi Hapus Perangkat

Setelah itu, semua data yang ada di HP akan dihapus secara permanen. Proses penghapusan tersebut dapat dilakukan jika HP dalam keadaan terhubung dengan internet.