flora

Beberapa Jenis Bunga Sakura di Jepang

Bunga sakura adalah salah satu jenis bunga yang berasal dari Jepang. Sehingga tidak heran jika Jepang sering disebut dengan negeri sakura. Di Jepang, sakura tumbuh di beberapa pinggir jalan perkotaan. Bunga yang satu ini akan sangat indah pada saat musim mekar. Anda bisa menemui beberapa jenis bibit sakura yang dijual di Jepang. Misalnya saja anda bisa membelinya di tempat jual bibit bunga yang lengkap. Hanya saja, harga untuk bibit sakura terbilang cukup mahal. Selain itu, sakura juga tidak bisa tumbuh di tempat-tempat tertentu. Sehingga jika anda ingin melihat kemurnian atau keaslian sakura, maka lebih baik anda datang langsung ke Jepang. Nah, jika anda mengagumi bunga yang satu ini, maka anda perlu mengetahui beberapa jenis dari bunga asal Jepang ini. Berikut ini adalah beberapa jenis dari sakura Jepang.

  1. Sakura Fuyuzakura

Sakura yang pertama adalah sakura fuyuzakura. Jenis sakura yang satu ini adalah sakura musim dingin. Mengapa sakura musim dingin? Karena sakura yang satu ini mekar pada bulan November sampai Desember. Pada bulan tersebut, Jepang sedang mengalami musim dingin.

  1. Sakura Edohigan

Sakura yang kedua adalah sakura edohigan. Jenis sakura yang satu ini mekar hampir sepanjang tahun. Tidak heran jika sakura yang satu ini disebut sebagai salah satu sakura yang panjang umur. Sakura edohigan memiliki warna yang cerah dan ranting yang menjuntai. Sehingga bunga yang satu ini akan sangat indah dilihat pada pagi atau siang hari.

  1. Sakura Yamazakura

Sakura yang ketiga adalah sakura yamazakura. Sakura yang satu ini mekar pada bulan Maret hingga April. Sakura yang satu ini memiliki lima kelopak bunga dengan warna merah muda. Anda bisa menemukan sakura ini di daerah pegunungan di Jepang.

Selain ketiga jenis bunga sakura tersebut, anda juga bisa menemukan jenis sakura lain di Jepang. Misalnya saja sakura shidarezakura, sakura hikanzakura, sakura ishiwarizakura, dan jenis sakura lainnya.

www.pexels.com

Olahan Bunga Sakura di Jepang

Selain sebagai tanaman hias, sakura juga bisa diolah menjadi beberapa makanan yang lezat. Ketika anda berkunjung ke Jepang, maka anda bisa mencicipi aneka kuliner yang terbuat dari sakura. Saat anda mendengarnya, pasti anda akan merasa aneh karena jarang sekali ada bunga yang dijadikan makanan. Namun, ketika anda mencicipi kuliner berbahan dasar sakura, anda pasti akan ketagihan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa hasil olahan sakura yang bisa anda temui di Jepang.

  1. Bahan kue

Pertama, bunga sakura bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuat kue. Cara pembuatan sakura menjadi bahan makanan sangat mudah. Sakura bisa dijadikan pembungkus kue mochi atau biasa disebut dengan sakura mochi. Aroma harum yang khas pada sakura, akan membuat kue menjadi lebih nikmat untuk disantap.

  1. Bahan minuman

Di Jepang, sakura bisa dijadikan minuman seperti teh. Anda akan menemui teh dari sakura saat ada acara-acara penting di Jepang, seperti acara pernikahan. Teh dari sakura ini memiliki aroma yang khas dan akan membuat badan menjadi lebih hangat dan segar.

  1. Es krim

Ketika anda berkunjung ke Jepang, anda tidak boleh melewatkan es krim dari sakura. Es krim yang satu ini sangat unik dan dijamin akan membuat anda ketagihan. Anda akan merasa kurang lengkap jika tidak mencicipi es krim sakura ini saat berada di Jepang. Es krim sakura bisa dengan mudah anda temui di seluruh wilayah di Jepang.

Itulah beberapa hasil olahan dari bunga sakura yang lezat dan tentunya unik. Anda bisa mencobanya saat anda berkunjung ke Jepang. Jadi selain berwisata alam, anda juga bisa berwisata kuliner saat berada di Jepang.

www.pexels.com

Manfaat dari Sakura Untuk Kecantikan

Selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, sakura juga bisa dijadikan bahan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Jika anda sedang mengalami masalah dengan kulit wajah anda, maka bunga sakura bisa menjadi solusinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sakura untuk kecantikan.

  1. Menangkal radikal bebas

Sakura memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bunga yang satu ini mengandung caffeic acid  yang mampu menangkal oksidasi pada kulit wajah. Kandungan antioksidan dalam sakura juga membantu untuk mencegah timbulnya noda hitam dan penuaan dini.

  1. Mengecilkan pori-pori

Jika anda mempunyai masalah dengan pori-pori kulit wajah yang besar, maka anda bisa menggunakan sakura sebagai jalan keluarnya. Sakura bisa membantu mengecilkan pori-pori sehingga kulit wajah akan terhindar dari jerawat dan kerutan. Wajah anda pun akan selalu bersih dan terbebas dari jerawat.

www.pexels.com
  1. Mencerahkan kulit

Sakura memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya pigmentasi kulit. Dengan menggunakan sakura sebagai media perawatan wajah anda, maka wajah anda akan terlihat lebih cerah. Dengan wajah yang cerah dan bersih, maka kepercayaan diri anda akan meningkat.

Untuk bisa menggunakan sakura sebagai media untuk perawatan wajah, anda bisa mencari skin care yang mengandung ekstrak sakura. Di Indonesia, bunga yang satu ini masih sulit anda temui. Sehingga cara terbaik untuk melakukan perawatan wajah dengan sakura adalah dengan membeli produk skin care yang mengandung ekstrak sakura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *