Umum

Tips Budgeting untuk rumah 1 lantai

Membangun rumah bukanlah hal yang mudah, ada banyak hal yang perlu kita ketahui dan juga pikirkan. Rumah adalah tempat kita berlindung dan juga beristirahat, sehingga sangat penting untuk membangun rumah yang benar benar kuat dan bisa melindungi kita beserta keluarga kita. Di jaman sekarang ini sendiri, membangun rumah sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Kita membutuhkan banyak dana atau budget untuk bisa membangun rumah yang sempurna. Untungnya jika kita tahu bagaimana cara melakukan managemen yang benar maka kita bisa menekan biaya pembangunan rumah tersebut. Salah satu contoh penekanan yang benar adalah dengan menyewa jasa desain rumah yang kompeten dan membangun rumah 1 lantai. Lalu bagaimana cara kita melakukan budgeting dengan lebih baik lagi? Berikut adalah beberapa hal penting terkait Budgeting untuk rumah 1 lantai yang wajib anda tahu.

pxhere.com

Perhatikan Biaya tukang

Jika anda membangun rumah tanpa menggunakan jasa pemborong atau developer yang khusus mengerjakan pembangunan unit rumah satuan, maka sudah pasti anda harus menghitung sendiri semua pengeluaran anda untuk ongkos tukangnya. Perlu diketahui bahwa dalam hal ini ongkos tukang berbeda – beda di tiap wilayah, sebagai contohnya seperti di wilayah perkotaan di mana ongkos tukang bisa mencapai 150 ribu per harinya, ini adalah biaya untuk tenaga tukang yang ahli di bidangnya yang nantinya mungkin bisa juga dimanfaatkan kemampuan dan tenaganya juga saat mengecat maupun ketika mulai memasang instalasi listrik untuk rumah.

Meski cukup mahal namun pada umumnya hanya dibutuhkan satu tukang saja dalam pembangunan sebuah unit rumah baru, sedangkan untuk kuli bangunannya atau yang biasa membantu kerja si tukang bangunan tadi umumnya hanya dipatok tarif antara 80 ribu hingga 100 ribu tergantung wilayah dan jam kerjanya. Untuk kuli bangunan inilah aka nada pengeluaran yang lebih besar mengingat dalam membangun satu rumah dibutuhkan setidaknya tiga hingga empat kuli bangunan untuk satu tukang saja. Sementara untuk mandornya anda bisa meminta saudara atau diri anda sendiri yang menjadi mandor untuk mengawai kinerja tukang anda serta memenuhi kebutuhan mereka jika suatu saat ada bahan bangunan yang kurang atau mengantisipasi pengeluaran lainnya.

pxhere.com

Perhatikan Perkiraan biaya untuk material

Jika anda sudah menemukan tukang dan kuli bangunan yang cocok untuk anda maka hal berikutnya yang harus anda ketahui adalah soal perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk material bangunan, bahan bangunan ini tentu akan memiliki harga yang berbeda – beda di masing – masing wilayah. Sebagai contohnya di sini adalah batu bata, untuk satu buah batu bata biasanya harga berkisar antara 1500 hingga 3000 tergantung dari kualitas batu bata itu sendiri, anda juga bisa menyesuaikan budget anda pada jenis batu bata seperti batu bata merah maupun putih karena masing – masing pastinya memiliki keunggulannya sendiri.

Sedangkan untuk material lainnya seperti pasir, semen, kapur, batu dan kerikil, paku, benang, seng, baja ringan atau kayu, kusen, pintu, keramik, eternit, genteng, dan beberapa peralatan lainnya meliputi paralon, kran air, kabel dan piranti kelistrikan lainnya bisa anda sesuaikan dengan harga di daerah tempat tinggal anda. Pastikan anda langsung memborong semuanya atau setidaknya separuh dari jumlah total bahan bangunan yang anda butuhkan karena biasanya aka nada negosiasi harga dengan pemilik toko bangunan tersebut sehingga anda pun bisa memperoleh harga yang lebih bersahabat.

pxhere.com

Pastikan kalau anda memiliki dana tambahan untuk Biaya tak terduga

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, anda harus bersiap terhadap kemungkinan akan adanya biaya tak terduga yang bisa saja keluar setiap saat tanpa bisa diprediksi terlebih dahulu. Ada banyak sekali penyebab munculnya biaya tak terduga ini seperti contoh mudahnya yakni ketika pembangunan dilakukan dan tiba – tiba hujan maka terpaksa pembangunan terhenti sejenak yang membuat proses pembangunan menjadi tertunda dan tentu saja anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar tukang dan kuli bangunan anda, sementara contoh lainnya seperti resiko kecelakaan kerja si tukang, serta yang paling sering dijumpai adalah kurangnya bahan bangunan yang dibutuhkan sehingga anda harus kembali membeli barang apa saja yang diperlukan. Maka akan sangat baik jika anda menyisihkan setidaknya 10% dari total jumlah pengeluaran yang akan anda butuhkan dari pembangunan rumah anda tersebut, dengan jumlah ini bisa dipastikan anda akan membangun rumah dengan lebih nyaman tanpa khawatir soal uang lagi.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas maka niscaya anda bisa membangun rumah satu lantai yang sederhana namun kuat dan tetap cantik. Ingat, kalau budgeting yang baik akan bisa membantu anda untuk menekan biaya pembangunan rumah anda. Jadi jangan khawatir jika uang atau budget yang anda miliki pas pasan, pastikan anda teliti dalam budgeting, melakukan riset, dan juga mencatat setiap pengeluaran dengan teliti dan juga mendetail, maka kemungkinan anda untuk bisa mendapatkan rumah impian anda bukanlah hal yang sukar untuk dicapai. Sebagai tambahan, jangan mudah untuk tergoda dengan barang baru atau material baru yang tidak sesuai dengan daftar awal untuk pembangunan rumah anda, karena itu adalah salah satu hal yang bisa membuat pengeluaran anda membengkak

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *