Setelah mengandung bayi kurang lebih selama sembilan bulan sepuluh hari, mulai dari gumpalan darah sampai akhirnya hadir ke dunia yang fana. Sebagai orang tua yang di beri amanah oleh Tuhan yang maha Esa tentu memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga, merawat, memperhatikan, dan menyiapkan segala macam keperluan yang dibutuhkan oleh bayi atau buah hati sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Mendidik buah hati merupakan tanggung jawab yang sangat besar yang harus diemban oleh para orang tua dengan harapan menjadi anak yang soleh dan solehah serta berguna bagi bangsa dan negara.

Menjaga bayi dalam kandungan dan setelah persalinan tentu sangat berbeda. Ketika bayi sudah dilahirkan kedunia tentu banyak kemungkinan yang terjadi terutama soal kondisi dari bayi itu sendiri. Adaptasi dilingkungan baru sangat sulit, berbeda dengan keadaan didalam buaian ibu tentu lebih nyaman. Selama beradaptasi tentu bayi sering mengalami berbagai masalah terutama masalah kesehatan. Sehingga peran orang tua lebih khususnya para ibu sangatlah penting dalam membantu tumbuh kembang bayi. Salah satu yang harus diperhatikan dan menjadi yang paling penting untuk menjaga tumbuh kembang bayi dengan baik yaitu dengan menjaga asupan makanan pada bayi. Terutama bayi yang sudah berumur enam bulan atau disaat umur bayi yang sudah dapat diberikan MPasi (makanan pendamping asi).

Perhatian yang diberikan kepada bayi yang berusia kurang dari enam tahun dimana nutrisi utama adalah asi tidak seekstra pada bayi yang berumur enam bulan keatas. Karena bayi yang sudah mencapai umur lebih enam bulan harus diberikan makanan selain asi sehingga bagi para orang tua harus memperhatikan makanan apa yang bagus untuk bayi sehingga perkembangan bayi tidak terganggu. Jenis makanan yang diberikan kepada bayi perlu dipilih yang sesuai dengan kondisi pencernaan bayi. Hal ini dapat didiskusikan dengan dokter atau bidan anda. Makanan tambahan yang sering diberikan oleh para orang tua yaitu Biskuit Regal Untuk Bayi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelan mengenai biskuit regal :

www.pexels.com

Apa Itu Biskuit Regal ?

Biskuit regal merupakan biskuit yang banyak dipilih oleh para orang tua sebagi pendamping asi. Biskuit regal dipercaya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh bayi. Diantara kandungan nutrisi yang harus ada pada biskuit regal adalah kalsium, protein, serat, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin D. yang paling penting dalam pemilihan biskuit regal yaitu tidak mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga dapat membahayakan atau menghambat pertumbuhan bayi. Usahakan pilihlah biskuit regal yang terbuat dari bahan-bahan alami. Yang harus diperhatikan adalah penyajian pemberian biskuit regal itu sendiri mengingat bayi yang berusia 6 bulan masih susah mengonsumsi makanan padat sehingga disarankan dalam penyajian biskuit regal harus dihaluskan atau dibuat kental seperti bubur. Cara membuat biskuit regal seperti bubur yaitu dengan cara dihancurkan dan dicampurkan dengan susu atau air hangat serta diaduk sampai mengental seperti bubur.

www.pexels.com

Kreasi Makanan Biskuit Regal

Ketika usia anak telah mencapai enam bulan ke atas, para ibu dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat atau menyiapkan makanan untuk bayi. Sehingga nutrisi pada bayi tercukupi dan tidak bosan karena menu yang beragam serta dapat meltih kepekaan rasa pada lidah bayi. Berikut ini aalah beberapa kreasi menu makanan yang harus di coba oleh para ibu di rumah :

 

  1. Bubur alpukat biskuit regal

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalm pembuatan bubur alpukat biskuit regal adalah sebagai berikut :

  • 1 buah alpukat
  • 2 keping biskuit regal
  • 50 cc ASI atau 4 takar susu formula yang sudah dilarutkan dengan air

Adapun cara membuat bubur alpukat biskuit regal adalah sebagai berikut :

  • Iris alpukat tepat ditengah menjadi dua bagian, dan pisahkan biji alpukat serta ambil daging alpukat dengan bantuan sendok.
  • Potong kecil-kecil biskuit regal
  • Siapkan blender dan masukkan daging alpukat serta biskuit regal yang telah dipotong kecil-kecil.
  • Tambahkan susu ASI atau susu formula ke dalam blender
  • Blender bahan-bahan tersebut sampai menjadi satu dan mengental
  • Bubur alpukat biskuit regal telah siap dihidangkan
  1. Bubur biskuit wortel

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalm pembuatan bubur biscuit wortel adalah sebagai berikut :

  • 2 buah wortel berukuran sedang
  • 3 keping biskuit
  • 50 cc ASI atau 4 takar susu formula yang sudah dilarutkan dengan air

Adapun cara membuat bubur alpukat biskuit regal adalah sebagai berikut :

  • Bersihkan dari bagian terluar wortel dan cuci dengan bersih
  • Potong wortel dengan ukuran yang sedang sehingga mudah jika akan dihaluskan
  • Siapkan blender dan masukkan irisan wortel ke dalam blender serta tambahkan susu
  • Blender campuran susu dan wortel sampai halus
  • Siapkan kompor dan panci
  • Masukkan wortel yng telah diblender ke panci dan aduk di atas api kecil.
  • Tambahkan biskuit regal dan susu kedalam panci
  • Aduk sampai mengental dan menu bubur biskuit wortel dapat disajikan
  • Sajikan dengan mangkuk atau piring yang berwarna sehingga semakin menarik nafsu makan bayi.
  1. Lapis biskuit

Menu ini cocok bagi bayi anda yang berusia 12 bulan ke atas. Berikut adalah bahan dan prosedur dalam pembuatan lapis biscuit

Bahan-bahan :

  • 10 keping biskuit regal
  • Meses dan keju parut secukupnya karena hanya berfungsi sebagi topping
  • 3 sendok makan tepung meizena
  • 500 ml susu
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh cokelat bubuk
  • Setengah sendok teh garam

Cara membuat :

  • Masukkan tepung maizena, susu, gula pasir, dan garam ke dalam panci berukuran sedang. Aduk hingga tercampur rata, lalu bagi menjadi dua bagian.
  • Bagian pertama dicampurkan dengan bubuk cokelat kemudian aduk hingga rata
  • Masak kedua bagian secara terpisah sampai matang. Selama memasak pastikan adonan terus diaduk sehingga tidak menggumpal
  • Tuangkan kedua bagian ke dalam wadah-wadah kecil dengan komposisi : 1 sendok makan adonan putih, biskuit, adonan cokelat, dan akhiri dengan topping. dinginkan
  • Lapis biskuit siap disantap

Untuk para ibu-ibu dapat mencoba beberapa resep masakan diatas. Semoga dengan resep yang beragam dapat meningkatkan nafsu makan buah hati anda.

www.pexels.com

Manfaat Biskuit Regal

Biskuit regal sebagi pendamping asi harus diberikan sesuai takaran dan penyajian disesuaikan dengan usia bayi. Karena sistem pencernaan bayi dengan umur berbeda memiliki kemampuan yang berbeda untuk mencerna setiap makanan yang masuk. Pencernaan bayi berumur 6 bulan berbeda dengan pencernaan bayi umur 7 bulan dan seterusnya. Selain penyajian yang tepat pemilihan biscuit regal harus berdasarkan manfaat yang terkandung di dalam biskuit tersebut. Diantara manfaat yang harus dijadikan landasan ketika memilih biskuit regal adalah sebagai berikut :

  1. Kandungan kalsium dalam biskuit regal.

Kalsium sangat penting dan juga sangat diperlukan dalam pembentukan tulang.karena dengan kalsium yang cukup dapat memperkuat tulang bayi dan juga dapat memperlancar proses perkembangan tulang pada bayi.

  1. Kaya akan nutrisi

Biskuit regal juga harus memiliki nutrisi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan bayi. Yang tidak kalah penting biskuit regal juga harus memenuhi jumlah kalori harian bayi. Dimana pada bayi berusia 1-3 tahun memutuhkan 1.300 kalori seiap harinya. Hal ini ditujukan agar setiap organ tubuh pada bayi dapat bekerja dengan normal dalam menjalani setiap aktivitasnya.

  1. Mempbentuk sel antibody.

Pembentukan sel antibody sangat dibutuhkanoleh bayi mengingat kekebalan pada bayi cenderung lemah sehingga mudah terserang penyakit. Pemberian makanan yang dapat membentuk sel antibody sangat dianjurkan karena dapat membantu pembentukan sistem kekebalan tubuh. Sehingga bayi tidak mudah terserang penyakit khususnya batuk pilek yang sering sekali menyerang bayi.

  1. Sesuai pncernaan bayi

Setiap bayi dengan umur yang berbeda memiliki pencernaan yang berbeda. Maka bayi perlu diberikan asupan makanan yang dapat membantu menjaga saluran pencernaan bayi tetap dalam keadaan sehat. Sehingga dapat mencegah terjadinya masalah susah bab atau sembeli pada bayi dan juga diare.

  1. Mengandung karbohidrat

Karohidrat berfungsi sebagi sumber energi. Jika kekurangan karbohidrat maka bayi cenderung lemas dan kurang aktif. Sehingga biscuit regal yang diberikan untuk bayi perlu mengandung karbohidrat.

  1. Mengandung vitamin

Kandungan vitamin wajib ada atau dimiliki oleh setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh khususnya tubuh bayi yang masih berkembang atau dalam proses pertumbuhan. Salah satu vitamin yang sangat penting yaitu vitamin A. kandungan vitamin A yang terdapat di dalam biskuit, dapat bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan mata dan juga dapat mempertajam penglihatan pada bayi.

www.pexels.com

Kriteria Biskuit Regal Yang Cocok Untuk Bayi

Sebelum memberikan biskuit untuk bayi ada hal-hal aau kriteria penting yang harus di perhatikan oleh para orang tua lebih utama oleh para ibu. Berikut ini adalah kriteria yang harus dimiliki oleh biskuit regal diantaranya adalah :

  1. Pilih biskuit yang cepat larut dimulut bayi

Biskuit khusus bayi biasanya terbuat dari bahan yang mudah larut ketika terkena air dan juga mudah hancur dimulut. Hal ini sangat penting karena dapat mencegah kemungkinan bayi tersedak.

  1. Kandungan gula

Kandungan gula yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan bayi. Karena dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Sehingga perlu diperhatikan kandungan gula yang ada pada biskuit regal sebelum anda berikan kepada bayi anda.

  1. Gandum dan gluten

Biskuit yang memilki kandungan gandum dan gluten sebaiknya dihndari dan tidak diberikan kepada bayi anda. Gandum dan gluten sangat berbahaya bagi krluarga yang mempunyai riwayat inteloransi gluten. Namun bagi bayi yang keluarganya tidak memiliki riwayat intoleransi gluten boleh saja diberikan biskuit yang mengandung bahan tersebut namun dalam jumlah yang wajar atau tidak berlebihan.

  1. Kandungan susu

Beberapa jenis biskuit ada yang mengandung susu sapi. Bagi bayi yang mempunyai riwayat alergi terhadap susu sapi harus menghindari konsumsi biskuit ini.

  1. Pengawet dan pemanis buatan

Pilihalah biskuit yang terbuat dari bahan alamai yang tidak mengandung bahan pengawet atau pemanis buatan. Karena pengawet dan pemanis buatan dapat membahayakan kesehatan anak.

Itulah beberapa penjelasan yang mengenai Biskuit Regal Untuk Bayi semoga dapat bermanfaat dan tumbuh kembang buah hati anda dapat berjalan dengan maksimal.