Umum

Tips Mengelola Biaya Nikah Sederhana yang Efektif dan Tepat

Menikah adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan semua orang untuk melepas masa lajang dengan sosok pilihan sebagai suami atau istrinya di masa depan. Akan tetapi, banyak orang sudah pasti mengetahui bahwa untuk mencapai jenjang pernikahan maka salah satu kendala yang paling sering terjadi dan dialami sepasang calon pengantin adalah finansial masing-masing, sedangkan budget yang dibutuhkan untuk melangsungkan resepsi pernikahan biasanya akan selalu bertambah dengan selisih cukup tipis setiap tahunnya.

Jumlah biaya yang begitu tinggi ternyata membuat beberapa pasangan pengantin selalu mengundur waktu untuk menggelar hari bahagia mereka karena ekonomi yang belum mencukupi, termasuk pemilihan baju pengantin muslim yang dikenakan juga perlu diperhatikan. Namun, semua itu tidak akan menjadi perkara bagi anda atau siapa saja yang berhasil menyiasati budget pernikahan yang semakin meningkat karena semua orang bisa mengelola biaya nikah sederhana dengan memperhatikan beberapa aspek dari hal terkecil hingga terbesar dalam pernikahan yang akan dijalani.

www.pexels.com

8 Cara Mengatur Biaya Nikah Sederhana dengan Budget Lebih Rendah

Setiap orang pasti ingin menggelar resepsi pernikahan yang berkesan dengan biaya lebih rendah, serta bisa terealisasikan melalui beberapa hal sederhana dan patut diperhatikan seperti di bawah ini, yaitu :

  1. Mengurus Keperluan Secara Mandiri

Anda wajib mengurus keperluan pernikahan secara mandiri tanpa melibatkan pihak tertentu apabila ingin melangsungkan hari bahagia dengan budget lebih rendah. Maka dari itu, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah tidak boleh tergiur dengan kehadiran wedding organizer alias pengelola resepsi pernikahan yang mungkin saja menawarkan fasilitas terbaik dengan harga cukup tinggi. Anda juga perlu menghindari berbagai macam tuntutan yang berujung tagihan hutang sehingga bisa menikah tanpa beban secara finansial.

  1. Atur Jumlah Tamu Undangan

Tamu undangan adalah magnet penting yang sangat mempengaruhi jumlah budget untuk pasangan pengantin yang akan segera melangsungkan pernikahan. Apabila ingin mendapatkan jumlah biaya nikah sederhana dan lebih ekonomis, maka bisa menyiasati jumlah tamu yang akan hadir sekaligus saksi utama untuk melihat ikatan janji suci antara anda dan pasangan. Anda cukup mengundang beberapa tamu yang sangat penting dan dekat dengan kedua mempelai daripada lebih banyak namun tidak mengenalnya sama sekali.

  1. Menikah di Hari Biasa / Hari Kerja

Menikah dengan biaya lebih rendah bukanlah omong kosong belaka karena semua orang bisa mewujudkannya apabila menentukan hari pernikahan dengan tepat. Pasalnya, cara efektif untuk mendapatkan budget ekonomis dalam menggelar resepsi adalah menentukan hari bahagia dengan melangsungkannya pada hari biasa / hari kerja, serta berpengaruh terhadap biaya sewa gedung sekaligus wedding organizer yang menawarkan tarif lebih rendah dan jauh lebih hemat hingga 50% dibandingkan hari libur atau momen tertentu.

  1. Cari Informasi Tentang Tren Pernikahan

Tidak sedikit dari para calon pengantin selalu berpendapat bahwa pernikahan adalah kewajiban yang harus mengeluarkan budget lebih besar. Padahal, sudut pandang tersebut tidak benar karena banyak orang berhasil melangsungkan hari bahagianya dengan biaya nikah sederhana karena selalu mencari informasi tentang tren pernikahan yang selalu up to date setiap hari. Anda juga bisa menemukan via internet mengenai segalanya dimana berperan sebagai alternatif untuk menghindari acara pernikahan dengan budget terlalu tinggi.

www.pexels.com
  1. Gunakan Busana Pengantin yang Tepat

Tidak bisa dipungkiri bahwa semua pakaian pengantin memiliki kesan yang sama, sedangkan hal ini juga perlu dimanfaatkan beberapa orang yang ingin menggelar resepsi pernikahan dengan biaya lebih ekonomis. Anda tidak perlu gengsi dan mengikuti ego hanya demi terlihat mewah sehingga membayar dana lebih besar demi sepasang jas dan gaun saja, serta anda juga bisa memilih rancangan busana pengantin lainnya dengan harga lebih rendah namun tidak meninggalkan kesan menarik dan nyaman ketika dikenakan di pelaminan.

  1. Tentukan Paket Bulan Madu

Usai menggelar resepsi pernikahan maka setiap pengantin baru dipastikan ingin berlibur dan pergi berdua menghabiskan waktu di tempat tertentu. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk memperoleh biaya nikah sederhana dengan memilih sekaligus menentukan paket bulan madu yang lebih terjangkau dan melihat penawaran menarik dari beberapa jasa pariwisata yang melalang buana saat ini. Tak mustahil bahwa harga yang diberikan jauh lebih murah sehingga tidak akan membuat dompet terkuras terlalu dalam sehingga bisa lebih intim dengan pasangan usai menikah.

  1. Manfaatkan Talenta Keluarga dan Kerabat

Apakah anda memiliki kerabat yang handal dengan dunia fotografi? Jika ada, maka anda hanya perlu memanfaatkannya untuk berperan sebagai fotografer profesional selama pernikahan berlangsung sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk menyewa jasa serupa yang belum tentu berkualitas. Lalu, apabila anda memiliki keluarga atau kerabat yang piawai dalam urusan kerajinan tangan maka bisa mempercayainya untuk membuat souvenir jelang pernikahan sehingga biaya menikah jauh lebih hemat.

  1. Tetapkan Konsep Pernikahan Sederhana

Jika anda ingin mendapatkan jumlah biaya nikah sederhana dan lebih berkesan maka bisa menetapkan konsep pernikahan sederhana tanpa harus megah dan mewah. Sebab, anda lebih baik memanfaatkan sisa budget yang ada untuk menyicil rumah daripada menghabiskannya untuk sekadar pesta sehari semalam saja. Anda juga harus mengutamakan kesan dan makna di balik resepsi pernikahan yang akan dijalani bersama pasangan dibandingkan kesenangan maupun foya-foya semata yang merugikan secara finansial.

www.pexels.com

8 Keuntungan Perencanaan Biaya Nikah Sederhana yang Menarik

 

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan menikah dengan kebutuhan biaya lebih rendah serta konsep sederhana yang harus diketahui setiap calon pengantin untuk dipertimbangkan mulai saat ini, antara lain :

  1. Menghindari Stress

Tidak mustahil bahwa setiap pasangan yang akan menggelar resepsi pernikahan rentan menderita stress dengan alasan tertentu, terutama budget menikah. Oleh sebab itu, solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah meminimalisir penggunaan biaya untuk pernikahan dan mengutamakan hal-hal utama saja. Resepsi yang berlangsung secara sederhana terbukti mampu menghindari anda dari stress karena tempat pernikahan akan lebih mudah didapatkan dan porsi makanan yang dibutuhkan tidak terlalu berlebihan.

  1. Waktu Lebih Efektif

Tamu yang terlalu banyak dalam resepsi pernikahan bisa dipastikan membuat anda harus bersiap merogoh kocek lebih besar untuk menyiapkan konsep lebih mewah. Namun, hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang menikah lebih simple dan jumlah biaya nikah sederhana yang dibutuhkan tidak terlalu mahal. Pasalnya, semua tamu yang hadir bisa berinteraksi lebih dekat dengan kedua mempelai untuk turut merasakan kebahagiaan mereka sebagai suami istri dan anda juga mampu menghabiskan waktu lebih lama di pelaminan bersama pasangan.

  1. Tamu yang Berkesan

Seperti diketahui bahwa pernikahan yang berkesan tidak akan bisa terjadi apabila calon pengantin kurang mempertimbangkan jumlah tamu utamanya. Kendati demikian, anda harus mengundang tamu lebih sedikit karena berpengaruh terhadap kenyamanan dan kesenangan satu sama lain karena mereka semua akan lebih mudah berinteraksi tanpa terganggu akibat berkumpul dengan banyak orang yang tidak dikenal. Hal ini juga membuat mereka akan bahagia dan senang menjadi bagian dari pesta pernikahan anda yang tak akan terlupakan.

  1. Menekan Anggaran Biaya

Secara umum, manfaat lainnya dari penggunaan biaya nikah sederhana adalah menekan anggaran budget yang akan digunakan kedua calon pengantin. Anda tidak wajib mengeluarkan uang tambahan untuk keperluan lainnya yang tidak penting sama sekali sehingga dana tersebut bisa disimpan untuk kebutuhan lebih penting di masa depan. Sebab, pernikahan sama sekali tidak didasari kemampuan secara finansial saja dan apabila satu sama lain telah sepakat untuk mengakhiri ke jenjang serius maka pernikahan sederhana bukan sebuah hambatan.

  1. Memperhatikan Hal Lebih Rinci

Pernikahan yang digelar secara sederhana ternyata memberikan keuntungan bagi anda karena mampu memperhatikan beberapa hal lebih rinci dan mudah. Anda juga bisa menganalisa kebutuhan dekorasi dan souvenir yang akan dibutuhkan jelang resepsi karena tidak semua tamu undangan akan mengutamakan hal tersebut. Hal ini pun berpengaruh terhadap kebutuhan biaya yang digunakan jauh lebih rendah sehingga impian anda untuk menciptakan momen pernikahan lebih ekonomis dan bahagia bukan lagi mimpi semata.

www.pexels.com
  1. Mengurangi Volume Sampah

Kelebihan yang akan dirasakan setiap pasangan pengantin dengan menekan biaya nikah sederhana adalah mampu mengurangi volume sampah seperti menggelar resepsi pernikahan di gedung atau tempat lainnya. Tidak mustahil bahwa keuntungan ini tidak hanya berpengaruh bagi diri sendiri tetapi juga banyak orang karena lingkungan sekitar akan terjaga kebersihannya tanpa adanya sampah yang menumpuk setelah mengonsumsi berbagai macam makanan atau minuman dengan menggunakan wadah sekali pakai yang membuat lingkungan semakin kotor.

  1. Hargai Kondisi Pribadi

Jika anda bertekad untuk mengusung konsep pernikahan secara sederhana maka akan berpengaruh terhadap jumlah tamu yang diundang akan lebih sedikit. Akan tetapi, bagi mereka yang tidak berada dalam daftar undangan bukan berarti tidak penting sama sekali lantaran pasangan pengantin hanya akan mengutamakan mereka yang sangat dekat dengan dirinya setiap hari seperti keluarga dan kerabat tertentu. Hal ini juga akan membuat mereka yang tidak diundang memahami kondisi pribadi secara finansial atau aspek lainnya.

  1. Perencanaan yang Efektif

Anda mungkin saja berencana untuk menggelar resepsi pernikahan dengan konsep tertentu yang berpengaruh terhadap jumlah budget yang dibutuhkan. Namun, tidak salah untuk menetapkan jumlah biaya nikah sederhana alias tidak terlalu mewah karena sisa budget dari hasil pernikahan tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya yang sangat mendesak. Anda sendiri mampu melakukan perencanaan dengan matang dan efektif sehingga tidak terjadi pengeluaran lebih besar karena acara pernikahan yang mengeluarkan banyak uang.

Demikian informasi seputar cara mengatur budget untuk pernikahan dengan konsep sederhana serta keuntungannya. Sementara itu, anda juga bisa memilih baju pengantin muslim yang tidak terlalu mewah karena para tamu undangan sama sekali tidak memperhatikan hal itu melainkan tekad anda untuk serius mengakhiri masa lajang di kursi pelaminan dengan pasangan. Menikah sendiri adalah kegiatan sakral yang sebenarnya bisa dilakukan dengan biaya lebih minim apabila anda tidak pernah mengutamakan gengsi sekaligus cemoohan tetangga yang menuntut pesta pernikahan yang megah demi pengakuan sosial tanpa kebahagiaan bagi diri sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *