Umum

Cara Jitu Biar Nggak Ngantuk Saat Kuliah

Kuliah, apa yang terbesit dipikiran begitu mendengar kata kuliah? Tugas – tugas yang menumpuk? Dosen yang asik? Pakaian bebas? Atau mungkin organisasi mahasiswa? Ada banyak sekali yang dapat dikaitkan dengan kuliah, mulau dari kegiatannya sampai orang – orang yang terlibat di dalamnya.

Sebenarnya, apa itu kuliah? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata kuliah memiliki beberapa definisi. Definisi yang pertama adalah sekolah tinggi. Yap! Kuliah saat erat hubungannya dengan sekolah tinggi – jenjang pendidikan setelah tamat Sekolah Menengah Atas. Definisi yang kedua adalah pelajaran yang diberikan di perguruan tinggi. Kuliah juga dapat didefinisikan sebagai pelajaran yang didapat oleh mahasiswa yang pergi ke perguruan tinggi atau yang setingkat dengannya. Definisi yang lainnya adalah ceramah. Kuliah juga dapat digunakan untuk menjadi kata pengganti ceramah. Misalnya dalam hal ceramah subuh yang sering disebut sebagai kuliah subuh. Yang akan di bahas di sini adalah kuliah yang berhubungan dengan perguruan tinggi dan yang setingkat dengannya.

Bagi sebagian siswa SMA, kuliah merupakan hal yang sangat didamba – dambakan setelah lulus dan meninggalkan seragam putih abu – abu. Bayangan akan gelar “Mahasiswa” yang nantinya akan di sandang terus melayang -layang di pikiran setiap bermimpi. Nama universitas dan program studi yang diimpikan pun sudah terbayang – bayang. Rasanya semua akan indah pada waktunya nanti.

Namun, tidak sedit pula siswa Sekolah Menengah Atas dan yang setingkatnya lebih memilih untuk bekerja, membuka usaha, atau memiliki rencana lain selain berkuliah dan menyandang gelar mahasiswa. Tidak ada yang salah dengan hal itu. Semua orang memiliki piihannya masing – masing. Asalkan hal itu baik, maka tidak masalah.

Mahasiswa itu apa, sih? Mahasiswa merupakan nama yang disandang oleh seseorang saat telah memasuki bangku perkuliahan. Sedangkan pengertian mahasiswa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sangatlah singkat, yaitu “Orang yang belajar di perguruan tinggi”.

Dalam dunia perkuliahan, istilah guru akan lebih jarang digunakan daripada di dunia sekolah. Istilah tersebut akan diganti dengan istilah dosen. Apa itu dosen? Dosen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki definisi yang singkat, yaitu tenaga pengajar pada perguruan tinggi. Dosen adalah pengajar bagi mahasiswa layaknya guru mengajar siswa. Namun, cara pengajaran dan materi yang disampaikan oleh dosen cenderung berbeda dengan yang dilakukan oleh para guru di sekolah. Ada dosen yang mengajar dengan cara seperti guru mengajar, ada dosen yang lebih suka mahasiswanya belajar mandiri, ada pula dosen yang mengajarkan mahasiswanya secara online. Cara – cara mengajar dosen berbeda – beda dan terkadang terkesan unik.

pexels.com

Tujuan kuliah

Seorang mahasiswa yang datang ke perguruan tinggi dan mendengarkan kuliah tentu memiliki tujuan. Tujuan seseorang mendengarkan kuliah adalah untuk mendapatkan ilmu. Ilmu tersebut adalah salah satu cara mendapatkan nilai yang baik serta memenuhi kriteria penilaian. Dengan begitu seseorang dapat memenuhi syarat untuk menggarap skripsi. Setelah skripsi yang digarap selesai dan melalui tahap – tahap panjang, seorang mahasiswa dapat mengikuti wisuda dan mendapatkan gelar.

Untuk mencapai tujuan kuliah secara tepat waktu, mahasiswa harus menghadiri kuliah secara rajin dan penuh semangat. Jumlah ketidakhadiran mahasiswa tidak boleh melebihi batas maksimal yang telah ditentukan. Dan berbagai syarat lain yang harus dipenuhi.

Namun, semangat mahasiswa dalam menghadiri kulliah terkadang terhalang atau terhambat oleh berbagai gangguan. Salah satu gangguan yang mungkin mengganggu konsentrasi mahasiswa saat mendengarkan kuliah adalah rasa kantuk. Rasa kantuk merupakan salah satu sikap alami tubuh. Namun, rasa kantuk selama kuliah dapat benar – benar mengganggu fokus mahasiswa dalam mendengarkan kuliah. Materi kuliah yang disampaikan dosen akan cenderung sulit tersimpan dalam memori mahasiswa. Alhasil pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah akan lebih rendah dan bukan tidak mungkin hak tersebut akan memengaruhi nilai ujian mahasiswa.

pexels.com

Cara menghilangkan kantuk saat kuliah

Untuk memaksimalkan pemahaman mahasiswa mengenai materi kuliah, mahasiswa perlu melakukan cara – cara jitu biar nggak ngantuk saat kuliah. Dengan melakukan berbagai cara – cara biar nggak ngantuk saat kuliah, mahasiswa dapat memerhatikan penjelasan dosen dengan konsetrasi penuh. Dengan begitu, pemahaman mahasiswa atas materi yang disampaikan dapat tersimpan untuk jangka waktu yang lama. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba biar nggak ngantuk saat kuliah:

  1. Minum air putih

Air putih merupakan minuman yang sangat menyegarkan. Sebagai minuman yang menyegarkan dan juga menyehatkan, air putih dipercaya mampu mengusir kantuk. Tentu saja hal ini dapat menjadi salah satu opsi yang dapat dipilih oleh mahasiswa cara menghilangkan kantuk.

  1. Tidur yang cukup di malam hari

Menghindari begadang di malam sebelumnya merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menghindari kantuk di keesokan harinya. Tidur yang cukup di malam hari juga sangat baik untuk kesehatan.

  1. Makan permen asam

Bagi mahasiswa yang tidak memiliki masalah dengan makanan asam, permen ini dapat dijadikan alternatif pilihan. Sebelum memulai kuliah, mahasiswa dapat memakan satu permen asam untuk membangkitkan semangat yang ditimbulkan oleh rasa asam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *